x

Boom! Rival Timnas Indonesia di Babak Grup Piala AFF 2022 Bakal Dibesut Eks Pelatih Barcelona

Jumat, 9 Desember 2022 19:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Kejutan muncul dari salah satu kompetitor timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2022, yaitu Filipina yang menunjuk mantan pelatih Barcelona. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM – Kejutan muncul dari salah satu kompetitor timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2022 yaitu Filipina yang menunjuk mantan pelatih Barcelona.

Salah satu kejutan ditunjukkan oleh pesaing Timnas Indonesia, yaitu Filipina yang menunjuk pelatih baru jelang gelaran Piala AFF 2022.

Hal ini diungkapkan oleh manajer timnas Filipina, Dan Palami, yang dilansir dari media Filipina, Manila Standard.

Sebelumnya, pengumuman mengenai pelatih baru timnas Filipina disampaikan di facebook resmi timnas Filipina pada hari Kamis (08/12/22).

Pelatih yang kemudian ditunjuk untuk menangani The Azkals di Piala AFF 2022 adalah Josep Ferre Ybarz yang memiliki pengalaman panjang, termasuk menangani tim akademi Barcelona.

Baca Juga

Selain berpengalaman menangani tim akademi Barcelona, beberapa tim juga sempat ditangani oleh Josep Maria Ybarz, termasuk beberapa klub besar di Asia.

Kitchee SC (Hong Kong), dan Buriram United (Thailand) menjadi dua klub besar Asia yang sempat ditangani pelatih asal Spanyol tersebut.

Baca Juga

Selain itu Josep Ferre Ybarz sempat melanglang buana ke beberapa klub lain, seperti tim Liga Thailand, Ratchaburi FC dan Bangkok Glass, sebelum hengkang ke FC Bayamon dan timnas Puerto Rico.

Dan Palami selaku manajer timnas Filipina berujar bahwa masuknya Josep Ferre Ybarz cocok untuk skuad yang berisi pemain muda nan dinamis.

“Pelatih yang satu ini masih sangat muda, tetapi walaupun muda secara usia, dia punya pengalaman yang mahal dengan beberapa tim profesional, seperti di Liga Thailand dan perjalanannya bersama Barcelona,” ujar Palami.

Baca Juga

1. Pengalaman bareng Barcelona Untungkan Filipina

Aksi di laga Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022 (31/07/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

“Dia akan membawa pengalaman tingkat tinggi yang saya rasa cocok dengan skuad kami yang berisi pemain muda yang baru turun di tim nasional,” ujarnya.

Dan Palami pun menyebut bahwa Ferre Ybarz akan memulai perjalanannya bersama Timnas Filipina dari bawah, mengingat ada strategi yang harus dijelaskan kepada para pemain di kamp latihan.

“Pelatih lokal dan kapten kami sangat membantu untuk membuat Ferre Ybarz memberikan pengalamannya, terutama terkait gaya bermain dan mengetahui pemain yang ada dalam skuat Filipina,” ujar Palami.

“Memang, kontraknya hanya dalam jangka pendek, tetapi jika kami merasa ini adalah hal yang bagus, tentu saja kami akan memberikan perpanjangan kontrak,” katanya.

Dan Palami berujar bahwa Filipina akan menjalani pertandingan uji coba kontra Vietnam pada tanggal (14/12/22) nanti.

Baca Juga

Tentu saja, laga uji coba kali ini digunakan untuk mengetahui seberapa bagus tim Filipina di bawah Josep Ferre Ybarz yang pernah melatih Barcelona.

Selain soal gaya bermain, tentu saja pengalaman Ferre Ybarz sebagai pelatih Barcelona akan mengubah gaya bermain dari Filipina

Baca Juga

Selain itu, partai uji coba digunakan oleh Filipina untuk mengetahui seberapa kuat tim mereka untuk menghadapi gelaran Piala AFF 2022 nanti.

Seperti diketahui, Filipina menjadi saingan Timnas Indonesia dalam kompetisi ini dan tergabung di grup A bersama tiga tim lainnya.

Selain Filipina dan Timnas Indonesia, tiga tim lain yang masuk ke grup A Piala AFF 2022 adalah Kamboja, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga
FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini