x

Southgate Pertimbangkan Berhenti Latih Inggris Pasca Piala Dunia 2022, Anak Emasnya Pasang Badan

Senin, 12 Desember 2022 23:11 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Declan Rice ikut angkat bicara soal isu akan berhentinya Gareth Southgate dari posisi pelatih kepala Inggris pasca eliminasi dari Piala Dunia 2022. (Foto:REUTERS/Paul Childs).

INDOSPORT.COM – Declan Rice ikut angkat bicara soal isu akan berhentinya Gareth Southgate dari posisi pelatih kepala Inggris pasca eliminasi dari Piala Dunia 2022.

Southgate hanya bisa mengantarkan tinnya ke babak 8 besar Piala Dunia 2022 usai tumbang di tangan Prancis dalam laga ketat di Stadion Al Bayt Al Khor, Senin (11/12/22) dini hari, dengan skor 1-2.

Kekalahan tersebut membuat tim nasional Inggris harus tersingkir, serta gagal menjadi juara dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Hal tersebut membuat banyak rumor beredar yang mengatakan bahwa, Gareth Southgate akan mundur dari kursi kepelatihan Inggris.

Kendati demikian, Declan Rice justru memiliki harapan agar pelatih yang telah menangani Inggris sejak 2016 lalu itu tetap bertahan di posisinya.

Baca Juga

Rice sendiri merupakan gelandang yang memulai debutnya bersama Timnas Inggris sejak 2019 berkat kepercayaan Southgate. Menyumbangkan 2 gol, dan 39 penampilan untuk negaranya ia pun jadi salah satu anak emas di rezim sang manajer.

Menurut Declan Rice, penampilan The Three Lions, julukan Timnas Inggris, di bawah asuhan Southgate mampu menunjukkan kualitas yang baik.

Baca Juga

“Kami menunjukkan level kami malam ini, kami memulihkan level yang membuat orang percaya pada kami dan mendorong kami. Kita bisa bangga karenanya.”

“Saya harap dia (Gareth Southgate) bertahan. Dia menerima banyak kritik yang tidak pantas. Bukan salahmu apa yang terjadi. Kami bermain dengan baik,” ungkap Declan Rice dikutip dari todofichajes.

Di sisi lain, meski gagal membawa Inggris melangkah lebih jauh dalam Piala Dunia 2022, Southgate justru membuat pernyataan yang mengejutkan.

Baca Juga

1. Southgate Enggan Mundur dari Timnas Inggris

Harry Maguire terlihat sedih sementara Marcus Rashford dihibur oleh manajer Gareth Southgate usai pertandingan Inggris tersingkir dari Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Gareth Southgate sendiri mulai ditunjuk untuk menjadi pelatih Inggris sejak 2016 lalu, untuk menggantikan Sam Allardyce.

Melansir dari Transfermarkt, Southgate telah mencatatkan 52 pertandingan dalam semua kompetisi yang dijalani Inggris.

Dari seluruh penampilannya menangani Tiga Singa, pelatih kelahiran Watford pada 3 September 1970 tersebut mencatatkan hasil yang tidak buruk.

Pasalnya, selama 6 tahun menangani Inggris, Gareth Southgate membukukan 52 kemenangan, 15 hasil imbang, dan 15 kali kalah.

Prestasi terbaik yang dipersembahkan Southgate adalah membawa Inggris masuk dalam babak semifinal Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Maka dari itu, performa yang dicatatkan oleh Gareth Southgate untuk Inggris pada gelaran Piala Dunia 2022 bisa dikatakan menurun. Mengingat, The Three Lions harus tersingkir di babak 8 besar.

Namun, saat ini Gareth Southgate mengaku tidak ingin mundur dari kursi kepelatihan Inggris. Bahkan, dirinya mengaku tidak ingin terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Baca Juga

“Setiap kali turnamen ini berakhir, butuh waktu untuk membuat keputusan yang tepat. Secara emosional, Anda mengalami banyak perasaan berbeda,” terang Gareth Southgate.

“Energi yang dibutuhkan dalam turnamen ini sangat besar. Saya ingin membuat keputusan yang tepat, apapun itu, untuk tim. Mereka tahu seberapa dekat mereka, mereka tahu bahwa mereka telah menekan tim yang hebat sampai akhir, bahwa mereka memiliki lebih banyak penguasaan bola, lebih banyak tembakan ke gawang.” pungkasnya.

Menarik untuk dinanti apakah keinginan Declan Rice untuk melihat Gareth Southgate tetap menangani Inggris pasca Piala Dunia 2022 akan terwujud atau tidak mengingat sang juru taktik saat ini masih memilih untuk bungkam perkara masa depan.

Baca Juga

Sumber: todofichajes

InggrisPiala DuniaPiala Dunia 2022Gareth SouthgateDeclan Rice

Berita Terkini