x

3 Laga 'Derby' Paling Dinantikan di Piala AFF 2022: Ada Timnas Indonesia vs Thailand

Minggu, 18 Desember 2022 15:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Aksi Ricky Kambuaya di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM - Salah salah sorotan yang dinantikan di Piala AFF 2022 adalah persaingan dua negara rival bebuyutan yang bertajuk 'derby', termasuk Timnas Indonesia vs Thailand.

Dua hari setelah pesta Piala Dunia 2022 tuntas, fans sepak bola Indonesia akan menyaksikan tim kesayangan mereka beraksi di turnamen regional Piala AFF 2022.

Turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 23 Desember hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Berdasarkan drawing Piala AFF 2022 yang dilangsungkan pada 30 Agustus 2022 kemarin, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama juara bertahan Thailand.

Drawing ini akan memastikan partai ulangan final Piala AFF 2020 yang digelar tahun lalu. Saat itu, Indonesia asuhan Shin Tae-yong kalah 2-6 dari Thailand secara agregat.

Baca Juga

Adapun tim peserta Grup A lainnya adalah Filipina, Kamboja, serta pemenang kualifikasi Brunei Darussalam yang lolos usai mengalahkan Timor Leste.

Sementara itu, tim terkuat di Asia Tenggara, Vietnam yang akan memimpin persaingan Grip B bersama Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Baca Juga

Melihat sepak terjang lawan-lawan Timnas Indonesia di pertandingan internasional dalam setahun terakhir, persaingan di Piala AFF 2022 jelas akan semakin sengit.

Di antara pertandingan babak penyisihan grup Piala AFF 2022, setidaknya akan ada ada tiga duel bertajuk ‘derby’ sekaligus big match.

Duel ini tidak hanya mempertandingkan kedua tim yang berdekatan lokasinya secara geografis tetapi juga riwayat rivalitas kedua tim di ajang ini. Duel apa sajakah yang dimaksud?

Baca Juga

1. MALAYSIA vs SINGAPURA

Pemain Malaysia saat berhadapan dengan Singapura di Ajang Marine Cup

Malaysia vs Singapura merupakan salah satu derby terbesar di sepak bola Asia Tennggara. Duel bertajuk ‘Derby Causeway’ ini akan menentukan nasib Malaysia dan Singapura.

Seperti diketahui, Malaysia dan Singapura menjadi negara peringkat 2 dan 3 di Asia Tenggara di belakang Vietnam pada Grup B Piala AFF 2022.

Dengan Vietnam sangat difavoritkan untuk lolos ke semifinal sebagai juara Grup, maka posisi kedua kemungkinan akan diperebutkan Malaysia dan Singapura.

Ini menjadi pertemuan kesembilan kedua tim secara keseluruhan, juga yang ketiga di Piala AFF setelah Malaysia dan Singapura terakhir kali bertemu pada 2014 silam.

Kekuatan Malaysia dan Singapura bisa dikatakan sangat berimbang. Dari delapan pertemuan, masing-masing sudah memenangkan tiga di antaranya dan dua kali berakhir seri.

Baca Juga

Laga fase grup Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Singapura akan dimainkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, pada 3 Januari 2023.

THAILAND vs INDONESIA

Thailand dan Timnas Indonesia sejatinya  tidak memiliki kedekatan secara geografis. Namun, kedua negara ini langganan jadi rival sengit ketika sampai di babak akhir Piala AFF.

Bisa dikatakan, Thailand adalah mimpi buruk Timnas Indonesia di sepanjang sejarah Piala AFF. Dua negara ini sudah bertemu sebanyak 11 kali di ajang Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Baca Juga

Di ajang Piala AFF sendiri, Indonesia sudah bertemu 9 kali, dengan 6 di antaranya terjadi di  babak final dan tim Garuda selalu berakhir menjadi runner-up.

Catatan ini menjadikan Thailand sebagai mimpi buruk Timnas Indonesia yang selalu menjadi runner-up dari enam final yang dijalani tanpa sekali pun jadi jawara.

Bukan hanya itu, skuad Garuda juga pernah kalah di semifinal turnamen 2008 melawan Thailand, di mana saat itu pasukan Gajar Perang hanya jadi runner-up usai dikalahkan Vietnam.

Oleh karenanya, pada Piala AFF 2022 kali ini, pasukan Shin Tae-yong mengusung misi mengakhiri kutukan selalu kalah dari Thailand dan pecah telur sebagai juara Asia Tenggara.

Misi ini bakal dijalani oleh Asnawi Mangkualam dan kawan-kawannya dalam pertemuan fase grup Piala AFF 2022 di Jakarta pada 29 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

2. LAOS vs VIETNAM

Situasi pertandingan Thailand melawan Vietnam di Piala AFF 2020

Dua negara Asia Tenggara bagian utara ini hanya dibatasi daratan yang membentang sekitar 2.100 kilometer dan sudah berhubungan baik secara sosial, budaya dan politik

Namun di kancah sepak bola, Laos dan Vietnam menjadi dua negara yang bermusuhan. Rivalitas itu terlihat saat pertemuan Vietnam menggasak Laos dengan skor 3-0 pada Piala AFF 2018.

Secara keseluruhan, Vietnam dan Laos sudah bertemu sembilan kali dari Piala AFF. Namun kekuatan Vietnam dan Laos sejauh ini sangatlah timpang.

Delapan pertemuan di antaranya selalu berhasil dimenangkan oleh Vietnam, meski di pertemuan pertama kedua tim pada 1996 Laos mampu mengimbangi Vietnam dengan skor 1-1.

Nah, di Piala AFF 2022, akankah Vietnam melanjutkan dominasi mereka atas Laos saat keduanya bertemu di babak penyisihan grup yang akan berlangsung di Vientiane pada 21 Desember mendatang?

MalaysiaVietnamThailandSingapuraLaosTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIAPiala AFF 2022

Berita Terkini