x

Bocor! Tersingkir di Piala Dunia 2022, Southgate Diam-diam Tertarik Latih AS?

Selasa, 13 Desember 2022 05:47 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Gareth Southgate tertunduk lesu di laga Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis (11/12/22). (Foto: REUTERS/Lee Smith)

INDOSPORT.COM – Usai tersingkir di Piala Dunia 2022, pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate dilaporkan tertarik tangani Timnas Amerika Serikat.

Kabar ini dibocorkan oleh salah satu presenter ternama asal Britania, Rebecca Lowe yang mengatakan jika Southgate tertarik ke Amerika Serikat sebagai pekerjaan barunya.

“Saya pernah dengar tentang rencana berikutnya, kalau tidak salah, dia sangat menyukai Amerika Serikat sebagai tujuan barunya. Tapi saya tidak tahu, apakah itu di Major League Soccer atau Timnas Amerika,” tutur Rebecca kepada Podcast Men in Blazers.

Baca Juga

Timnas Amerika Serikat sendiri saat ini masih ditangani oleh pelatih lokal mereka, yakni Gregg Berhalter. Namun, kontrak pria berusia 49 tahun itu di Negeri Paman Sam bakal berakhir pada akhir tahun 2022 ini.

Hingga artikel ini dinaikan, belum ada pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak baik dari Gregg Berhalter sendiri maupun Federasi Sepak Bola Amerika Serikat, USSF.

Sehingga bukan tak mungkin, andai Gregg Berhalter tak lagi melatih Timnas Amerika Serikat, maka bisa saja Gareth Southgate yang bakal menjadi penggantinya untuk membesut Christian Pulisic cs.

Baca Juga

Sementara itu, posisi Gareth Southgate sendiri bersama Timnas Inggris masih simpang siur meski sang pelatih masih diikat kontrak hingga tahun 2024 mendatang.

Ada yang menyebut jika eks pemain Middlesbrough tersebut bakal dipecat menyusul dengan kegagalannya di Piala Dunia 2022, namun ada juga yang mengatakan jika Gareth Southgate bakal mengundurkan diri.

Baca Juga

1. Sejumlah Nama Pengganti Gareth Southgate Telah Disiapkan

Thomas Tuchel di laga Dinamo Zagreb vs Chelsea di Liga Champions. Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

Masih belum jelasnya status Gareth Southgate dalam menangani Three Lions dari Federasi Sepak Bola Inggris, FA membuat sejumlah nama pun bermunculan yang diyakini cocok untuk menggantikan peranannya.

Mulai dari mantan pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, pelatih Newcastle United, Eddie Howe, hingga eks juru taktik Tottenham Hotspur dan PSG, Mauricio Pochettino.

Baca Juga

Jika memang harus menggantikan peranan Southgate, maka nama Thomas Tuchel disebut-sebut sebagai pelatih yang paling cocok untuk menangani Harry Kane dkk.

Prestasinya di dunia kepelatihan di level klub sudah menjadi bukti ampuh. Mulai dari mengantarkan PSG menjadi runner up Liga Champions, hingga berhasil membawa klub non-unggulan, Chelsea juara Liga Champions.

Baca Juga

Namun semuanya ini masih spekulasi. Jika mundur ke Euro 2020 kemarin, FA sempat dikabarkan masih memberikan kesempatan kepada Gareth Southgate hingga Euro 2024 mendatang.

Artinya, meski Gareth Southgate gagal di Piala Dunia 2022 dan isu pemecatan masih menghantui dirinya, ia masih punya satu kesempatan terakhir di Euro 2024 untuk menangani Timnas Inggris.

InggrisPiala DuniaPiala Dunia 2022Gareth SouthgateUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini