x

Prediksi Liga 1: PSS Sleman vs PSIS Semarang, Upaya Akhiri Tren Buruk

Kamis, 15 Desember 2022 14:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
PSS Sleman akan berhadapan dengan PSIS Semarang pada laga Liga 1 pekan ke-15 di Stadion Manahan Solo, Jumat (16/12/22) malam.

INDOSPORT.COM - PSS Sleman ingin menyudahi tren buruk selama sistem bubble Liga 1 Indonesia 2022-2023. PSIS Semarang menjadi sasaran tim Elang Jawa pada laga pekan ke-15 di Stadion Manahan Solo, Jumat (16/12/22) malam.

PSS mendapat hasil buruk dalam tiga partai sistem bubble. Bagus Nirwanto dkk. mencatatkan dua kekalahan atas Bhayangkara FC 1-3 dan Madura United 0-1.

Poin perdana didapat ketika menahan imbang Borneo FC 0-0. Hanya saja, raihan satu poin dalam tiga partai terakhir membuat posisi PSS sangat dekat dengan zona degradasi.

Upaya bangkit coba diusung PSS ketika melawan PSIS. Menuju partai ini, PSS mendapat keuntungan karena memiliki waktu istirahat lebih lama dari PSIS.

PSS punya tiga hari waktu jeda, sementara PSIS hanya punya waktu dua hari. Perbedaan waktu satu hari ini sangat berarti dalam sistem bubble ini.

Situasi ini harus dimanfaatkan PSS untuk mengakhiri tren buruk. Tambahan tiga poin bisa membuat PSS naik ke papan tengah lagi menjauhi zona degradasi.

Baca Juga

Namun, situasinya memang tak mudah untuk tren buruk segera diakhiri. Stok lini depan PSS sangat mepet. Hanya ada Hokky Caraka yang fit untuk bermain.

Sementara Mychell Chagas masih bermasalah dengan lutut. Lalu, kebugaran Saddam Gaffar juga masih tanda tanya karena hanya sempat main empat menit dalam tiga partai terakhir.

Second line bisa menjadi andalan PSS. Mereka punya sosok Rifky Suryawan, Irkham Milla, Miftahul Hamdi dan Komarudin. Belum lagi Kim Kurniawan dan Ze Valente yang punya tembakan jarak jauh.

Baca Juga

Jika PSS bisa menyelesaikan masalah penyelesaian akhir, asa mengakhiri hasil buruk tak mustahil untuk diselesaikan. Namun jika problem itu tak teratasi, PSIS siap memberikan hukuman.

PSIS sedang ganas dengan kembalinya Carlos Fortes. Setelah mencatatkan assist saat melawan Persija, Fortes siap menjadikan gawang PSS sebagai pembuka gol pada musim ini.

Pada laga ini, PSIS sudah diperkuat Jonathan Cantillana dan Fredyan Wahyu Sugiantoro. Keduanya absen melawan Persija karena akumulasi kartu kuning.

Baca Juga

1. Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman akan berhadapan dengan PSIS Semarang pada laga Liga 1 pekan ke-15 di Stadion Manahan Solo, Jumat (16/12/22) malam.

PSS Sleman (4-5-1):

Kiper: M Ridwan
Bek: Bagus Nirwanto, Nur Diansyah, Marckho Meraudje, Derry Rachman
Tengah: Irkham Milla, Jihad Ayoub, Ze Valente, Kim Kurniawan, Miftahul Hamdi
Depan: Hokky Caraka

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

PSIS Semarang (4-2-3-1):

Kiper: Wahyu Tri Nugroho
Bek: Fredyan Wahyu, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga
Tengah Belakang: Jonathan Cantillana, Delvin Rumbino
Tengah Depan: Riyan Ardiansyah, Wawan Febriyanto, Taisei Marukawa
Depan: Carlos Fortes

Pelatih: Ian Andrew Gillan

Baca Juga

Player to Watch:

Hokky Caraka

Sistem bubble Liga 1 memberi kesempatan bagi Hokky Caraka untuk mendapatkan menit bermain. Ini menjadi keuntungan karena Hokky sedang bersiap menuju Piala Dunia 2022.

Namun masalahnya, Hokky masih tampil terlalu "muda" untuk level senior. Bisa jadi tiga partai kemarin memberi pelajaran bagi Hokky untuk tampil lebih dewasa saat melawan PSIS.

Menarik untuk menanti apakah Hokky bisa menyusul Ronaldo Kwateh yang sudah mempersembahkan gol untuk Madura United.

Carlos Fortes

Carlos Fortes sudah tampil bagus saat membawa PSIS menang atas Persija Jakarta 2-0. Partai melawan PSS menjadi momentum Fortes untuk memulai rentetan gol musim ini.

Peluang hadirnya gol pembuka bagi Fortes sangat besar. PSIS memiliki para pengumpan handal, seperti Riyan, Fredyan hingga Jonathan.

Jika gol pembuka sudah didapat, PSIS tinggal menikmati hasil. PSIS bisa memulai pertarungan untuk masuk papan atas setelah susah payah di papan tengah dalam 14 pekan ini.

Baca Juga

5 pertandingan terakhir PSS Sleman di Liga 1:

Borneo FC 0-0 PSS Sleman
PSS Sleman 0-1 Madura United
Bhayangkara FC 3-1 PSS Sleman
PSS Sleman 1-2 Persita Tangerang
Persikabo 1973 2-0 PSS Sleman

5 pertandingan terakhir PSIS Semarang di Liga 1:

PSIS Semarang 2-0 Persija Jakarta
PSIS Semarang 2-4 Borneo FC
Madura United 0-3 PSIS Semarang
Persita Tangerang 1-0 PSIS Semarang
PSIS Semarang 3-2 Persikabo 1973

5 pertemuan terakhir PSS vs PSIS:

PSIS Semarang 5-2 PSS Sleman (Piala Presiden 2022)
PSS Sleman 0-1 PSIS Semarang (Liga 1 2021/2022)
PSIS Semarang 1-2 PSS Sleman (Liga 1 2021/2022)
PSIS Semarang 3-0 PSS Sleman (Liga 1 2019)
PSS Sleman 1-3 PSIS Semarang (Liga 1 2019)

Prediksi INDOSPORT:
 
PSS Sleman (30%), Seri (35%), PSIS Semarang (35%).

Baca Juga
PSS SlemanPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroHokky CarakaCarlos Manuel Dos Santos FortesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini