x

Termasuk Wonderkid Andalan Timnas Indonesia, 4 Pemain Jebolan Eropa di Piala AFF 2022

Selasa, 20 Desember 2022 12:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Witan Sulaeman menbobol gawang Singapura pada laga Piala AFF 2020 semifinal leg 1

INDOSPORT.COM – Ajang Piala AFF 2022 tak hanya didominasi pemain yang berkompetisi di Asia saja. Ada beberapa bintang yang ternyata juga bermain di level Eropa.

Piala AFF 2022 akan segera bergulir. Ajang dua tahunan ini dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Di ajang ini, terdapat 10 negara kontestan yang akan bersaing memperebutkan gelar juara dan menjadi tim terbaik se Asia Tenggara.

10 negara kontestan ini pun akan terlebih dulu bersaing di fase grup, di mana AFF selaku penyelenggara telah membagi seluruh kontestan dalam dua grup.

10 negara kontestan itu telah terbagi ke dua grup, yakni grup A dan grup B. Masing-masing grup pun akan berisikan lima negara.

Baca Juga

Di grup A, Timnas Indonesia akan berada dalam satu grup dengan rivalnya, yakni Thailand, dan juga Filipina, Kamboja, serta Brunei Darussalam.

Lalu di grup B yang menjadi grup neraka di Piala AFF 2022 ini berisikan tim kuat seperti Vietnam, Singapura, Malaysia, Laos, dan Myanmar.

Baca Juga

Jelang menyambut ajang ini, setiap negara kontestan pun telah memilih daftar pemain yang akan diandalkannya pada gelaran ini.

Mayoritas pemain yang dipanggil di Piala AFF 2022 ini adalah pemain yang bermain di Asia, dengan jumlah 97,83 persen atau 225 pemain.

Sedangkan dari luar zona Asia, hanya ada empat pemain yang bermain di Eropa. Siapa saja pemain jebolan Eropa yang akan unjuk gigi di Piala AFF 2022?

Baca Juga

1. Wonderkid Indonesia

Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman menjadi salah satu pemain yang bermain di Eropa dan akan unjuk gigi di Piala AFF 2022 ini bersama Timnas Indonesia.

Pemain berusia 21 tahun itu saat ini berstatus penggawa tim kasta teratas Liga Slovakia atau Fortuna Liga, yakni AS Trencin terhitung sejak Agustus 2022 lalu.

Sejak bergabung pada Agustus lalu, eks PSIM Yogyakarta ini telah tampil sebanyak 14 kali bagi AS Trencin, dengan sumbangan empat gol.

Torehannya itu pun akan coba diteruskannya di Piala AFF 2022 ini bersama Timnas Indonesia. Apalagi, ajang ini akan menjadi ajang kedua dalam kariernya.

Di Piala AFF 2020 lalu, Witan menjadi andalan Timnas Indonesia dengan sumbangan dua gol dan lima assist yang membuatnya menjadi pemain paling berbahaya di kubu skuad Garuda.

Baca Juga

2. Ilhan Fandi

Dari grup B, ada Singapura yang juga akan diperkuat pemain yang bermain di Eropa. Pemain yang dimaksud adalah sang penyerang muda, Ilhan Fandi.

Putra dari legenda sepak bola Singapura, Fandi Ahmad, itu saat ini tercatat bermain di Belgia, bersama tim kasta kedua, yakni KMSK Deinze.

Baca Juga

Pemain berusia 20 tahun ini baru bergabung KMSK Deinze pada Januari 2023 mendatang setelah dilepas oleh Albirex Niigata.

Meski musim ini tak bermain di Eropa, Ilhan Fandi punya pengalaman mumpuni di mana ia sempat menimba ilmu di Inggris bersama i2i Academy.

Di musim ini, ketajaman Ilhan Fandi tak bisa dipandang remeh. Ia mampu mencetak total 18 gol dari 24 penampilan bersama Albirex Niigata.

Baca Juga

2. Ada Messi Vietnam

Nguyen Quang Hai, bintang Timnas Vietnam

3. Nguyen Quang Hai

Bergeser ke Vietnam, ada nama bintang andalan The Golden Stars yang akan unjuk gigi di Piala AFF 2022 ini. Sosok tersebut adalah Nguyen Quang Hai.

Nguyen Quang Hai sendiri merupakan satu-satunya pemain Vietnam yang berkarier di Eropa. Saat ini ia tercatat bermain di tim kasta kedua Prancis, yakni Pau FC.

Pemain berusia 25 tahun itu bergabung Pau FC terhitung sejak Juli 2022 lalu. Tercatat, ia telah tampil sebanyak 11 kali dengan sumbangan satu gol.

Kendati Piala AFF 2022 bukanlah agenda FIFA, pemain berjuluk Messi Vietnam itu tetap memilih bergabung demi membawa negaranya menjadi juara.

Pengalamannya dan kiprahnya ini membuat Nguyen Quang Hai menjadi pemain yang paling ditakuti oleh banyak lawan, termasuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

4. Sebastian Rasmussen

Filipina dikenal sebagai negara yang aktif memboyong pemain keturunan di Eropa. Di Piala AFF 2022 ini, The Azkals membawa Sebastian Rasmussen yang bermain di Denmark.

Pemain berusia 20 tahun ini diketahui bermain di Denmark bersama klub Randers Freja III. Ia bergabung klub ini sejak 2021 lalu.

Baca Juga

Sebelum bergabung Randers Freja III, Rasmussen pernah bermain di akademi tim Denmark lainnya, yakni Aarhus GF U-19.

Pemain yang bisa berposisi sebagai bek kiri dan penyerang tengah ini pun diharapkan menjadi andalan Filipina di Piala AFF 2022 ini.

Apalagi ia punya pengalaman merumput di liga Denmark dengan jumlah 13 penampilan di ajang resmi selama bermain di level akademi.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Witan SulaemanNguyen Quang HaiOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini