x

3 Fakta Mengejutkan Jelang Laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022

Jumat, 23 Desember 2022 12:24 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja (AFF Cup 2022).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akhirnya bakal menjalani pertandingan perdana Grup A Piala AFF 2022, dengan bersua Kamboja pada Jumat (23/12/22) sore WIB.

Pertandingan Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Kamboja bakal tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pukul 16.30 WIB.

Sebelum bersua Timnas Indonesia, Kamboja sudah lebih dulu menjalani laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Mereka secara mengejutkan mampu mengalahkan Filipina dengan skor 3-2.

Namun pasukan Keisuke Honda kini hanya duduk di posisi kedua karena kalah agregat gol dari Thailand yang berhasil menang 5-0 atas Brunei Darussalam.

Meski Kamboja sukses meraih kemenangan atas Filipina, Timnas Indonesia tetap diprediksi bisa mendulang poin sempurna.

Baca Juga

Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong bermain di depan ribuan suporter. Sebelumnya, PSSI telah mengkonformasi kalau duel tersebut telah mendapatkan izin dari pihak kepolisian Republik Indonesia.

Namun, merujuk pada surat izin dengan Nomor: SI/430/XII/YAN.2.1./2022/BAINTELKAM tanggal 18 Desember 2022, penonton bisa hadir hanya berjumlah terbatas.

Baca Juga

Penjualan tiket Indonesia vs Kamboja sendiri hanya diberikan kuota 25 ribu saja. Tapi untuk duel melawan Thailand, PSSI memberikan kuota 40 ribu tiket.

Selain hal tersebut, masih ada beberapa fakta menarik lainnya jelang pertandingan perdana Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Selalu Menang atas Kamboja

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Sepanjang gelaran Piala AFF, Timnas Indonesia tercatat pernah sudah melawan Kamboja sebanyak lima kali. Dari pertemuan tersebut, Skuat Garuda senior selalu memenangkan pertandingan.

Bila ditotal dalam lima pertemuan terakhir di Piala AFF, Timnas Indonesia sukses mencetak 23 gol dan hanya kebobolan sebanyak 4 kali.

Pada pertemuan pertama di Piala AFF edisi 1996 silam, Timnas Indonesia sukses membekuk Kamboja dengan skor telak 3-0.

Kemudian di pertemuan terakhir di Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia berhasil menang atas Kamboja dengan skor 4-2 dalam turnamen yang digelar di Singapura.

Baca Juga

Sementara itu, kemenangan terbesar Timnas Indoneisia atas Kamboja terjadi di Piala AFF edisi 2004 silam. Saat itu Skuat Garuda sukses pesta delapan gol tanpa balas.

Berpotensi Ada Pemain Timnas yang Bisa Cetak Hattrick

Dalam sejarah lima kali pertemuan Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF, pernah ada tiga pemain Garuda yang sukses mencetak hattrick.

Baca Juga

Pemain tersebut di antaranya Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas dan Ilham Jaya Kesuma. Bepe mencetak hattrick pada Piala AFF edisi 2002 silam.

Sementara itu, Ilham Jaya Kesuma dan Budi Sudarsono masing-masing pada edisi 2004 dan 2008 silam. Lantas, apakah ada pemain Timnas Indonesia era sekarang yang mampu meneruskan catatan mereka?

Baca Juga

2. Bepe Menjadi Top Skor Timnas Indonesia saat Melawan Kamboja

Dua striker legendaris Timnas Indonesia, Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Sepanjang bersua di Piala AFF, Timnas Indonesia telah membuat 23 gol ke gawang Kamboja. Gol-gol dicetak oleh sebanyak 12 pemain dari era Kurniawan Dwi Yulianto hingga Ramai Rumakiek pada 2020 lalu.

Namun, legenda Persija Jakarta yakni Bambang Pamungkas menjadi yang terbanyak dengan catatan empat gol. Rinciannya yakni tiga gol pada 2002 dan satu gol pada 2008 silam.

Di bawah Bambang Pamungkas, ada tiga pemain yang sama-sama mencetak tiga gol ke gawang Kamboja. Mereka yaitu Kurniawan Dwi Yulianto, Ilham Jaya Kesuma, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Brunei DarussalamThailandKambojaKeisuke HondaFilipinaStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Timnas IndonesiaWitan SulaemanShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini