x

Resmi Persunting Erina Gudono, Rekam Jejak Kaesang Pangarep di Sepak Bola Indonesia

Sabtu, 10 Desember 2022 16:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kaesang Pangarep didampingi Ketum PSSI Mochamad Irawan mengunjungi TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Madya Senayan, Selasa (11/05/21).

INDOSPORT.COM – Kaesang Pangarep, yang resmi mempersunting Erina Gudono memiliki sederet rekam jejak di kancah sepak bola Indonesia, termasuk berhasil mendamaikan suporter Persis Solo dan PSIM Yogyakarta.

Sabtu (10/12/22) menjadi hari yang special untuk Kaesang Pangarep. Sebab, dirinya sudah resmi berstatus sebagai suami Erina Gudono.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah dan sah menjadi suami dan istri, usai ijab kabul yang dilangsungkan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta.

Ada pun sebagai mahar pernikahan tersebut berupa uang tunai Rp300 ribu; empat batang emas dengan berat 10, 12, 20, 22 gram; dan seperangkat alat salat.

Kaesang Pangarep merupakan putra ketiga atau bungsu dari presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Iriana. Kaesang lahir pada 25 Desember 1994 dan lulusan Singapore University of Social Sciences.

Baca Juga

Sementara Erina Sofia Gudono merupakan anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Prof Mohammad Gudono (alm) dan Dra Sofiatun.

Wanita berparas cantik tersebut lahir 11 Desember 1996 dan lulusan Universitas Gadjah Mada serta Columbia University.

Baca Juga

Di luar prestasi akademik dan karier mentereng, Erina dikenal sebagai wakil Yogyakarta dalam ajang Puteri Indonesia 2022 dan sempat tembus babak Top 11.

Sosok Kaesang sendiri sudah sangat akrab di kancah sepak bola karena dirinya merupakan pemilik klub sepak bola yang berkompetisi di Liga 1 Indonesia, Persis Solo.

Terlepas dari statusnya sebagai pemilik klub, sosok Kaesang kerap menjadi sorotan karena komentar-komentar bercanda hingga kritikan tajam untuk sepak bola tanah air.

Baca Juga

1. 1. Pemilik Persis Solo

Kaesang Pangarep didampingi Ketum PSSI Mochamad Irawan mengunjungi TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Madya Senayan, Selasa (11/05/21).

Tepat pada 20 Maret 2021, Persis Solo yang saat itu masih bersaing di Liga 2 Indonesia resmi mendapatkan tiga pemilik baru. Salah satunya Kaesang Pangarep.

Kaesang Pangarep resmi jadi pemilik Persis bersama dua tokoh pesohor lain, yakni Menteri BUMN dan mantan presiden Inter Milan, Erick Thohir, dan Direktur PT Plevia Makmur Abadi Kevin Nugroho.

Pemilik baru Persis Solo diresmikan di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) sebagai pihak yang menaungi kubu Liga 2 tersebut.

Kaesang Pangarep diumumkan mengantongi 40 persen saham Persis Solo. Kevin Nugroho memiliki 30 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki 20 persen.

Di bawah kepemimpinan Kaesang, Persis Solo mengalami lonjakan performa hingga berhasil promosi ke kompetisi kasta tertinggi Liga 1 pada musim 2022-2023.

Selama gelaran Liga  2022-2023, Persis Solo banyak mengalami rombakan pelatih dan pemain. Kini tim berjulukan Laskar Sambernyawa itu berada di peringkat 11 pada klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

3. Kaesang Pangarep Pernah Sindir Tajam PSSI

Pada Oktober 2020 kemarin, Kaesang Pangarep sempat menyoroti permasalahan di induk sepak bola di Indonesia, PSSI.

Bos Persis Solo itu mendapati adanya rangkap jabatan di kepengurusan PSSI. Adanya rangkap jabatan tersebut dikatakan suami Erina Sofia Gudono itu sangat rawan konflik kepentingan.

Tak sampai di situ saja, Kaesang Pangarep juga sempat menyoroti event Fun Football antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Baca Juga

Acara Fun Football tersebut jadi sorotan Kaesang dan publik di tanah air karena digelar hanya beberapa hari setelah Tragedi Kanjuruhan di Malang yang menewaskan ratusan suporter Arema FC.

Dalam cuitannya di akun Twitter @kaesangp, Kaesang me-repost akun PSSI yang menampilkan potret kebersamaan Presiden FIFA dengan Ketum PSSI di Stadiun Madya.

Kaesang membalas postingan PSSI tersebut dengan pesan bernada satire.

"Alhamdulillah semuanya tersenyum. Kami pemilik tim juga hanya bisa tersenyum melihat kebahagiaan ini," cuit Kaesang.

Baca Juga

Saking vokalnya kritikan terhadap PSSI, Kaesang Pangarep akhirnya diminta netizen untuk mengajukan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI.

Permintaan ini muncul seiring dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan untuk mempercepat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Oktober lalu.

Namun, Kaesang dengan tegas menolak permintaan tersebut karena dengan kocaknya pria bertubuh kekar itu mengaku ingin fokus ke persiapan pernikahan dengan Erina Gudono.

Baca Juga

2. 4. Kaesang dan Erina Menikah, Suporter Persis dan PSIM Berdamai

Doa bersama yang digelar suporter PSIM, Brajamusti, turut dihadiri ribuan suporter PSS Sleman dan Persis Solo

Seiring dengan kabar bahagia pernikahannya dengan wanita Jogja, Erina Gudono, Kaesang Pangarep berharap tak ada lagi sepak bola yang meminta nyawa.

Harapannya itu diungkapkan melalui cuitan di Twitter pribadinya setelah Tragedi Kanjuruhan yang pecah pada 1 Oktober 2022 lalu.

"Aku akhir tahun nikah sama orang DIY. Nah ini giliran kalian Persis Solo dan PSIM Jogja untuk melakukan perubahan kecil di dunia persuporteran #MataramIsLove," cuit Kaesang di media sosial Twitter.

Secara khusus, Kaesang Pangarep menyampaikan pesan tersebut kepada dua klub ‘Trah Mataram’ Persis Solo dan PSIM Yogyakarta yang dikenal memiliki rivalitas tinggi.

Sebagaimana diketahui, suporter Persis Solo dan PSIM Yogyakarta dulunya tidak berdamai, dan pertemuan kedua tim kerap disebut sebagai Derby Mataram.

Baca Juga

Bahkan, dalam kasus terakhir, suporter Persis Solo sempat terlibat bentrok dengan warga Jogja, yang diduga adalah suporter PSIM Yogyakarta, 25 Juli 2022 kemarin.

Cuitan Kaesang Pangarep tentang rivalitas Persis Solo dan PSIM Jogja itu benar-benar diwujudkan dalam sebuah deklarasi damai dari kedua kubu suporter, Senin (0/10/22).

Suporter Persis Solo, PSIM Jogja, termasuk pula PSS Sleman membuktikan dapat menggelar aksi damai, mengenakan atribut klub kebanggaan masing-masing.

Baca Juga
PSSIPSIM YogyakartaPersis SoloSuporterKaesang PangarepLiga IndonesiaLiga 1Ketua Umum PSSIBerita Liga 1Erina Gudono

Berita Terkini