x

Ranking FIFA Negara Peserta Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Nomor Berapa?

Rabu, 14 Desember 2022 05:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Vietnam memimpin ranking FIFA negara Asia Tenggara peserta Piala AFF 2022. Lantas, Timnas Indonesia ada di peringkat berapa?

INDOSPORT.COM – Vietnam memimpin ranking FIFA negara Asia Tenggara peserta Piala AFF 2022. Lantas, Timnas Indonesia ada di peringkat berapa?

Sepekan setelah pesta Piala Dunia 2022 usai, fans sepak bola Indonesia akan menyaksikan tim kesayangan mereka beraksi di Piala AFF 2022.

Turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 23 Desember hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Berdasarkan drawing Piala AFF 2022 yang dilangsungkan pada 30 Agustus 2022 kemarin, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama juara bertahan Thailand.

Drawing ini akan memastikan partai ulangan final Piala AFF 2020 yang digelar tahun lalu. Saat itu, Indonesia asuhan Shin Tae-yong kalah 2-6 dari Thailand secara agregat.

Baca Juga

Adapun tim perserta Grup A lainnya adalah Filipina, Kamboja, serta pemenang kualifikasi Brunei Darussalam yang lolos usai mengalahkan Timor Leste.

Sementara itu, tim terkuat di Asia Tenggara, Vietnam yang akan memimpin persaingan Grip B bersama Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Baca Juga

Melihat sepak terjang lawan-lawan Timnas Indonesia di pertandingan internasional dalam setahun terakhir, persaingan di Piala AFF 2022 jelas akan semakin sengit.

Termasuk Timnas Indonesia yang sudah enam kali hanya puas menjadi runner-up di turnamen ini dan belum pernah sekalipun meraih gelar juara.

Untuk menengok kekuatan tim lawan, INDOSPORT mamaparkan ranking tim peserta Piala AFF 2022 setiap grup A dan B:

Baca Juga

1. Grup A

Timnas Indonesia

Grup A dihuni oleh Thailand, Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Pasukan Gajah Perang jelas menjadi tim yang paling diunggulkan untuk lolos dari grup ini.

Dilihat dari peringkat FIFA di kawasan Asia Tenggara, Thailand menempati urutan tertinggi di antara tim Grup A. Thailand saat ini duduk di peringkat ke-111 dunia.

Kendati masih berada di luar 100 besar, namun Thailand telah mengalami kenaikan beberapa posisi dalam setahun terakhir.

Filipina menjadi tim teratas kedua di Grup A berdasarkan peringkat FIFA. The Azkals ini menempati peringkat ke-133, di atas Latvia dan Turkmenistan dan di bawah Republik Afrika Tengah dan Antigua and Barbuda.

Ada pun Indonesia saat ini naik dari posisi ke-55 menjadi ke-152 dengan total poin 1033,9 poin. Indonesia ada di bawah Andorra yang mengumpulkan 1.035,2 angka.

Baca Juga

Kenaikan posisi ini diperoleh setelah Timnas Indonesia meraih dua kemenangan melawan Curacao pada FIFA Matchday pada September lalu.

Bukan hanya itu, rapor bagus di turnamen resmi seperti Piala AFF 2020, Kualifikasi Piala Asia 2023, dan laga-laga uji coba mendongkrak peringkat tim Merah Putih sejak diasuh oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Ada pun Kamboja dan Brunei Darussalam posisi berada jauh di belakan Indonesia, Kamboja ada peringkat ke-177, sedangkan Brunei ada di peringkat ke-190.

Daftar Peringkat FIFA Tim Grup A Piala AFF 2022:

1. Thailand: 111

2. Filipina: 133

3. Indonesia: 152

4. Kamboja: 177

5. Brunei Darussalam: 190

Baca Juga

2. Grup B

Timnas Indonesia vs Vietnam

Vietnam masih menjadi negara ASEAN dengan ranking FIFA tertinggi pada bulan ini. Vietnam naik satu peringkat ke posisi 96.

Tim besutan Park Hang-Seo ini memang beberapa kali menjuarai turnamen di berbagai jenjang umur yang berbeda sepanjang tahun 2022.

Mereka memenangkan Piala AFF U-23 2022 dan SEA Games 2021 cabor Sepak bola. Selain itu, beberapa kali juga Vietnam mengalahkan negara-negara kuat dan berperingkat FIFA di atasnya.

Malaysia menyusul di belakang Vietnam sebagai tim terbaik di Grup B. Tim besutan Kim Pan-gon ini menempati peringkat 146 dunia di ranking FIFA.

Peringkat ini membuat Harimau Malaya mengungguli beberapa negara Asia lain seperti Kuwait, Yaman, hingga Afganistan.

Baca Juga

Myanmar menjadi tim terbaikketiga  di Grup B, yang mana mereka saat ini menempati peringkat ke-158 dunia. Posisi Myanmar ini unggul dari Papua Nugini namun tertinggal dari Chinese Taipei dan Afghanistan.

Singapura dan Laos menjadi tim kedua terakhir di Grup B dalam hal peringkat FIFA. Posisi Singapura beberapa kali mampu disalip Timnas Indonesia dan kini menempati peringkat ke-160.

Sedangkan Laos masih tercecer di peringkat ke-187.

Baca Juga

Daftar Peringkat FIFA Tim Grup B Piala AFF 2022:

1. Vietnam: 96

2. Malaysia: 146

3. Myanmar: 158

4. Singapura: 160

5. Laos: 187

Baca Juga
FIFAMalaysiaVietnamThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalKlasemenTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini