x

Gagal di Piala Dunia 2022, Louis van Gaal Putuskan Mundur Sebagai Pelatih Belanda

Sabtu, 10 Desember 2022 22:18 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Subhan Wirawan
Louis van Gaal secara resmi telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari kursi pelatih Belanda setelah tersingkir di perempat final Piala Dunia

INDOSPORT.COM – Louis van Gaal secara resmi telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari kursi pelatih Belanda setelah tersingkir dari Argentina di perempat final Piala Dunia 2022.

Belanda baru saja harus mengakui keunggulan Argentina di babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan lewat babak adu penalti dengan skor, 4-3.

Kedua kesebelasan harus menjalani penentuan lewat babak adu penalti setelah 120 menit waktu normal, mereka bermain imbang 2-2.

Baik Belanda maupun Argentina sebenarnya mampu menunjukkan penampilan agresif sejak awal pertandingan. Jual beli serangan pun kerap ditunjukkan kedua tim.

La Albiceleste, julukan Argentina, mampu unggul terlebih dahulu saat pertandingan memasuki menit ke-35’ melalui aksi Nahuel Molina.

Baca Juga

Tak puas dengan satu gol, Argentina kemudian menggandakan keunggulan mereka saat pertandingan memasuki babak kedua.

Tepatnya pada menit ke-73’. Memanfaatkan pelanggaran di dalam kotak penalti oleh pemain bertahan Belandan, Lionel Messi yang ditunjuk sebagai algojo penalti sukses melaksanakan tugasnya.

Baca Juga

Tertinggal, Belanda yang saat itu mengusahkan diri untuk lolos ke semi final langsung melakukan perubahan strategi. Hasilnya, pada menit ke-83’, Wout Weghorst berhasil menjebol gawang Argentina yang dijaga Emiliano Martinez.

Saat kemenangan Argentina sudah di depan mata, Weghorts kembali menjadi mimpi buruk. Sepakannya di menit 90+11 membuat Belanda berhasil menyamakan kedudukan dan pertandingan akhirnya harus ditentukan lewat babak perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Pada babak adu penalti dua penendang Belanda, Virgil van Dijk dan Seteven Berghuis gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Akhirnya, Argentina berhasil menutup pertandingan di babak adu penalti dengan kemenangan, 4-2, dan memastikan diri ke semi final Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Louis van Gaal Tinggalkan Belanda

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal dalam konfrensi pers di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/John Sibley).

Kegagalan yang diderita oleh Belanda tampaknya telah membuat beberapa kabar mengenai nasib pelatih, Louis van Gaal pun mencuat.

Benar saja, dalam hitungan jam mantan pelatih Man United tersebut mengonfirmasi dirinya mundur dari kursi pelatih timnas Belanda. Louis van Gaal kembali menyatakan dirinya akan mengambil masa pensiun.

"Saya tidak akan melanjutkan sebagai pelatih kepala - saya hanya melakukannya untuk musim ini, jadi ini (melawan Argentina) adalah pertandingan terakhir saya," kata Van Gaal dalam konferensi pers pasca pertandingan melansir dari Four Four Two.

"Saya mengalami waktu yang menyenangkan. Sangat menyakitkan melihat bagaimana kami tersingkir, terutama karena saya melakukan semua yang saya bisa untuk mencegah hal itu terjadi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu pula Louis van Gaal turut menunjukkan ketidakpercayaannya dengan dikalahkan oleh Argentina lewat babak adu penalti.

Baca Juga

Ketidakpercayaan Van Gaal juga bukan tanpa alasan, dalam 20 pertandingan terakhir sebelum melawan Argentina, De Oranje sama sekali tak tersentuh oleh kekalahan.

"Dalam 20 pertandingan yang bertanggung jawab, kami tidak kehilangan satu pertandingan pun,” tutur Van Gaal.

Baca Juga

“Saya tidak tahu berapa banyak yang kami menangkan - Anda bisa mencari tahu di Google, masukkan 'tim Belanda, Louis van Gaal'. Saya tidak pikir saya telah dikalahkan hari ini - hanya dalam adu penalti,” tambahnya.

Keputusan Louis van Gaal meninggalkan kursi pelatih Belanda ini setidaknya telah membuatnya menyusul para pelatih negara kontestan Piala Dunia 2022 yang telah lebih dulu melakukan hal serupa.

Sebelumnya, pelatih Brasil, Tite, juga menyatakan mundur dari kursi pelatih tim samba setelah mereka disingkirkan oleh Kroasia. Jauh ke belakang lagi, Luis Enrique hingga Gerardo Martino juga seperti itu yang memutuskan mundur dari melatih Spanyol dan Meksiko.

Sumber: Four Four Two

Baca Juga
BelandaArgentinaLouis van GaalPiala DuniaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini