x

Sejarah! Elkan Baggott Jadi Pemain Indonesia Pertama yang Cetak Gol di Piala FA

Jumat, 9 Desember 2022 15:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Elkan Baggott berhasil menorehkan sejarah karena menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala FA 2022/2023. FC REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COMElkan Baggott berhasil menorehkan sejarah karena menjadi pemain timnas Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala FA 2022-2023.

Torehan sejarah tersebut terjadi saat Baggott mencetak gol di laga antara Gillingham vs Dagenham & Redbridge yang berakhir dengan skor 3-2 di Priestfield Stadium, Jumat (9/12/22) dini hari WIB.

Elkan Baggott berhasil menjadi pahlawan karena mampu menjadi pemain pertama Gillingham yang mampu menyamakan kedudukan saat tertinggal 0-1 atas Dagenham.

Di babak pembuka, Baggott sempat mendapatkan peluang emas yang sayangnya berhasil ditepis saat hendak memanfaatkan peluang tersebut.

Tak lama kemudian, pemain bek berusia 20 tahun itu berhasil mencetak gol lewat sundulan pada menit ke-26 di babak pertama.

Baca Juga

Alhasil ia mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pemain Timnas Indonesia pertama yang berhasil mencetak gol di ajang Piala FA, yang merupakan ajang sepak bola di dunia.

Sebelumnya Baggott yang memiliki postur tinggi tubuh 194 cm ini juga menjadi pemain pertama Indonesia yang tampil di Piala FA.

Baca Juga

Saat itu Elkan Baggott tampil penuh bersama Gillingham dan berakhir imbang 1-1 Flyde di babak pertama Piala FA 2022-2023.

Tak hanya menjadi pemain Timnas Indonesia yang berhasil mencetak gol dan tampil di ajang Piala FA, Elkan Baggott juga sempat menorehkan prestasi lainnya.

Selain mencatatkan prestastinya di Piala FA, torehan impresif lainnya diraih saat Elkan Baggott bermain bersama Gillingham usai dipinjamkan oleh Ipswich Town pada bursa transfer musim panas 2022 kemarin.

Baca Juga

1. Deretan Prestasi Elkan Baggott

Elkan Baggott Merayakan Kemenangan Bersama Gillingham FC REUTERS/David Klein

Elkan Baggott menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di kompetisi profesional Liga Inggris. Yakni saat laga Gillingham imbang 1-1 atas Stevenage di pekan ke-15 League Two pada 15 Oktober kemarin.

Ini berarti Baggott telah mengemas dua gol dalam 17 penampilannya bersama Gillingham di kasta keempat Liga Inggris.

Selain mencetak gol di Liga Inggris, Baggott turut menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang tampil di Piala Liga Inggris atau Carabao Cup.

Penampilan perdana Elkan Baggott ialah saat ikut membawa timnya Gillingham menang 2-0 atas AFC Wimbledon pada babak pertama Piala Liga Inggris pada 9 Agustus kemarin.

Performa yang ditunjukkan oleh Elkan Baggott turut mengantarkannya menjadi top skor bagi Gillingham sepanjang musim ini.

Baca Juga

Namun catatan apik Baggott tak sampai di situ saja. Ia masih punya prestasi lainnya yakni menjadi pemain Timnas Indonesia satu-satunya yang mengalahkan tim Liga Inggris atau Premier League.

Saat itu Elkan Baggott menjadi stater dan bermain penuh saat Gillingham FC menang 6-5 dari Brentford lewat drama adu penalti usai main imbang 1-1.

Baca Juga

Momen tersebut terjadi di babak ketiga Carabao Cup pada 9 November 2022 dini hari WIB.

Performa Baggott memang bisa dibilang cukup apik karena berdasarkan data dari Transfermark, pada musim ini Baggot sudah tampil sebanyak 30 pertandingan di semua kompetisi yang telah mereka lakoni.

Elkan Baggott juga sudah mengemas dua gol di ajang League Two dan satu gol lainnya di turnamen Southeast Asian Championship 2020.

Baca Juga
Piala FAIpswich TownLiga InggrisBola InternasionalElkan BaggottBerita Liga InggrisPiala AFF 2022Gillingham FC

Berita Terkini