x

3 Negara dengan Skuad Termurah di Piala AFF 2022: Ada yang Lama Tak Tampil

Senin, 19 Desember 2022 20:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini esok hari, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini mulai esok hari, Selasa (20/12/22).

Ya, perhelatan Piala AFF 2022 memang sudah di depan mata. Sebanyak sepuluh tim yang telah dibagi menjadi dua grup masih terus mematangkan persiapan hingga kick-off laga perdana mereka dimulai.

Di edisi kali ini, ada cukup banyak tim yang mengusung misi besar jadi juara dengan latar belakang yang berbeda.

Timnas Indonesia ingin memperbaiki hasil setelah di edisi lalu menuntaskan perjuangan dengan status runner-up.

Thailand akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan gelar, Vietnam ingin memberi perpisahan manis bagi Park Hang-seo, dan Brunei akan menjajal comeback setelah absen lama dari turnamen.

Baca Juga

Untuk mewujudkan berbagai misi dan cita-cita itu, tentunya dibutuhkan materi pemain dan skuad yang mumpuni.

Namun tidak semua timnas peserta Piala AFF 2022 ‘kaya raya’ atau berisikan pemain-pemain bernilai tinggi.

Baca Juga

Berdasarkan data Transfermarkt, Timnas Indonesia berada di daftar teratas skuad termahal di Piala AFF 2022.

Skuad Garuda diklaim memiliki pemain-pemain dengan harga pasar tertinggi, yang menyentuh angka 9,3 juta euro atau sekitar Rp151,4 miliar.

Menyusul di bawahnya, ada Vietnam di angka 7,45 juta euro atau kurang lebih Rp123 miliar; dilanjut Thailand dengan 6,15 juta euro alias Rp101,6 miliar.

Baca Juga

1. Negara Mana yang Punya Skuad Termurah di Piala AFF 2022?

Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini esok hari, Selasa (20/12/22).

Jika melihat tiga daftar teratas, rasanya tidak mengherankan karena Timnas Indonesia, Vietnam, dan Thailand adalah tim-tim favorit yang sudah punya nama besar di Asia Tenggara.

Keberadaan mereka dengan skuad berisikan pemain-pemain mahal akan jadi tontonan menarik di Piala AFF 2022.

Namun jika bicara skuad termahal, nampaknya tidak lengkap apabila tidak sekalian membahas versi termurahnya. Penasaran siapa mereka?

Laos

Masih dari laporan yang sama, Timnas Laos menduduki peringkat kedelapan untuk kategori skuad termahal di Piala AFF 2022.

Dengan kata lain, jika dibalik, tim ini ada di peringkat ketiga skuad termurah Piala AFF. Nilai pemain-pemain yang mereka miliki kabarnya menyentuh 1,84 juta euro atau sekitar Rp30,4 miliar.

Baca Juga

Sepak terjang Timnas Laos sendiri di Piala AFF juga tidak terlalu gemilang, termasuk di edisi lalu ketika mereka hanya bisa melaju sampai fase grup.

Pemain termahal mereka adalah Billy Ketkeophomphone yang bernilai 350 ribu euro (sekitar Rp6,6 miliar).

Baca Juga

Ia merupakan striker keturunan Prancis-Laos yang belum lama ini terdaftar sebagai pemain klub Liga Malaysia, Sri Pahang.

Di Piala AFF 2022, Timnas Laos berada di Grup B.

Mereka dijadwalkan berjumpa Vietnam pada 21 Desember, lalu Malaysia 24 Desember, Singapura 27 Desember, dan Myanmar 30 Desember.

Baca Juga

2. Kamboja dan Brunei

Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini esok hari, Selasa (20/12/22).

Kamboja

Selanjutnya, ada Timnas Kamboja yang bernilai sedikit di bawah Laos yakni 1,57 juta euro atau kurang lebih Rp25,9 miliar.

Mereka mengantongi pemain-pemain termahal di angka 125 ribu euro (Rp2,06 miliar): Keo Sokpheng, Sieng Chanthea, Boris Kok, dan Mat Noron.

Keempatnya saat ini bermain untuk klub lokal di Liga Kamboja. Skuad Angkor Warriors akan memulai perjalanan mereka di Piala AFF 2022 dengan melawan tim-tim di Grup A.

Mereka dijadwalkan berjumpa Filipina pada 20 Desember, Indonesia 23 Desember, kemudian Brunei 29 Desember, dan Thailand 2 Januari tahun depan.

Brunei

Di peringkat terbawah skuad termahal alias peringkat teratas skuad termurah di Piala AFF 2022 ada Timnas Brunei.

Baca Juga

Sepak bola Brunei sudah absen cukup lama di kompetisi AFF, termasuk saat mengundurkan diri di edisi 2020 lalu karena pandemi Covid-19.

Namun kini mereka mencoba bangkit, dengan berbenah di banyak sektor termasuk mendatangkan pelatih asal Spanyol, Mario Rivera.

Oleh sebab itu, rasanya tidak mengherankan apabila Timnas Brunei untuk saat ini memiliki skuad yang paling murah di antara kontestan Piala AFF 2022 lainnya.

Baca Juga

Mereka diklaim mengantongi skuad bernilai 1,23 jura euro atau sekitar Rp20,3 miliar dengan pemain termahal ada di angka yang sama seperti Kamboja (Rp2,06 miliar).

Ia adalah Haimie Abdullah Nyaring, kiper yang bermain untuk klub sepak bola Brunei, Duli Pengiran Muda Mahkota alias DPMM FC.

Timnas Brunei berada di Grup A Piala AFF 2022. Mereka akan bersua Thailand pada 20 Desember, lalu Filipina 23 Desember, dilanjut Timnas Indonesia pada 26 Desember, dan Kamboja 29 Desember. 

Baca Juga

Sumber: Transfermarkt

Brunei DarussalamKambojaLaosPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini