x

3 Fakta Mengejutkan Jelang Duel Kroasia vs Brasil di Perempat Final Piala Dunia 2022

Jumat, 9 Desember 2022 10:14 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi pertandingan antara Kroasia vs Brasil (Piala Dunia Qatar 2022).

INDOSPORT.COM - Berikut tiga fakta mengejutkan jelang duel hidup mati antara Kroasia vs Brasil di babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Kroasia vs Brasil bakal tersaji di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Jumat (09/12/22) pukul 22.00 WIB.

Duel ini diprediksi bakal berjalan seru, karena kedua tim sama-sama dihuni oleh beberapa pemain top di kompetisi Eropa.

Apalagi Skuat Brasil di Piala Dunia 2022 ini diprekuat oleh Neymar, Vinicius Junior, Richarlison, Casemiro hingga Thiago Silva. Kemudian di kubu Kroasia ada Ivan Perisic hingga pemain veteran, Luka Modric.

Sebelumnya, tim Samba berhasil lolos ke perempat final dengan mendepak Korea Selatan lewat kemenangan telak 4-1 di babak 16 besar.

Baca Juga

Sementara itu, Kroasia berhasil lolos ke perempat final seusai menyingkirkan Jepang melalui drama adu penalti dengan skor 3-1.

Baca Juga

Brasil yang sempat terhenti di perempat final Piala Dunia edisi 2018 tentunya berambisi untuk memperbaiki catatan buruk. Kemudian Kroasia berambisi untuk mengulang sukses edisi sebelumnya dengan mampu menembus partai final.

Jelang duel Kroasia vs Brasil di perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, INDOSPORT telah menemukan beberapa fakta mengejutkan. Berikut rangkumannya:

Baca Juga

1. Brasil Tak Pernah Kalah Lawan Kroasia

Pemain Brasil, Neymar merayakan gol kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

Dalam sejarah pertemuan Kroasia vs Brasil, kedua tim tercatat sudah empat kali bertemu. Di pertemuan pertama pada 2005 silam, mereka bermain imbang 1-1.

Kemudian di pertemuan kedua pada Piala Dunia edisi 2006, tim Samba sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Kaka.

Setelah itu, kedua tim kembali bertemu pada Piala Dunia 2014 Brasil. Bermain sebagai tuan rumah, Neymar sukses mencetak brace dan membuat Kroasia menyerah 1-3 di laga perdana fase grup.

Di pertemuan terakhir, mereka bertemu dalam laga uji coba pada 2018 lalu. Brasil kembali meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1.

Head to Head:

- 03/06/18 Brasil vs Kroasia 2–1
- 12/06/14 Brasil vs - Kroasia 3–1
- 13/06/06 Brasil vs Kroasia 1–0
- 17/08/05 Kroasia vs Brasil 1–1

Baca Juga

Neymar Diambang Lewati Rekor Pele

Bintang Timnas Brasil yakni Neymar berpeluang menyamai atau bahkan bisa melewati legenda Tim Samba, Pele di perempat final Piala Dunia 2022.

Neymar memang baru mencetak satu gol di Piala Dunia 2022, namun satu gol yang ia ciptakan tersebut membuat dirinya mendekati top skor Timnas Brasil yang saat ini masih dipegang oleh Pele.

Tercatat, Pele sudah mengemas 77 gol untuk Timnas Brasil dalam 92 pertandingan. Sementara Neymar sudah mencetak 76 gol dalam 123 pertandingan untuk Tim Samba.

Artinya, butuh satu gol lagi bagi Neymar untuk menyamakan rekor tersebut dan dua gol lagi untuk menjadikannya sebagai top skor Timnas Brasil sepanjang masa.

Kroasia Kuda Hitam yang Mengerikan

Piala Dunia 2022 menjadi ketiga kalinya Kroasia tampil di perempat final. Pada dua kesempatan sebelumnya (pada 1998 dan 2018), mereka selalu berhasil lolos ke semifinal.

Di edisi tahun ini, Kroasia memiliki kiper tangguh bernama Dominik Livakovic. Ia tercatat sebagai kiper ketiga yang menggagalkan tiga tendangan penalti dalam adu penalti di Piala Dunia.

Baca Juga

Brasil sepertinya harus bisa memenangkan pertandingan sebelum waktu normal berakhir bila tidan ingin tersingkir dalam drama adu penalti.

Sementara itu, Kroasia menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan hingga perempat final Piala Dunia 2022. Mereka hanya dua kali meraih hasil imbang di fase grup saat bersua Maroko dan Belgia.

Baca Juga
KroasiaNeymarLuka ModricBrasilPelePiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022Dominik Livakovic

Berita Terkini