x

Andalkan Liga Lokal, 3 Wonderkid Anyar Thailand Ancaman Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Thailand Piala AFF.

INDOSPORT.COM – Meski mengandalkan pemain lokal, Timnas Thailand memiliki tiga bintang anyar yang bakal jadi ancaman Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Siapa saja?

Timnas Thailand telah memanggil 24 pemain yang akan digunakan untuk menghadapi Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Tim berjuluk Gajah Perang ini sendiri telah dipastikan tergabung di grup A bersama Timnas Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Tergabung dalam grup yang relatif mudah, Thailand berambisi bisa lolos dari babak grup dan mengulangi pencapaiannya pada Piala AFF 2020 yang keluar sebagai kampiun.

Namun harapan ini tak dibarengi usaha berlebih dari Thailand, yang nyatanya justru memanggil banyak pemain lokalnya dan pemain muda.

Baca Juga

Dari 24 pemain yang dipanggil, 23 di antaranya adalah pemain dari liga lokal. Bahkan ada sederet pemain muda yang juga dibawa.

Banyaknya pemain lokal dan pemain non pengalaman di kubu Thailand untuk Piala AFF 2022 ini tak lepas dari absennya beberapa bintang utama.

Baca Juga

Sebagai contoh adalah Chanathip Songkrasin yang memilih absen untuk beristirahat usai menjalani musim yang berat di Jepang bersama Kawasaki Frontale.

Karena hal tersebut, Thailand pun disebut tengah dalam kondisi pincang karena tak memiliki banyak bintang besar seperti edisi sebelumnya.

Meski diklaim pincang, Thailand tenyata punya senjata-senjata baru dari deretan bintang mudanya yang baru bergabung di tim senior untuk Piala AFF 2022 ini sehingga bisa menyakiti Timnas Indonesia. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Calon Bintang Masa Depan Thailand

Bek TImnas Indonesia, Ruben Sanadi (kanan) mengawal pergerakan Ekanit Panya, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

1. Ekanit Panya

Ekanit Panya merupakan salah satu pemain muda yang dibawa oleh Alexandre Polking selaku pelatih Thailand untuk Piala AFF 2022 ini.

Pemain berusia 23 tahun itu berposisi sebagai winger atau gelandang sayap. Ia digadang-gadang akan menjadi calon bintang masa depan Thailand penerus Chanathip Songkrasin.

Apalagi dirinya punya kemiripan dengan pemain berjuluk Messi Thailand itu, yakni berupa postur yang berada di bawah 170 cm.

Meski memiliki postur kurang ideal, Ekanit Panya dikenal akan kecepatannya dan kemampuan dribelnya serta insting mencetak gol yang tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan raihan 19 gol yang telah diciptakannya di pentas profesional dalam 118 penampilan di level klub.

Baca Juga

2. Channarong Promsrikaew

Di sektor gelandang, Thailand juga akan mengandalkan pemain muda yang baru berusia 21 tahun, yakni Channarong Promsrikaew.

Pemain satu ini masuk kategori calon bintang masa depan Thailand menyusul kiprahnya yang mampu menembus kompetisi Liga Spanyol.

Baca Juga

Diketahui, ia pernah dipinjamkan Chonburi FC selama satu musim yakni 2021/22 ke klub Union Adarve yang bermain di kasta keempat.

Bersama Union Adarve, Channarong mampu mencetak satu gol dari 14 penampilannya. Hal ini membuatnya dipulangkan oleh Chonburi FC.

Usai menimba ilmu di Spanyol, Channarong menunjukkan kelasnya musim ini bersama Chonburi FC, di mana ia mampu emncetak dua gol dalam 15 laga dan juga mampu mencetak gol di debutnya bersama Timnas Thailand pada September 2022 lalu.

Baca Juga

2. The Next Teerasil Dangda

Timnas Thailand Piala AFF.

3. Teerasak Poeiphimai

Thailand pun tengah melakukan regenerasi di lini serang. Kini, Gajah Perang akan membawa penerus Teerasil Dangda, yakni Teerasak Poeiphimai ke Piala AFF 2022.

Pemain berusia 20 tahun ini merupakan penyerang muda andalan Port FC. Ia digadang-gadang akan jadi tumpuan lini serang Gajah Perang karena insting mencetak gol dan posturnya yang idea.

Baca Juga

Di usia yang masih belia, Teerasak sudah menjadi starter di Port FC. Ia pun mampu membuktikan ketajamannya dengan mencetak lima gol dari 17 laga.

Karena torehannya itu, Alexandre Polking pun sempat memanggilnya ke tim senior Thailand dan memberinya debut pada laga persahabatan melawan Trinidad & Tobago pada September 2022 lalu.

Baca Juga

Dengan minimnya stok penyerang di Thailand saat ini, Teerasek pun akan mendapat banyak kesempatan di Piala AFF 2022 ini untuk membuktikan kualitasnya.

ThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandAlexandre PolkingPiala AFF 2022

Berita Terkini