x

3 Pemain Liga Inggris yang Absen di Piala AFF 2022, Ada Andalan Timnas Indonesia

Jumat, 16 Desember 2022 16:18 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COMPiala AFF 2022 tidak akan diramaikan dengan sejumlah pemain bintang yang merumput di Liga Inggris.

Gelaran Piala AFF 2022 hanya tinggal menghitung hari. Para tim nasonal sepak bola terbaik Asia Tenggara siap bersaing menjadi yang terbaik di ajang ini.

Timnas Indonesia sendiri berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Di sisi lain, Grup B diisi oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Mereka akan menghadapi Kamboja di laga perdana pada Jumat (23/12/22) mendatang. 

Jelang laga tersebut, Skuad Garuda terus melakukan persiapan maksimal demi hasil terbaik.

Baca Juga

Sebab juara masih menjadi target yang dibawa oleh timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini. 

Untuk mewujudkannya, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil banyak pemain terbaik dalam 28 nama untuk mengikuti pemusatan latihan.

Baca Juga

Mayoritas dari pemain yang dipanggil saat ini berusia 24 tahunan. Usia yang sangat muda untuk bermain di level senior.

Akan tetapi bukan terarti Shin Tae-yong tutup mata dengan kemampuan para pemain tua. 

Demi pengalaman dan membantu jadi mentor perkembangan para pemain muda, Shin Tae-yong turut memasukan peman uzur.

Kombinas pemain muda dan senior diharapkan bisa membawa gelar juara Piala AFF 2022.

Sayangnya, kekuatan timnas Indonesia akan berkurang khususnya di lini belakang, karena tidak bisa diperkuat oleh Elkan Baggott.

Selain Elkan Baggott, ada beberapa negara lain yang juga tidak akan diperkuat pemain bintangnya yang merumput di Liga Inggris, berikut ulasannya termasuk Elkan Baggott.

Baca Juga

1. Elkan Baggott

Elkan Baggott Merayakan Kemenangan Bersama Gillingham FC REUTERS/David Klein

Sosok Elkan Baggott sangat dinanti oleh banyak pihak terkait keputusannya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga  16 Januari 2023.

Awal bulan lalu, Baggott yang berada di Inggris untuk membela klubnya Gillingham FC, sempat disambangi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Maksud kedatangan Shin Tae-yong ini ialah meminta kesediaan Gillingham FC dan Ipswich Town merelakan Elkan Baggott bergabung dengan skuad Garuda untuk Piala AFF.

Ini adalah sebuah hal yang dilematis. Elkan sangat ingin membela negaranya di kancah Asia Tenggara.

Namun di sisi lain tenaganya dibutuhkan Gillingham selama periode sibuk Liga Inggris bulan ini.

Baca Juga

Pada akhirnya sebuah kabar mengejutkan datang pada hari Kamis (15/12/22), dimana Elkan Baggott sudah memutuskan sendiri bahwa dia akan bertahan di Inggris.

Sementara Piala AFF 2022 tak masuk kalender FIFA. Sehingga, klub (baik Ipswich Town atau Gillingham FC) tidak wajib melepas Elkan Baggott ke timnas Indonesia.

Baca Juga

Pelatih Gillingham FC, Neil Harris, juga membutuhkan jasa bek berpostur 194 cm tersebut.

“Jika Elkan ingin pergi, saya dan orang-orang di Ipswich akan mendukungnya dan memahami itu juga, tetapi Elkan membuat keputusan sendiri bahwa merupakan hak istimewa mutlak untuk dipanggil oleh negara Anda."

"Di saat yang terbaik baginya untuk bertahan dan bermain sebanyak mungkin di level ini," ungkap Neil Harris dikutip Kent Online.

Baca Juga

2. Neil Etheridge

Neil Etheridge.

Beberapa waktu lalu, timnas Filipina mengumumkan 45 pemain untuk menggelar pemusatan latihan sebagian persiapan Piala AFF 2022.

Pemusatan latihan itu dilakukan sejak 21 November 2022 mendatang. Namun dari nama-nama yang dipanggil oleh pelatih Josep Ferre Ybarz, tidak ada nama-nama abroad.

Pemain abroad itu yang berkarier di Eropa salah satunya adalah Neil Etheridge. Sang pemain saat ini menjadi kiper pelapis di klub kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City.

Meski hanya jadi cadangan dan belum turun di divisi Championship, Neil Etheridge tampaknya tidak akan dipanggil ke timnas Filipina untuk Piala AFF 2022.

Thanawat Suengchitthawon

Sang juara bertahan Timnas Thailand telah merilis daftar skuad yang terdiri dari 24 pemain untuk bertanding di Piala AFF 2022. 

Baca Juga

Pada edisi kali ini, Thailand kehilangan banyak pemain yang menjadi pilar utama dalam tim, terutama ketika mereka juara di edisi sebelumnya 2020.

Hal ini lantaran beberapa pemain menolak untuk bergabung di Piala AFF seperti Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat dan Thanawat Suengchitthawon, yang bermain di luar negeri dipastikan absen.

Baca Juga

Thanawat Suengchitthawon adalah salah satu pemain abroad di timnas Thailand yang saat ini berkarier di Liga Inggris, memperkuat Leicester City U-21.

Sama seperti Elkan Baggott, gelandang berusia 22 tahun itu engga bergabung dengan negaranya.

Sebab Thanawat telah menjadi pilar utama Leicester City U-21. Musim ini, ia telah tampil dalam 36 pertandingan dan membuat 7 gol serta 2 assist di semua ajang.

Baca Juga
FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFNeil EtheridgeTRIVIAElkan BaggottShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini