x

Jadi Lawan Pertama di Piala AFF 2022, 3 Pemain Kamboja yang Bisa Sakiti Timnas Indonesia

Jumat, 9 Desember 2022 19:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia akan melakoni laga pertamanya di Piala AFF 2022 dengan menghadapi Kamboja. Ini tiga pemain yang wajib diwaspadai skuad Garuda.

Dalam hitungan hari, jagat sepak bola Asia Tenggara akan menyambut pesta sepak bola terakbar bertajuk Piala AFF 2022.

Di event dua tahunan tersebut, Timnas Indonesia akan turut berlaga dan akan bertarung bersama sembilan negaranya untuk menjuarai ajang ini.

Pada gelaran edisi 2022 ini, tim asuh Shin Tae-yong tergabung di grup A dan akan melawan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Melihat lawan-lawannya di grup A Piala AFF 2022, Timnas Indonesia pun diyakini akan lolos dengan mudah bersama Thailand ke babak semifinal.

Baca Juga

Namun hal ini bukan jaminan pasti. Apalagi beberapa calon lawannya itu mulai berbenah dan telah mempersiapkan dirinya untuk Piala AFF 2022.

Salah satunya adalah Kamboja yang akan menjadi lawan perdana Timnas Indonesia di ajang ini. Skuad Garuda dijadwalkan akan bertemu Kouprey Kampuchea pada Jumat (23/12/22).

Baca Juga

Menghadapi Kamboja di laga perdana, Timnas Indonesia boleh membusungkan dada. Sebab, rekor pertemuan lebih menguntungkan tim Merah Putih.

Dalam 17 pertemuan di berbagai ajang, Timnas Indonesia mampu meraih 16 kemenangan dan satu kali hasil imbang atas Kamboja.

Akan tetapi, rekor apik tersebut bisa saja pecah di Piala AFF 2022 nanti. Apalagi Kamboja memiliki pemain-pemain yang bisa saja menyakiti Timnas Indonesia. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Bomber Tim Amerika Serikat

Piala AFF 2022.

1. Nick Taylor

Di Piala AFF 2022 ini, Kamboja juga akan mengandalkan pemain keturunan seperti Timnas Indonesia, yakni dengan memanggil penyerang kelahiran Amerika Serikat, Nick Taylor.

Pemain berusia 24 tahun ini merupakan pemain keturunan Kamboja. Darah Kamboja tersebut datang dari sang ibunda.

Ia baru membela Kamboja di tahun 2022 ini, yakni pada September 2022 kala Kouprey Kampoucha berhadapan dengan Bangladesh di laga uji coba.

Nick Taylor sendiri pemain yang berposisi sebagai penyerang. Tercatat ia bermain bagi tim Amerika Serikat, yakni Orlando City B.

Di tahun ini, ia telah tampil sebanyak 22 kali dan mencatatkan satu gol. Dengan pengalamannya itu, ia bisa menjadi pemain pertama yang menjebol gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Baca Juga

2. Sovvan Ouk

Tak hanya di lini serang saja, Kamboja juga punya pemain yang mumpuni dalam mencetak gol dari lini pertahanan atau sektor bek.

Sosok itu adalah Sovann Ouk yang tercatat bermain sebagai bek tengah dan bek sayap dari tim papan atas Kamboja, yakni Visakha FC.

Baca Juga

Ketajaman pemain berusia 24 tahun itu sudah teruji di Piala AFC 2022, yakni kala Visakha FC menghajar Bali United dengan skor 5-2.

Dalam duel itu, Sovann Ouk mampu mencetak dua gol ke gawang Bali United di mana salah satunya lewat tendangan bebas yang menghujam gawang Nadeo Argawinata.

Dengan spesialisasinya itu, Nadeo pun harus berhati-hati saat menghadapi tendangan bebas agar gawangnya tak dijebol oleh Sovann Ouk saat Timnas Indonesia menghadapi Kamboja.

Baca Juga

2. Moncer di Piala AFC

Piala AFF 2022.

3. Lim Pisoth

Tak hanay Sovann Ouk saja pemain Kamboja yang moncer di Piala AFC 2022. Ada pula nama Lim Pisoth yang bersinar di ajang tersebut.

Pemain muda berusia 21 tahun ini mampu tampil menggila di Piala AFC 2022 zona ASEAN dengan torehan dua gol dari tiga laga.

Baca Juga

Dua gol itu dibuat oleh winger kiri andalan Phnom Penh tersebut saat timnya menang 4-2 dari wakil Laos, yakni Young Elephants.

Di usianya yang masih muda, Lim Pisoth dianggap sebagai salah satu bakat terbaik di Kamboja. Sejauh ini, ia telah mengkoleksi dua caps bersama Kouprey Kampuchea.

Baca Juga

Dengan kecepatan dan kapasitasnya sebagai winger tajam, Lim Pisoth pun bisa menjadi pembeda bagi Kamboja untuk mengakhiri rekor buruknya kontra Timnas Indonesia.

KambojaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini