x

Didominasi Eks Timnas Jerman, 3 Pemain Filipina yang Jadi Ancaman Indonesia di Piala AFF 2022

Senin, 12 Desember 2022 17:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Filipina akan mengandalkan para pemain keturunan di Piala AFF 2022 dan ini tiga pemain yang bisa jadi ancaman Timnas Indonesia di fase grup nanti.

INDOSPORT.COM – Filipina akan mengandalkan para pemain keturunan di Piala AFF 2022. Ini tiga pemain yang bisa jadi ancaman Timnas Indonesia di fase grup nanti.

Piala AFF 2022 akan segera bergulir dalam hitungan hari. Dijadwalkan event dua tahunan ini akan bergulir sejak 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

10 negara akan bersaing di turnamen sepak bola terakbar di Asia Tenggara ini. Adapun 10 negara ini akan bersaing di fase grup terlebih dulu.

Dalam drawing yang dilakukan pada bulan Agustus lalu, 10 negara kontestan telah terbagi dalam dua grup, yakni grup A dan grup B.

Timnas Indonesia sendiri akan tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan pendatang baru, yakni Brunei Darussalam.

Baca Juga

Sedangkan grup B Piala AFF 2022 akan berisikan negara-negara kuat seperti Vietnam, Singapura, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Di fase grup ini, Timnas Indonesia yang tergabung di grup A diprediksi bisa lolos dengan mudah ke semifinal mengingat statusnya sebagai finalis musim lalu bersama Thailand.

Baca Juga

Namun kedua tim ini tetap harus mewaspadai tiga negara lainnya, terutama Filipina yang telah merekrut pelatih muda eks akademi Barcelona, Josep Ferre Ybarz.

Selain itu, Filipina juga akan diperkuat pemain keturunan yang punya pengalaman segudang di level teratas dan punya rekam jejak mentereng.

Setidaknya ada tiga pemain keturunan di Filipina yang bisa mengancam tim-tim besar grup A Piala AFF 2022, termasuk Timnas Indonesia. Siapa saja pemain itu?

Baca Juga

1. 1. Oliver Bias

Bintang Timnas Filipina Stephan Schrock ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Para pemain keturunan di Filipina tak hanya berisikan pemain gaek saja. Ada pemain muda keturunan yang juga jadi andalan, yakni Oliver Bias.

Pemain yang baru berusia 21 tahun ini punya rekam jejak mentereng, di mana ia merupakan mantan penggawa Timnas Jerman kelompok umur, yakni U-15 hingga U-17.

Tak cukup sampai di situ, Oliver Bias punya pengalaman membela klub Eropa di masa muda, yakni dirinya pernah memperkuat RB Leipzig.

Bahkan ia berhasil debut bersama RB Leipzig di Kualifikasi Liga Europa pada 2018. Sayangnya, kariernya tak berkembang dan sempat ke Slovakia sebelum bermain bagi Chiangmai United di Thailand saat ini.

Meski baru berusia 21 tahun, Oliver Bias telah tampil lima kali bagi Filipina, termasuk salah satu penampilannya tercipta di Piala AFF 2020 lalu.

Baca Juga

2. Stephan Schrock

Tak hanya punya pemain keturunan Inggris, Filipina juga punya pemain keturunan Jerman pada pemain seniornya, yakni Stephan Schrock.

Pemain berusia 36 tahun ini berstatus kapten Filipina. Ia menjadi salah satu pemain keturunan yang punya caps dua digit bersama The Azkals.

Baca Juga

Nama Stephan Schrock sendiri tak asing bagi Timnas Indonesia. Ia pernah mencetak assist kala Filipina bermain imbang dengan skuad Garuda di Piala AFF 2016.

Eks penggawa Greuther Furth dan Eintracht Frankfurt ini merupakan pemain berpengalaman di kubu Filipina saat ini. Tercatat ia telah tampil di tiga edisi Piala AFF.

Pengalaman juga terlihat dari sosok Stephan Schrock, di mana ia merupakan penggawa Timnas Jerman U-18, U-19, dan U-20 seangkatan Manuel Neuer.

Baca Juga

2. Jebolan Tim Inggris

Mark Hartmann pemain asing Asia incaran Persib Bandung.

3. Mark Hartmann

Di Piala AFF 2022 ini, Filipina kemungkinan besar akan diperkuat oleh penyerang keturunan Inggris, yakni Mark Hartmann yang bermain bagi United City.

Pemain berusia 30 tahun ini lahir di Southampton, Inggris, dan mengawali kariernya di sepak bola di tanah Raja Charles tersebut.

Baca Juga

Ia mengawali karier di Portsmouth dan Swindown Town. Selain itu, Mark Hartmann tercatat pernah bermain di Wessex Football League di Inggris bersama Blackfield and Langley.

Gagal menembus tim-tim top Inggris, Mark Hartmann kemudian ke Filipina pada 2011, dan bergabung The Azkals sejak level kelompok umur.

Baca Juga

Tercatat Mark Hartmann telah mencatatkan 33 caps bersama Filipina dengan sumbangan 8 gol. Pada musim ini, ketajamannya pun cukup teruji dengan sumbangan 3 gol dari 5 laga di kancah liga bersama United City.

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTRIVIAStephan SchrockOne FootballMark HartmannPiala AFF 2022

Berita Terkini