x

Usung Local Pride, 3 Pemain Kunci Brunei yang Siap Jegal Timnas Indonesia Piala AFF 2022

Rabu, 14 Desember 2022 13:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia vs Brunei di SEA Games 2019

INDOSPORT.COM – Brunei Darussalam mengandalkan kekuatan untuk Piala AFF 2022. Ada tiga pemain di skuad Brunei yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia.

Brunei Darussalam akan berlaga di Piala AFF comeback-nya setelah absen selama 26 tahun sejak terakhir kali tampil pada 1996, edisi pertama.

Skuad berjuluk The Wasps tersebut meraih tiket ke Kejuaraan antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) setelah memenangkan laga play-off melawan Timor Leste dengan kemenangan agregat 6-3.

Hasil ini membuat Brunei lolos melengkapi tim peserta Grup A Piala AFF 2022 yang dihuni Timnas Indonesia, Thailand, Filipina dan Kamboja.

Beberapa waktu lalu, Brunei juga sudah mengumumkan daftar 23 pemain yang akan memperkuad tim besutan Mario Rivera untuk turnamen ini.

Baca Juga

Melansir dari Transfermarkt, 23 pemain timnas Brunei Darussalam ini diketahui tidak ada satu pun yang mentas di luar negeri ataupun pemain keturunan yang dinaturalisasi.

Bahkan, sosok Faiq Bolkiah tidak dipanggil Mario Rivera. Faiq Bolkiah yang merupakan keponakan Raja Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Baca Juga

Padahal, Faiq Bolkian sejatinya punya pengalaman bermain di luar negeri. Saat ini, Bolkiah berstatus sebagai pemain Chonburi FC, tim dari Liga Thailand.

Meski mengandalkan kekuatan local pride, skuad Timnas Brunei Darussalam tidak boleh diremehkan begitu saja, terutama oleh Timnas Indonesia.

Setidaknya, terdapat tiga pemain yang bakal menunjukkan sinarnya di Piala AFF 2022. Bukan tidak mungkin, ketiga pemain ini menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia melangkah jauh di turnamen ini.

Baca Juga

1. 1. Azwan Saleh

Brunei Darussalam

Pemain bernama lengkap Awan bin Muhammad Saleh ini termasuk yang paling senior di Timnas Brunei Darussalam. Berusia 34 tahun, Azwan Saleh punya peran yang besar di lini tengah dan belakang.

Memiliki posisi asli sebagai gelandang serang, Azwan Saleh yang membela klub Brunei DPMM FC tersebut sudah mencetak 2 gol dari 26 penampilan sejak debutnya untuk timnas pada 2006 sila.

Azwan Saleh juga menjadi sosok penting yang mengantarkan Brunei Darussalam mengalahkan Timor Leste di babak play-off lewat sumbangan satu golnya.

Perannya yang sangat sentral untuk Brunei Darussalam diyakini akan membuat Azwan Saleh kembali diandalkan di Piala AFF 2022 bersama sang kapten, Hendra Azam.

Baca Juga

2. Abdul Azizi Ali Rahman

Lini serang Brunei Darussalam masih dipekruat pemain seniornya, Abdul Azzizi Rahman. Pemain berusia 35 tahun ini mencatatkan  1 assist dari 8 penampilan untuk negaranya.

Baca Juga

Abdul Azizi saat ini bermain untuk klub Brunei, Duli Pengiran Muda Mahkota (DPMM FC). Sebelumnya, ia juga pernah berseragam Royal Brunei Armed Forces dari 2009 hingga 2018

Meski sudah berumur, Abdul Azizi masih punya naluri mencetak gol tinggi sehingga patut diwaspadai lawannya. Ini dibuktikan saat dia mencetak dua gol saat Brunei mengalahkan Timor Leste.

Baca Juga

2. 3. Razimie Ramli

Brunei Darussalam

Mario Rivera kerap memasangkan Ramli dengan Abdul Azizi Ali Rahman. Duet keduanya membuat lini depan Brunei Darussalam cukup mengerikan.

Sosok Ramli ini menunjukkan tajinya di timnas Brunei sejak tampil Kualifikasi Piala AFF 2022.

Saat itu, pemain kelahiran 6 Agustus 1990 tersebut mampu mencetak dua gol ke gawang Timor Leste untuk membantu Brunei Darussalam menang 6-2.

Meski sudah tak muda lagi, Ramli masih jadi pemain paling menonjol di Timnas Brunei. Pada laga kontra Mongolia tahun 2019, Razimie berhasil menceploskan dua gol.

Razimie Ramlli terbilang pemain senior Brunei yang tercatat pernah bermain untuk klub Royal Brunei Armed Forces Sports Council dan DPMM FC.

Pada 2019, Ramlli berperan membawa DPMM FC meraih gelar juara Singapore Premier League. Lalu, pada 2022, dia membawa DPMM FC juara Brunei FA Cup.

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala AFFBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini