x

Adu Tangguh Lini Pertahanan 4 Negara di Semifinal Piala Dunia 2022, Siapa yang Lebih Kokoh?

Selasa, 13 Desember 2022 17:00 WIB
Editor: Juni Adi
Empat Semifinalis Piala Dunia 2022, Argentina, Kroasia, Maroko dan Prancis (Foto: REUTERS/Molly Darlington, REUTERS/Matthew Childs, REUTERS/Paul Childs).

INDOSPORT.COM - Empat tim semifinalis Piala Dunia 2022 saat ini mempunyai pertahanan yang sangat kokoh karena minim kebobolan.

Event empat tahunan terakbar di sepak bola tahun ini, Piala Dunia 2022, mulai memasuki fase-fase akhir, seiring lolosnya empat tim ke semifinal.

Empat tim yang berhasil lolos ke empat besar itu antara lain tim unggulan, Argentina dan Prancis, serta dua tim kuda hitam, Kroasia dan Maroko.

Keempat tim ini berhasil melaju ke semifinal usai menang atas lawan-lawannya di perempatfinal, entah itu lewat waktu normal ataupun adu penalti.

Argentina dan Kroasia menjadi tim yang terus melaju setelah mengalahkan dua kandidat juara lainnya, Belanda dan Brasil lewat drama adu penalti.

Baca Juga

Sedangkan Maroko dan Prancis meneruskan langkahnya ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menang 1-0 dan 2-1 lewat waktu normal atas Portugal dan Inggris.

Kini keempat tim pun bersiap untuk kembali beraksi memperebutkan tiket final, yang akan dimulai pada Rabu (14/12/22) mendatang.

Baca Juga

Persaingan menuju tangga podium tertinggi diprediksi akan sengit mengingat keempat negara yang lolos bermain baik.

Terutama di sektor pertahanan yang sangat solid minim kebobolan.

Lantas negara mana saja yang mempunyai pertahanan kokoh di empat semifinalis Piala Dunia 2022?

Baca Juga

1. Prancis

Aurelien Tchouameni rayakan gol pertamanya bersama Olivier Giroud dan Theo Hernandez Prancis kontra Inggris di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Timnas Prancis berhasil melaju ke babak semifinal usai mengalahkan Inggris di babak perempatfinal atau 8 besar Piala Dunia 2022.

Padahal kiprahnya sempat diragukan sebelum turnamen ini bergulir, karena terdapat kutukan bagi negara yang juara dunia akan bernasib sial di edisi selanjutnya.

Akan tetapi hal itu dipatahkan oleh Prancis, dengan terus melaju di Piala Dunia 2022, hingga kini berebut tiket ke final.

Meski tampil apik, Prancis punya catatan negatif dari segi statistik pertahanan. Mereka jadi tim terburuk dalam hal bertahan.

Sektor pertahanan Prancis yang dihuni nama-nama, seperti Theo Hernandez, Dayot Upamecano, Raphael Varane, dan Jules Kounde, tak cukup rapat dengan sudah kecolongan 5 gol dari 5 laga. 

Baca Juga

Sementara itu, Hugo Lloris yang dipercaya sebagai kiper utama juga tak berhasil sekali pun mencetak clean sheet. 

Argentina 

Nasib serupa dialami oleh timnas Argentina. La Albiceleste menjadi tim dengan pertahanan buruk kedua setelah Prancis di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Mereka sejauh ini sudah kebobolan 5 kali dalam 5 laga terakhirnya. Padahal lini pertahanan mereka digawangi banyak pemain bintang.

Sebut saja Lisandro Martinez, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, hingga Nahuel Molina.

Beruntungnya, Argentina memiliki sosok kiper hebat dalam diri Emiliano Martinez. Kiper berusia 30 tahun ini setidaknya mampu meminimalisasi timnya dari kebobolan yang lebih banyak lagi. 

Baca Juga

Ia tercatat menciptakan dua clean sheet dan tampil cemerlang saat adu penalti di perempat final.


2. Kroasia

Youssef En-Nesyri dari Maroko merayakan gol pertama mereka kontra Portugal di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kai Pfaffenbach

Kroasia kembali tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022.

Di edisi sebelumnya 2018, mereka juga melakukan hal yang sama ketika mampu menembus partai final sebelum dikalahkan oleh Prancis.

Luka Modric dan kolega juga tampil cukup baik di Piala Dunia 2022, dengan hanya kebobolan 3 gol dari 5 laga.

Salah satu pemain bintang yang jadi kunci keberhasilan Kroasia menembus partai semifinal adalah Dominik Livakovic.

Kiper berusia 27 tahun itu tampil luar biasa dengan catatan dua clean sheet, disertai berbagai penyelamatan krusial terutama ketika berhadapan dengan drama adu penalti.

Baca Juga

Maroko

Terakhir ada Maroko. Tak ada yang menyangka kalau mereka bisa jadi penantang serius dalam perebutan gelar juara Piala Dunia 2022.

Kelolosan wakil Afrika itu ke semifinal bukan kebetulan semata, karena secara kualitas permainan mereka sangat bagus.

Baca Juga

Buktinya, Maroko baru kebobola 1 gol dari 5 laga terakhir.

Aktor penting di balik itu tentu saja para pemain di sektor pertahanan, yang di antaranya diisi Achraf Hakimi, Romain Saiss, Nayef Aguerd, dan Noussair Mazraoui. 

Satu lagi nama yang tak boleh dilupakan adalah sang kiper utama, Yassine Bounou. 

Ia tampil cemerlang dengan melakukan banyak penyelamatan berbuah 3 clean sheet dalam 4 laga.

Baca Juga
KroasiaPrancisArgentinaMarokoPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini