x

Piala Dunia 2022: Semifinal Lawan Prancis Dinilai Tak Adil, Maroko Layangkan Gugatan ke FIFA

Sabtu, 17 Desember 2022 14:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Maroko melayangkan gugatan ke FIFA terkait dengan keputusan wasit pada laga semifinal kontra Prancis di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM – Maroko melayangkan gugatan ke FIFA terkait dengan keputusan wasit pada laga semifinal kontra Prancis di Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, partai semifinal mempertemukan Prancis vs Maroko yang digelar pada Kamis (15/12/22) di Stadion Al Bayt, Qatar.

Dalam laga tersebut, Maroko harus takluk dari Les Bleus dengan skor 0-2 di mana pencetak gol adalah Theo Hernandez (5’) dan Randal Kolo Muani (79’).

Namun, dalam laga tersebut, wasit yang memimpin yakni Cesar Arturo Ramos mendapat sorotan karena dianggap kurang adil terhadap tim Singa Atlas.

Hakim Ziyech cs mengecam wasit karena seharusnya mereka mendapatakan dua penalti. Namun, Cesar Arturo Ramos menganulir dua pelanggaran di dalam kotak terlarang.

Baca Juga

Terkait dengan kinerja wasit yang merugikan, Asosiasi Sepak Bola Maroko turut melayangkan protes ke FIFA melalui sebuah pernyataan.

“Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko memprotes keras wasit pertandingan Maroko melawan Prancis, yang dipimpin oleh Cesar Ramos,” tulis FA Maroko.

Baca Juga

“Kami menegaskan tidak akan ragu untuk membela tim-tim kami, menyerukan keadilan dan mengambil tindakan terkait dengan ketidakadilan wasit kepada timnas Maroko,” sambungnya.

Selain itu, legenda Manchester United, Rio Ferdinand, yang turut meliput pertandingan menyebutkan, penalti seharusnya diberikan untuk Maroko.

“Saya pikir itu adalah pelanggaran, jadi kenapa itu tidak penalti? Saya pikir keputusan wasit kurang tepat,” ungkap Rio Ferdinand kepada BBC.

Terkait dengan protes FA Maroko kepada FIFA, belum ada tindak lanjut apapun hingga saat ini. Bahkan beberapa penggemar Singa Atlas menginginkan pertandingan untuk diulang.

Baca Juga

1. Maroko Ukir Tinta Emas

Pemain Maroko merayakan keberhasilan mereka maju ke semi final Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

Meski diwarnai oleh keputusan kontroversial wasit yang menganulir dua penalti, Maroko menjadi tim yang kini diperhitungkan setelah melaju hingga babak semifinal.

Achraf Hakimi cs tampil gemilang mulai dari fase grup hingga semifinal. Singa Atlas lolos ke babak 16 besar usai keluar sebagai juara grup dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Di babak 16 besar, Maroko sempat dipandang sebelah mata karena akan melawan tim raksasa, Spanyol. Namun, Walid Regragui berhasil membungkam dengan kemenangan.

Kiper Yassine Bounou tampil menjanjikan di babak adu penalti. Ia berhasil menghalau tiga tendangan dari La Furia Roja, dan memastikan keunggulan timnya dengan skor 0-0 (3-0).

Tak sampai di sini, pada babak perempatfinal, Singa Atlas kembali menghadapi tim kuat, Portugal. Lagi dan lagi, Maroko kalahkan Selecao das Quinas dengan skor 1-0.

Baca Juga

Namun, perjuangan Maroko di partai semifinal Piala Dunia 2022 harus terhenti usai dikalahkan sang juara bertahan Prancis, dengan skor 2-0.

Kendati demikian, Achraf Hakimi dkk berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi tim asal Afrika pertama yang melaju hingga babak semifinal.

Baca Juga

Kandas di babak semifinal, Singa Atlas akan menghadapi Kroasia di perebutan juara ketiga yang akan berlangsung hari ini, Sabtu (17/12/22) pukul 22.00 WIB.

Jika berhasil menang atas Kroasia, Maroko dapat mencetak sejarah luar biasa. Namun, bukan perkara yang mudah, karena Luka Modric cs merupakan tim yang kuat.

Kroasia merupakan tim yang berhasil melaju hingga partai final di Piala Dunia 2018. Namun, Vatreni gagal back to back usai dikalahkan Argentina dengan skor 0-3 di semifinal Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sumber: Daily Mail

PrancisFIFAMarokoPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini