x

5 Bintang Chelsea yang Jadi Andalan Negaranya di Piala Dunia 2022

Kamis, 22 Desember 2022 00:16 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Maroko Hakim Ziyech berduel dengan pemain Kroasia Mateo Kovacic di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM - Chelsea menjadi salah satu klub yang menyumbang banyak pemain ke Piala Dunia 2022. Tapi, hanya beberapa yang jadi andalan negaranya, siapa saja?

Jelang Piala Dunia 2022, Transfermarkt mencatat sebanyak 12 pemain dari Chelsea berangkat memenuhi panggilan negaranya ke Qatar. 

Baca Juga

Termasuk tiga pemain yang membela Inggris di Piala Dunia 2022, seperti Mason Mount, Raheem Sterling dan Conor Gallagher. 

Meski memang Raheem Sterling harus pulang lebih dulu karena ingin bersama keluarganya usai rumahnya mengalami perampokan. 

Sebenarnya, tidak semua pemain Chelsea yang berangkat ke Piala Dunia 2022, mendapat menit bermain yang banyak. 

Baca Juga

Bahkan untuk melaju jauh hingga ke final, The Blues menjadi salah satu klub raksasa yang absen menyumbang pemain. 

Mungkin hanya Mateo Kovacic dari Kroasia dan Hakim Ziyech dari Maroko yang bisa mengharumkan nama Chelsea, karena negaranya melaju hingga semifinal. 

Bahkan kedua pemain Chelsea tersebut harus saling sikut di pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

Yang mana, Kroasia berhasil menaklukkan Maroko dengan skor 2-1 berkat gol-gol dari Josko Gvardiol dan Mislav Orsic. 

Lalu bagaimana penampilan para pemain Chelsea di Piala Dunia 2022? Berikut 5 pemain The Blues dengan menit bermain terbanyak di Qatar. 


1. 5. Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly dari Senegal di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Kalidou Koulibaly merupakan bek anyar yang diboyong Chelsea di musim panas 2022 kemarin. Dia kembali memperkuat Senegal di Piala Dunia 2022 kemarin. 

Bahkan eks Napoli itu menjabat sebagai kapten tim ketika berhasil mengantarkan negaranya ke babak 16 besar. Tapi sayang, Senegal tersingkir oleh Inggris. 

Baca Juga

Koulibaly sendiri starter empat pertandingan dengan catatan 360 menit bermain selama membela Senegal di Qatar. 

4. Edouard Mendy

Meski tersingkir ketika Graham Potter menggantikan Thomas Tuchel, Edouard Mendy masih belum tergantikan di skuat Senegal. 

Dia pun menjadi kiper pilihan pertama Senegal selama tampil di Qatar. Dengan mencatatkan empat penampilan sebagai starter hingga babak 16 besar. 

Baca Juga

Mendy pun selalu bermain penuh 90 menit untuk Senegal yang berarti dia juga mencatat 360 menit sepanjang Piala Dunia 2022. 

Belum diketahui, kepercayaan Senegal pada Mendy apakah akan menarik perhatian Potter di Chelsea atau tidak. Menarik untuk dilihat. 

3. Thiago Silva

Selanjutnya adalah Thiago Silva, bek veteran yang sampai sekarang masih dipercaya oleh manajemen Chelsea. 

Baca Juga

Tidak hanya di level klub, Brasil juga masih mengandalkannya di lini pertahanan sepanjang Piala Dunia 2022 bergulir. 

Tercatat tampil empat pertandingan di Piala Dunia 2022, Silva sudah mencatat 390 menit bermain hingga Brasil disingkirkan Kroasia pada perempatfinal kemarin. 


2. 2. Hakim Ziyech

Pemain bintang Maroko, Hakim Ziyech (tengah) dijaga ketat oleh pemain Spanyol, Dani Olmo (kanan) dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay).

Seperti Mendy, Hakim Ziyech yang terpinggirkan di skuat Chelsea, menjadi andalan Maroko yang mengejutkan di Piala Dunia 2022. 

Bahkan bisa dibilang performa Ziyech yang menjadi salah satu faktor Maroko mampu mencapai semifinal Piala Dunia. 

Gelandang berusia 29 tahun ini sudah mencatat 638 menit tampil di atas lapangan selama membela negaranya di Qatar. 

Baca Juga

1. Mateo Kovacic

Mateo Kovacic sudah membela Chelsea sejak 2018, meski tidak selalu jadi andalan di lini tengah. Namun di tim nasional, Kroasia masih selalu menaruh kepercayaan kepadanya. 

Seperti di Piala Dunia 2022, dia sangat sering diturunkan sejak menit pertama. Total, eks Inter Milan itu sudah mencatat 7 laga selama Kroasia manggung di Qatar. 

Dari 7 laga tersebut, Kovacic mampu mencatat 639 menit di Piala Dunia 2022 kemarin. Tapi sayang, negaranya harus puas hanya duduk di tempat ketiga turnamen ini.

Thiago SilvaMateo KovacicChelseaPiala Dunia 2022Kalidou KoulibalyHakim ZiyechEdouard Mendy

Berita Terkini