x

Dapat Kepercayaan dari Shin Tae-yong di Piala AFF 2022, Begini Janji Manis Spasojevic

Rabu, 21 Desember 2022 16:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Striker Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic sangat antusias jelang laga perdana Piala AFF 2022 lawan Kamboja, Jumat (23/12/22) di GBK. (Foto: Bali United)

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic sangat antusias jelang laga perdana Piala AFF 2022 lawan Kamboja, Jumat (23/12/22) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Ini akan jadi penampilan perdana bagi Spaso di kejuaraan dua tahuan itu. 

Spaso dipanggil ikut Piala AFF 2022 setelah striker utama Timnas Indonesia, Dimas Drajad, terpaksa ditinggalkan karena alami cedera.

Spaso sudah bergabung dalam pemusatan latihan Timnas sejak di Bali. Karenanya, dia mengatakan adaptasi dengan rekan setim dan gaya permainan pelatih Shin Tae-yong sudah berjalan baik.

"Ya saya akan mengikuti turnamen resmi dengan timnas, jadi saya sangat senang. Kami semua kerja keras beberapa minggu dan saya optimis untuk pertandingan pertama," ujarnya.

Spaso menilai, Kamboja tak bisa dianggap enteng. Sejak ditangani eks Timnas Jepang, Keisuke Honda sepak bola negara tetangga itu berkembang pesat.

Baca Juga

Teranyar, Kamboja menang dengan skor 3-2 atas Filipina di laga pertama Grup A Piala AFF 2022.

Namun, Indonesia punya skuad terbaik yang merupakan kombinasi pemain muda dan senior. Belum lagi ada beberapa nama tambahan sarat pengalaman di sepak bola Eropa seperti Jordi Amat, Marc Klok dan lainnya.

Baca Juga

"Saya lihat tim kita sangat kuat, semua pemain sangat berkualitas. Ada pemain muda, ada pemain berpengalaman dan saya pikir kami sangat kompak, semua kerja sangat keras, latihan pagi sore setiap hari," tuturnya 

"Saya optimis kami akan memenangkan pertandingan tapi tentu saja kita sangat respek kepada timnas Kamboja," tambah Spaso.

Lebih lanjut, pemain Bali United itu menegaskan tidak terbebani dengan target juara yang digaungkan PSSI dan masyarakat. Spaso berjanji akan berikan penampilan terbaik.

Baca Juga

1. Bayar Kepercayaan Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

Spaso ingin membayar kepercayaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Meski berusia 35 tahun, pemain kelahiran Montenegro tersebut mau membuktikan ketajamannya belum habis.

"Saya udah umur 35 jadi sudah cukup berpengalaman dan juga di liga kita sangat banyak pressure. Tekanan  di mana pun kita main, pasti ada tekanan. Jadi saya sudah biasa dengan tekanan," ujarnya.

"Saya senang dengan coach Shin (Tae-yong) panggil saya lagi, kasih kesempatan kedua. Kemarin coach Shin sudah bicara dan saya mengubah mindset dan naikin kondisi fisik, serta mental. Saya berharap akan memenuhi ekpektasi coach Shin dan seluruh masyarakat Indonesia," lanjut Spaso.

Pemain naturalisasi tersebut tak menargetkan berapa gol di Piala AFF 2022. Spaso hanya ingin membantu Timnas Indonesia raih kemenangan di tiap pertandingan dan bisa bawa pulang trofi juara. 

Baca Juga

"Chemistry kami (pemain) semua berjalan lancar. Jadi kami sudah main beberapa internal game, ada banyak gol, banyak aksi-aksi cantik dan bagus. Jadi saya sangat optimis karena ada banyak pemain bagus di setiap lini, belakang, tengah dan juga di depan," ujar eks Mitra Kukar itu.

"Saya tidak (ada) target pribadi, yang penting kami semua kerja keras untuk membawa gelar untuk masyarakat Indonesia," ujar Spaso.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergantung di Grup A. Selain Kamboja, lawan yang dihadapi adalah Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam.

Selain Spasojevic, ada dua pemain naturalisasi lain yang juga dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Keduanya adalah Marc Klok dan Jordi Amat. 

Baca Juga
PSSIIlija SpasojevicTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini