x

Penuhi Janji, Menpora Sidak Langsung Duel Arema FC vs Persis Solo di Pekan 13 Liga 1

Senin, 12 Desember 2022 04:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau laga Liga 1 Indonesia 2022-2023 pekan ke-13 antara Arema FC vs Persis Solo, Minggu (11/12/22).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau laga Liga 1 Indonesia 2022-2023 di pekan ke-13 antara Arema FC vs Persis Solo di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (11/12/22).

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Zainudin Amali menuntaskan janjinya untuk meninjau langsung pelaksanaan Liga 1 2022-2023 pasca diizinkan kembali bergulir pasca dihentikan imbas insiden tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober lalu.

"Kehadiran saya di Semarang untuk memenuhi janji saya ke Dirut PT LIB untuk inspeksi pertandingan," buka Zainudin Amali.

"Karena saat akan keluar izin, didahului rakor di Kemenpora diikuti 18 klub. kepolisian. PUPR, LIB, dll. Saya ingin memastikan penyelenggaraan ini apakah sesuai yang dipaparkan PSSI dan LIB saat Rakor," tambah Amali.

Selain melakukan inspeksi langsung, Zainudin Amali juga ingin meninjau lapangan Stadion Jatidiri Semarang.

Baca Juga

"Kedua, saya ingin pastikan kondisi lapangan yang dipakai. Apakah sesuai dengan apa yang dipresentasikan."

"Khusus untuk stadion, Polisi dan PURP serta Kemenkes sudah tinjau ini. Saya hanya ingin memastikan itu saja. Apakah benar atau beda. Pertandingan tidak ada penonton sesuai dengan izin yang dikeluarkan pihak Polri," jelas Amali.

Baca Juga

Sementara itu Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menyambut baik inspeksi yang dilakukan Menpora.

Setidaknya LIB ingin mendapat masukan untuk kelangsungan Liga 1 pasca inspeksi yang dilakukan oleh Menpora.

"Memang hari ini hari pertama Menpora kunjungi kita. Persis seperti apa yang beliau sampaikan. Kami ingin sekali mendapatkan inputan dari Menpora," jelas Ferry Paulus.

"Begitu juga kepolisian. Kaitannya dengan apa yang sudah dipresentasikan di Kemenpora. Syukur Pak Menteri dengan kesibukannya menyempatkan diri bisa hadir," beber Ferry.

Baca Juga

1. Penyelenggaraan Berjalan Baik

Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang Arema FC, BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (11/12/22). (Foto: Persis Solo)

Ferry menilai memang kelanjutan Liga 1 masih belum sempurna. Setidaknya bagi Ferry, seluruh penyelenggaraan bisa berjalan baik.

"Kami sudah banyak bincang dengan Menteri. Implementasi apa yang sudah dikerjakan di lapangan. Dua week satu pertandingan lagi tersisa malam ini selesai."

Baca Juga

"Memang tidak sempurna. Tapi catatan dari beberapa venue, baik dari Jatidiri, Maguwo, Manahan, dan Bantul berjalan baik. Meski ada catatan. Tapi catatan yang ada minor semua," beber pria yang kerap disapa FP ini.

Dalam penyelenggaraan semua berjalan baik. Aspek football berjalan bagus. Memang ada pelanggaran disiplin tapi itu masih dalam koridor sepak bola," tukas dia.

Persis SoloMenporaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Zainudin AmaliLiga 1 2022-2023

Berita Terkini