x

Soal Nasib Elkan Baggott di Piala AFF 2022, PSSI Masih Tunggu Keputusan Shin Tae-yong

Sabtu, 17 Desember 2022 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan mencoret lima pemain jelang Piala AFF 2022. Dengan demikian, hanya 23 pemain yang akan berpartisipasi di kejuaraan dua tahunan tersebut.

Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri menjelaskan, Shin Tae-yong akan memberikan pengumuman skuad akhir pada Minggu (18/12/22). Tidak ada lagi perubahan pemain, artinya pemain yang ada saat ini akan jadi andalan di Piala AFF 2022.

"Iya skuad yang dibawa ke Jakarta besok adalah skuad tetap, karena enam jam sebelum MCM pemain itu harus sudah 23," jelas Indra Sjafri.

Informasi tersebut pun menimbulkan pertanyaan akan nasib Elkan Baggott. Pasalnya, pemain blasteran Inggris itu belum juga bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia, meski sudah dipanggil jauh hari.

Kabar terakhir,  Elkan memilih membela klubnya Gillingham FC yang masih bermain di Piala FA dan Carabao Cup.

Baca Juga

Menjawab pertanyaan apakah Elkan Baggott dibawa ke Piala AFF 2022 atau tidak, Indra Sjafri mengatakan hal tersebut sepenuhnya keputusan Shin Tae-yong. PSSI juga masih menunggu jawaban dari juru taktik asal Korea Selatan itu.

"Iya, ini (soal Elkan Baggott) yang lagi didiskusikan oleh coach Shin Tae-yong," ujar Indra Sjafri.

Baca Juga

Lebih lanjut, Indra Sjafri juga memberikan pengertian ke penggemar Timnas yang mempertanyakan kebijakan klub Elkan Baggott ataupun pemain lain yang berkarir di luar negeri.

Dijelaskan Indra Sjafri, Piala AFF 2022 bukan agenda resmi FIFA jadi klub luar berhak menolak panggilan untuk pemain Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Kasus Elkan Baggot Tak Bisa Disamakan dengan Klub Lokal

Indra sjafri dan Shin Tae yong.

Namun, hal yang berkaitan dengan Elkan Baggott itu tentu tidak bisa disamakan pemain yang membela klub Indonesia.

"Ya itu yang saya bilang, klub di luar ya tentu mereka akan saklek dengan regulasi, tetapi masa sih kita klub di dalam negeri dimana klub itu menyiapkan pemain yang itu ujungnya untuk tim nasional," kata Dirtek PSSI.

"Kami memahami itu (kesulitan klub lokal) dan coach Shin Tae-yong juga memahami kesulitan klub, tetapi di satu sisi kita diberikan target untuk bisa menjadi yang terbaik di AFF tahun ini"

Baca Juga

"Kalau klub luar kita samakan dengan klub kita di dalam negeri, tentu tidak akan bisa," imbuh Indra Sjafri.

Meski demikian, Indra Sjafri berharap Shin Tae-yong bisa meyakinkan Elkan Baggott dan klubnya agar sang pemain bisa membantu Timnas Indonesia di laga krusial di Piala AFF 2022.

"Tapi kita lihat saja nanti, apakah coach Shin Tae-yong bisa meyakinkan klub mereka, atau Elkan khususnya untuk bisa bermain di salah satu game yang sangat kita butuhkan," tuntasnya.

Baca Juga

Piala AFF 2022 yang dimainkan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Dari jadwal yang dirilis AFF, laga perdana  Indonesia digelar 23 Desember 2022 melawan Kamboja, lalu dilanjut away ke Brunei pada 26 Desember. Selanjutnya tim Merah Putih menjamu Thailand pada 29 Desember serta away ke Filipina pada 2 Januari 2023.

PSSIIndra SjafriTimnas IndonesiaBola InternasionalElkan BaggottShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini