x

3 Calon Pengganti Gareth Southgate Usai Kegagalan Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Minggu, 11 Desember 2022 11:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Gareth Southgate harus menelan pil pahit usai gagal meraih kemenangan di laga perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis, Minggu (11/12/22).

Bertanding di Stadion Al Bayt, Qatar, Prancis membuka keunggulan lewat Aurelien Tchouameni yang disusul Harry Kane lewat tendangan penaltinya di babak kedua.

Olivier Giroud tampil sebagai penentu kemenangan Prancis lewat sebuah gol yang terjadi pada menit ke-78.

Inggris sejatinya mendapat peluang besar untuk menyamakan kedudukan lewat hadiah penalti kedua yang dieksekusi Harry Kane. Namun sayang, bintang Tottenham Hotspur tersebut gagal.

Alhasil, pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 antara Inggris vs Prancis berakhir dengan skor 1-2.

Baca Juga

Setelah pertandingan, para pemain The Three Lions terlihat bermuram durja, apalagi Harry Kane yang sangat terpukul dengan kegagalannya di penalti kedua.

Nama Gareth Southgate pun kembali berkumandang di media sosial, lantaran nasibnya yang saat ini terancam setelah kegagalan Timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Meski masih memiliki kontrak berdurasi dua tahun, wacana penggantian dirinya sudah sering bergulir bahkan sebelum Timnas Inggris berangkat ke Qatar.

Baca Juga

Kini, masa depannya kembali jadi sorotan setelah hasil mengecewakan di laga Inggris vs Prancis dini hari tadi. Lantas, apakah Gareth Southgate akan diganti?

Nah, jika benar demikian, kira-kira siapa kandidat yang bisa mengambil alih tugas pelatih berusia 52 tahun ini setelah Piala Dunia 2022?

Baca Juga

1. Steven Gerrard

Steven Gerrard bisa gantikan Gareth Southgate di Timnas Inggris setelah Piala Dunia 2022. Foto: Reuters/David Klein.

Nampaknya mudah saja untuk menarik Steven Gerrard sebagai suksesor Gareth Southgate di Timnas Inggris.

Pertama, ia mantan pemain Three Lions dan punya nama besar di sepak bola Inggris. Kedua, Steven Gerrard saat ini sedang menganggur.

Seperti diketahui, Stevie G belum lama ini menangani klub Liga Inggris, Aston Villa, setelah meraih kesuksesan bersama klub Skotlandia, Glasgow Rangers.

Merapatnya Steven Gerrard ke Timnas Inggris tentu saja bukan hal mustahil. Dengan latar belakang yang ia miliki, tidak akan sulit bagi ayah empat anak ini untuk meraih hati publik Inggris.

Bahkan, potensi tersebut juga sempat diakui oleh mantan pemain Timnas Inggris yakni Darrent Bent, yang mengaku tidak akan heran apabila rekan sekompartriotnya itu dipilih oleh FA.

Baca Juga

“Anda tahu kan bagaimana FA. Mereka suka dengan orang-orang yang sudah berada di sistem,” ujarnya dikutip dari talkSPORT Drive.

Jika harus membahas para mantan The Three Lions yang layak menjadi pengganti Gareth Southgate, Steven Gerrard mungkin opsi yang terbaik.

Baca Juga

Bagaimana tidak? Sejumlah mantan rekan seangkatannya yang terjun ke dunia kepelatihan, belum banyak yang mencapai level terbaik di tim-tim yang mereka tangani.

Menjadi orang ‘lama’ FA pun bisa membuka pintu Steven Gerrard lebih lebar lagi untuk menggantikan Gareth Southgate setelah Piala Dunia 2022.

Hanya saja, sepak terjangnya yang singkat dan rapornya yang tidak terlalu bagus di Aston Villa bisa jadi batu sandungan legenda Liverpool tersebut.

Baca Juga
 

2. Eddie Howe dan Mauricio Pochettino

Mantan pelatih Tottenham Hotspur dan Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino. Foto: Justin Setterfield/Getty Images.

Eddie Howe

Mantan pelatih Bournemouth dan Burnley yang belum lama ini didapuk sebagai juru taktik Newcastle United.

Sebelumnya, Eddie Howe sudah sempat mendapat tawaran sebagai pelatih Timnas Inggris pada tahun 2016 lalu.

Namun sayangnya saat itu ia masih fokus menangani Bournemouth yang baru saja promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris. Alhasil, FA pun menunjuk Sam Allardyce untuk menggantikan Roy Hodgson.

Sekarang di Newcastle United, Eddie Howe punya kans yang sama besar untuk mengambil alih Timnas Inggris dari tangan Gareth Southgate selepas Piala Dunia 2022.

Tidak berbeda jauh dengan Steven Gerrard, Eddie Howe adalah orang Inggris ‘tulen’, yang berasal dari Buckinghamshire.

Baca Juga

Hanya saja, beberapa waktu lalu ia mengaku ingin fokus menyulap Newcastel United jadi tim hebat di Liga Inggris - meski tidak pernah menutup kemungkinan untuk menangani The Three Lions nantinya.

Mauricio Pochettino

Sudah membuktikan kemampuannya di Tottenham Hotspur dan Paris Saint-Germain (PSG), namun bukan pelatih yang asli berasal dari Inggris.

Baca Juga

Akan tetapi, pelatih asal Argentina ini pernah mengungkap hasratnya menangani Timnas Inggris suatu hari nanti.

“Jika suatu hari saya bisa menjadi pelatih internasional, saya akan mengambil kesempatan melatih Timnas Inggris,” ucapnya dalam buku yang ditulis Guillem Balague.

Apakah Mauricio Pochettino bakal mewujudkan mimpi itu dan menjadi suksesor Gareth Southgate di Timnas Inggris setelah Harry Kane cs tersingkir dari Piaala Dunia 2022?

Baca Juga

Sumber: Daily Mail

PrancisSteven GerrardMauricio PochettinoEddie HowePiala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini