x

Piala AFF 2022: Media Vietnam Terheran-heran dengan Jenis Rumput 'Aneh' di Stadion Laos

Rabu, 21 Desember 2022 15:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Kompetisi Piala AFF 2022 baru saja dihelat dengan sistem home away, media Vietnam dibuat heran dengan jenis rumput yang tak biasa di Stadion Laos.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Piala AFF 2022 baru saja dihelat dengan sistem home away. Media Vietnam dibuat heran dengan jenis rumput yang tak biasa di Stadion Laos.

Timmas Vietnam bertandang ke markas Laos dan menjalani laga perdana Piala AFF 2022 pada Rabu (21/12/22) malam ini, pukul 19.30 WIB, di New Laos National Stadium.

Kata 'New' menjelaskan bahwa stadion terbesar di Laos ini baru saja direnovasi dan tentu memiliki beberapa pembaharuan.

Alhasil, media Vietnam, Bongda, membuat headline fantastis setelah melihat sisi unik dari penampilan Laos National Stadium. 

"Tim Vietnam Bermain di Lapangan dengan 2 Jenis Rumput," tertulis di headline artikel yang diterbitkan Bongda pada Rabu (21/12/22).

Baca Juga

Seperti biasa, sebelum pertandingan resmi Piala AFF 2022, kedua tim menjajal official training di lapangan yang akan digunakan bertanding, demikian pula Timnas Vietnam.

Lewat dokumentasi yang diunggah Zing.vn, media Bongda menuliskan beberapa hal unik yang ada di Laos National Stadium.

"Stadion Nasional Laos telah meningkatkan beberapa hal wajib untuk menggelar Piala AFF 2022, termasuk harus menanam dua jenis rumput untuk kompetisi," tulisnya.

Baca Juga

"Timnas Vietnam menjajal lapangan selama 60 menit pada 20 Desember malam, dan yang spesial adalah mereka akan bermain di lapangan dengan dua jenis rumput."

Sebagian besar area lapangan adalah rumput Bermuda yang telah dipakai oleh banyak lapangan di V.League musim lalu."

"Selain itu, banyak petak-petak rerumputan ginger leaf diselingi di banyak tempat untuk mengisi kekosongan," ulas media Bongda.

Baca Juga

1. Laos Berbenah demi Piala AFF 2022

Skuad Timnas Laos

Pengelola New Laos National Stadium mungkin berharap dengan tambal sulam rumput dapat membuat lapangan lebih datar dan terlihat mewah kehijauan.

Namun, menurut media Vietnam, Bongda, penggunaan dua jenis rumput membuat pemain bisa saja hilang konsentrasi di lapangan.

"Secara kasat mata, lapangan bermain terlihat cukup bagus dan datar. Namun, dua jenis rumput akan membuat pemain yang lari di lapangan terasa berbeda," ulasnya.

Sementara itu, beberapa perbaikan fasilitas New Laos National Stadium membuat media Vietnam terkesan dengan kesiapan Laos.

"Laos telah meningkatkan lampu LED berdaya tinggi di empat pilar di sekeliling halaman. Mereka juga mengganti lampu LED di sepanjang dua stand A dan B."

Baca Juga

"Seorang pejabat Federasi Sepak Bola Laos mengatakan mereka harus meningkatkan (lampu LED) untuk memenuhi standar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Khususnya di Piala AFF 2022, laga Laos vs Vietnam akan digelar pada malam hari, mulai pukul 18.30 WIB, sehingga perlu pencahayaan yang sesuai standar.

Baca Juga

"Dalam sesi official training bersama pemain, pelatih Park Hang-seo mengakui cahayanya cukup bagus," tulis Bongda lagi.

Meski banyak peningkatan signifikan, tetapi media Bongda juga menuliskan beberapa kekurangan New Laos National Stadium, seperti tribun yang belum dibersihkan. 

"Pihak penyelenggara mencoba mengubah banyak hal dibanding Piala AFF 2018. Tapi karena lapangan jarang digunakan, 25.000 tempat duduk tersebut masih berdebu." tulis media Vietnam jelang pertemuan Laos vs Vietnam di Piala AFF 2022. 

Baca Juga
VietnamLaosStadionPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamPiala AFF 2022

Berita Terkini