x

Rekomendasi Shin Tae-yong, PSSI Tunjuk Nova Arianto Tangani Timnas SEA Games 2023

Senin, 19 Desember 2022 14:31 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Asisten pelatih Nova Arianto terlihat melakukan push up disela-sela latihan tendangan penalti pemain Timnas U-22.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sedikit memberikan bocoran terkait pengisi jabatan pelatih timnas Indonesia di SEA Games 2023.

Iriawan mengisyaratkan bahwa kursi pelatih timnas Indonesia di SEA Games tahun depan akan diamanatkan kepada Nova Arianto.

Belum diumumkan secara resmi oleh PSSI memang, namun nama Nova menjadi salah satu opsi yang disiapkan. Semua ini berdasarkan rekomendasi dari Shin Tae-yong.

Sekadar mengingatkan, tahun depan Shin Tae-yong akan fokus menangani timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2023. Dengan begitu, Nova Arianto bakal menjadi perpanjangan tangan dari STY di skuat SEA Games.

Baca Juga

"Kemarin baru didiskusikan di Bali dengan Shin Tae-yong. Dia akan menunjuk asisten, tapi tetap di bawah kendalinya," kata Mochamad Iriawan di Jakarta.

Memang mustahil Shin Tae-yong memegang semua kelompok umur timnas Indonesia. Dia Shin Tae-yong memiliki banyak pekerjaan, termasuk menangani timnas senior, selain Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Melihat jadwal yang begitu padat, Shin Tae-yong dianggap tak mungkin untuk menangani dua kelompok timnas itu secara bersamaan. Karenanya, tanggung jawab memimpin tim di SEA Games 2023 diberikan kepada orang lain.

"Karena yang bersangkutan dipekerjakan dari mulai U-20 sampai senior sehingga mungkin nanti yang U-23 diberikan," jelas Mochamad Iriawan.

Baca Juga

1. Rapat Exco Dulu

TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

Tetapi, Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, menegaskan hal ini belum final. Sebab, PSSI akan menggelar rapat Exco terlebih dulu untuk penunjukkan Nova.

Baca Juga

"Bocoran kemarin akan diserahkan ke Nova (Arianto), tapi kami belum memutuskan. Nanti akan ada rapat Exco (Komite Eksekutif). Itu (Nova Arianto) yang terakhir dkdiskusikan di Bali," pungkas Mochamad Iriawan.

Baca Juga

Adapun SEA Games 2023 berlangsung pada 5-17 Mei mendatang. Sementara Piala Dunia U-20 bakal bergulir pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

SEA GamesNova AriantoTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaBola IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini