x

Bedah Kekuatan Filipina, ‘Batu Sandungan’ Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2022

Jumat, 9 Desember 2022 20:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Membedah kekuatan Timnas Filipina, tim yang diprediksi akan menjadi batu sandungan Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2022.

Jagat sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan dengan ajang dua tahunan terakbar bertajuk Piala AFF 2022 dalam waktu dekat.

Ajang dua tahunan ini sendiri rencananya akan digelar mulai dari 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi di dalamnya, dan akan bersaing dengan sembilan negara ASEAN lainnya untuk merengkuh trofi.

Pada Piala AFF 2022 ini, skuad Garuda tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan tim debutan yang baru Comeback, yakni Brunei Darussalam.

Baca Juga

Melihat lawan-lawannya tersebut, Timnas Indonesia diprediksi akan lolos dari grup A dengan mudah bersama tim unggulan, Thailand.

Prediksi ini lahir mengingat Thailand dan Timnas Indonesia merupakan finalis di edisi sebelumnya, yakni pada Piala AFF 2020 yang digelar tahun lalu.

Baca Juga

Apalagi baik Thailand dan Timnas Indonesia punya materi pemain kelas wahid yang jauh lebih mentereng ketimbang lawan-lawannya di grup A.

Meski sejarah dan status menguntungkan Thailand dan Timnas Indonesia, tetap saja ketiga lawan lainnya di grup A punya strategi sendiri dan persiapan untuk menjegal dua tim papan atas ini.

Salah satunya adalah Filipina. INDOSPORT pun akan mencoba membedah kekuatan tim berjuluk The Azkals yang diprediksi bisa menjadi batu sandungan Timnas Indonesia di grup A Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Kekuatan Filipina di Piala AFF 2022

Mark Hartmann pemain asing Asia incaran Persib Bandung.

Pelatih: Josep Ferre Ybarz

Di Piala AFF 2022 ini, Filipina memilih untuk menunjuk pelatih anyar, yakni Josep Ferre Ybarz yang berasal dari Spanyol pada 8 Desember 2022 lalu.

Penunjukkan ini terbilang mengejutkan. Sebab, Josep Ferre masih berusia muda, yakni 39 tahun. Usia ini bisa membuatnya menjadi pelatih termuda di Piala AFF 2022.

Penunjukkan Josep Ferre sebagai pelatih tak lepas dari pengalamannya. Diketahui, ia pernah melatih di akademi Barcelona, yakni FC Barcelona Escola.

Selain itu Josep Ferre punya sepak terjang di sepak bola Asia, dengan pernah menjadi asisten dan pelatih di Thailand, bersama Buriram United, Ratchaburi Mitr Phol, dan Bangkok Glass.

Pengalamannya ini membuat Timnas Filipina mempercayakan kursi kepelatihan kepadanya di Piala AFF 2022 dengan kontrak jangka pendek.

Baca Juga

Pemain

Untuk Piala AFF 2022 ini, Filipina telah memanggil 46 nama yang akan diseleksi dan dirampingkan menjadi 23 pemain saat ajang dimulai.

Dari 46 nama yang telah dipanggil ini, Filipina memanggil beberapa pemain keturunan dan beberapa bermain Abroad atau berkarier di luar negeri, terutama di liga-liga Asia Tenggara.

Baca Juga

Berikut daftar 46 pemain Filipina untuk menjalani pemusatan latihan jelang Piala AFF 2022.

Kiper: Julian Schwarzer, Enrico Mangaoang, Anthony Pinthus, Kevin Ray Hansen

Bek: Jefferson Tabinas, Jesse Curran, Dylan De Bruycker, Jesper Nyholm, Christian Rontini, Amani Aguinaldo, Pete Forrosuelo, Marco Casambre, Jaime Rosquillo, Kou Ichi Belgira, Kamil Amirul, Simen Lyngbo, Audie Menzi, Haren De Gracia

Gelandang: Michael Baldisimo, Jesus Melliza, Oskari Kekkone, Harry Nunez, Sandro Reyes, Stephan Schrock, Oliver Bias, Hikaru Minegishi, Cyrelle Saut, Kenshiro Daniels, Dennis Chun, Arnel Amita, Pocholo Bugas, Eric Giganto, Jeremiah Borlongan, Chester Pabualan, Bryan Ybanez, Justin Frias, Jacob Maniti.

Penyerang: Mark Hartmann, Griffin Mcdaniel, Sebastian Rasmussen, Javier Gayos, Ivan Ouano, Dov Cariño, Andres Aldeguer

Baca Juga

2. Pemain Kunci

3 pemain Filipina yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Meski baru mengeluarkan Pre-Eliminary Squad, Timnas Filipina memiliki sederet pemain yang diyakini akan jadi kunci untuk Piala AFF 2022 ini.

Para pemain kunci yang akan jadi andalan ini utamanya adalah para pemain keturunan yang berkiprah baik di Liga Filipina maupun Abroad.

Para pemain keturunan yang akan menjadi tumpuan ini rata-rata adalah pemain berpengalaman yang malang melintang di level teratas. Berikut para pemain tersebut.

1. Mark Hartmann

Mark Hartmann merupakan pemain keturunan Filipina yang besar di Inggris. Ia lahir di Southampton dan mengawali karier sepak bolanya di negeri Raja Charles tersebut.

Diketahui, ia memulai kiprah di Swindon U-18 sebelum bermain di Blackfield dan ke Filipina. Sejak saat itu, pemain berusia 30 tahun ini banya membela klub-klub Asia Tenggara.

Baca Juga

Sejauh ini Mark Hartmann telah mencetak 33 penampilan bersama Filipina dengan sumbangan 8 gol. Sedangkan di musim ini dirinya telah mencetak 4 gol dari 12 laga bersama United City FC di berbagai ajang.

2. Kenshiro Daniels

Tak hanya Mark Hartmann, Filipina juga memanggil pemain keturunan lainnya pada diri Kenshiro Daniels yang juga lahir di Amerika Serikat.

Baca Juga

Rekan setim Mark Hartmann di United City FC ini merupakan pemain yang berposisi sebagai winger. Ia dikenal karena ketajamannya dan insting mencetak gol.

Ketajamannya ini terbukti di musim ini. Dalam 6 laga di Liga Filipina, ia mampu mencetak 4 gol. Pemain berusia 27 tahun ini tercatat telah mengoleksi 29 caps bagi The Azkals dengan sumbangan 1 gol.

3. Michael Baldisimo

Pemain keturunan lainnya yang akan jadi andalan Filipina di Piala AFF 2022 adalah Michael Baldisimo yang bermain di tim MLS atau Liga Amerika Serikat, yakni San Jose Earthquakes.

Pemain berusia 22 tahun itu merupakan pemain keturunan Kanada. Bisa dikatakan, ia adalah pemain keturunan Filipina yang punya karier moncer di luar negeri, selain Neil Etheridge.

Tercatat Baldisimo pernah bermain bagi tim papan atas Kanada, Vancouver Whitecaps, dan kini bermain bagi San Jose. Musim ini ia menjadi andalan dengan total 13 penampilan di MLS.

Baca Juga
FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini