x

Arema FC Tak Masalah Tanpa Pemain Timnas Indonesia Selama Putaran Pertama Liga 1

Kamis, 8 Desember 2022 15:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Arema FC tak permasalahkan pemanggilan pemain bintangnya, Muhammad Rafli, ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 selama sisa putaran pertama Liga 1.

INDOSPORT.COM - Arema FC tak permasalahkan pemanggilan pemain bintangnya, Muhammad Rafli, ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 selama sisa putaran pertama Liga 1. 

Pro kontra perihal pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia mulai dirasakan klub-klub yang juga tengah berlaga pada lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

Bagaimana tidak, program Training Center Timnas Indonesia saat ini berbarengan dengan jadwal sistem bubble Liga 1.

Akibatnya, klub menjadi tak bisa merasakan kontribusi pemain andalannya itu selama tiga pekan ke depan sampai agenda timnas di Piala AFF 2022 bergulir.

Javier Roca termasuk yang bersikap pro terhadap pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Dia mengaku tak masalah gagal merasakan kontribusi mereka.

Baca Juga

"Bagi saya pribadi, tidak ada yang lebih besar daripada tim nasional," ujar Pelatih Arema FC asal Chile itu sesuai mengalahkan Dewa United di Solo, Rabu (07/12/22).

Tim berjulukan Singo Edan memang hanya menyumbang satu pemain dalam TC timnas kali ini. Dia adalah gelandang andalan, Muhammad Rafli.

Namun, Javier Roca tidak menutup peluang bagi pemain lain untuk dipanggil Shin Tae-yong jika dinilai sesuai dengan kebutuhan tim nasional nantinya.

Baca Juga

"Silakan, mereka berhak membela tim nasional. Mereka harus bangga mewakili negaranya ke ajang Piala AFF dan sebagainya," ujar Roca.

Sehingga, Arema FC tidak masalah harus kehilangan sejumlah pemain, di tengah perjuangan memburu poin pada kompetisi.

"Kami sudah tidak bisa diperkuat Rafli, mungkin saja Dedik (Setiawan) juga (menyusul ke Timnas). Kami manfaatkan pemain yang lain," ujarnya.

Baca Juga

1. Percaya Kualitas Tim

Javier Roca saat memimpin latihan Arema FC sebagai persiapan Liga 1.

Javier Roca pun tampak sangat percaya dengan kualitas yang dimiliki Arema FC. Sebab itulah dia tak masalah dengan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

Prinsip itu yang kemudian dicoba dijaga oleh Roca selama membesut tim berjulukan Singo Edan sejak awal September 2022 lalu.

"Arema FC sebagai klub termasuk saya, ingin untuk terus membantu tim nasional meraih hasil terbaik," beber eks Pelatih Persik Kediri tersebut.

Baca Juga

Pada kesempatan sebelumnya, Arema FC memang rutin menyumbang beberapa pemain ke Timnas Indonesia dalam ajang apapun.

Beberapa nama pemain Arema FC yang hilir mudik itu antara lain Dedik Setiawan, Johan Ahmat Farizi, Bagas Adi Nugroho maupun Rizky Dwi Febrianto.

Baca Juga
Timnas IndonesiaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Muhammad RafliShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini