x

Profil Tim Piala AFF 2022: Filipina, Batu Sandungan yang Bakal Sulitkan Timnas Indonesia

Kamis, 15 Desember 2022 17:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Filipina. (Foto: Instagram@theazkalsph)

INDOSPORT.COM – Timnas Filipina menjadi salah satu kontestan Piala AFF 2022 yang tergabung di grup A. Akankah The Azkals jadi batu sandungan Timnas Indonesia kelak?

Dalam hitungan hari saja, sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan dengan ajang dua tahunan bergengsi bertajuk Piala AFF 2022.

Ajang ini dijadwalkan akan bergulir terhitung dari tanggal 20 Desember 2022 dan akan berakhir pada tanggal 16 Januari 2023 mendatang.

Total ada 10 kontestan yang akan bertanding di ajang ini. 10 kontestan ini telah terbagi dalam dua grup dan akan bertarung untuk menembus fase gugur.

Dua finalis edisi sebelumnya atau Piala AFF 2020 lalu, yakni Thailand dan Timnas Indonesia, berada dalam satu grup, yakni di grup A.

Baca Juga

Di grup A Piala AFF 2022 ini, Thailand dan Timnas Indonesia akan bersaing dengan Filipina, Kamboja, dan juga pendatang baru yang telah lama absen, yakni Brunei Darussalam.

Melihat daftar negara di grup A ini, Thailand dan Timnas Indonesia dijagokan akan lolos sebagai juara dan runner up grup sehingga melaju ke semifinal.

Baca Juga

Prediksi ini lahir dari status keduanya sebagai finalis musim sebelumnya dan kualitas serta materi pemain yang dimiliki kedua tim.

Meski demikian, Thailand dan Timnas Indonesia tetap wajib berhati-hati akan tiga lawan lainnya di grup A yang bisa saja memberi kejutan, salah satunya adalah Filipina.

INDOSPORT pun akan mencoba mengupas profil Filipina yang berpotensi menjadi batu sandungan Timnas Indonesia di grup A Piala AFF 2022 mendatang.

Baca Juga

1. Skuad Filipina

Timnas Filipina. (Foto: Instagram@theazkalsph)

Di Piala AFF 2022 ini, Filipina telah mempersiapkan diri secara matang sejak jauh-jauh hari. Persiapan ini terlihat dari pelatih dan pemain yang dibawa.

Untuk pelatih, Filipina mengambil keputusan merekrut pelatih baru, yakni Josep Ferre Ybarz yang merupakan pelatih muda berpengalaman.

Pelatih berusia 39 tahun ini dikenal punya pengalaman melatih di Asia. Tercatat, ia pernah melatih di Thailand dan juga India.

Selain itu, pria yang akrab disapa Cuco ini juga punya pengalaman mentereng, yakni pernah melatih Akademi Barcelona semasa masih di Spanyol.

Sedangkan untuk daftar pemainnya, Filipina memanggil 46 nama yang telah dirampingkan menjadi 23 nama dalam laga uji coba terakhirnya melawan Vietnam

Baca Juga

Dari 23 nama yang kemungkinan dibawa ke Piala AFF 2022 ini, terdapat nama-nama pemain naturalisasi yang punya pengalaman membela negara lain atau bahkan bermain di kompetisi luar negeri.

Skuad Filipina

Kiper: Kevin Ray Mendoza, Anthony Pinthus, Julian Schwarzer

Bek: Jefferson Tabinas, Christian Rontini, Amani Aguinaldo, Kamil Amirul, Simen Lyngbo, Audie Menzi, Paul Tabinas, Yrick Gallantes.

Baca Juga

Gelandang: Jesus Melliza, Harry Nunez, Sandro Reyes, Stephan Schrock, Oliver Bias, Hikaru Minegishi, Kenshiro Daniels, Arnel Amita, Pocholo Bugas.

Penyerang: Jarvey Gayoso, Mark Hartmann, Sebastian Rasmunssen


2. Pemain Bintang: Stephan Schrock

Bintang Timnas Filipina Stephan Schrock ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Untuk Piala AFF 2022 ini, Filipina akan mengandalkan gelandang veteran Stephan Schrock yang punya pengalaman di level internasional.

Pemain berusia 36 tahun ini bukanlah nama asing di sepak bola Asia Tenggara. Sebab, dirinya telah bermain di tiga edisi Piala AFF.

Selain punya pengalaman di kancah Asia Tenggara, Schrock juga punya pengalaman merumput di luar negeri, tepatnya di Jerman.

Diketahui, ia pernah membela Greuther Furth dan juga Eintracht Frankfurt. Bahkan, Schrock juga pernah membela Timnas Jerman U-18 hingga U-20.

Di musim ini, Schrock menjadi andalan bagi timnya, ADT, dan diproyeksikan sebagai kapten bagi Filipina di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Jadwal Pertandingan Timnas Filipina di Piala AFF 2022

20 Desember 2022

Kamboja vs Filipina (Stadion Morodok Techno National)

23 Desember 2022

Filipina vs Brunei Darussalam (Stadion Rizal Memorial)

Baca Juga

26 Desember 2022

Thailand vs Filipina (Stadion Thammasat)

2 Januari 2023

Filipina vs Indonesia (Stadion Rizal Memorial)

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalprofilStephan SchrockOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini