x

3 Alasan Timnas Indonesia Bakal Pesta Gol dan Menang atas Kamboja di Piala AFF 2022

Jumat, 23 Desember 2022 10:22 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Prediksi pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja (AFF Cup 2022).

INDOSPORT.COM – Terdapat tiga alasan mengapa Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan dan berpesta gol ke gawang Kamboja di laga perdananya di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan melakoni laga perdananya di Piala AFF 2022 dengan menghadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22) pukul 16.30 WIB.

Laga perdana ini terhitung telat bagi skuad Garuda, mengingat ajang dua tahunan tersebut telah bergulir pada Selasa (20/12/22) lusa kemarin.

Di laga pertamanya ini, Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja, tim yang telah melangsungkan laga perdananya di Piala AFF 2022.

Secara Head to Head, tim yang ditukangi Shin Tae-yong ini punya catatan apik kala melawan Kamboja, dengan 16 kemenangan dan satu hasil imbang dalam 17 pertemuan.

Baca Juga

Kamboja yang berada dalam satu grup dengan Timnas Indonesia di grup A, telah memainkan pertandingan pertamanya di ajang ini dengan bersua Filipina (20/12/22).

Dalam laga pertamanya itu, Kamboja secara mengejutkan mampu mengalahkan Filipina dengan skor tipis 3-2 di hadapan pendukungnya sendiri.

Baca Juga

Kemenangan Kamboja atas Filipina ini pun tak ayal menjadi alarm bagi Timnas Indonesia agar tak menganggap enteng tim berjuluk Angkor Warriors tersebut.

Apalagi Kamboja punya pelatih mumpuni pada duo Jepang, yakni Ryu Hiroshe dan eks penggawa AC Milan, Keisuke Honda.

Meski Kamboja punya nilai plus, ada sederet alasan mengapa Timnas Indonesia justru akan menang besar dan membantai lawannya tersebut di laga perdana Piala AFF 2022. Apa saja alasannya?

Baca Juga

1. Faktor Non Teknis

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Kapten Indonesia Fachrudin Aryanto pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22).

1. Persiapan Lebih Matang

Menghadapi Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022, Timnas Indonesia dalam posisi diuntungkan karena belum bertanding sama sekali.

Hal ini berbeda dengan lawan-lawannya di grup A Piala AFF 2022 yang telah bertanding lebih dulu, yakni pada Selasa (20/12/22) lusa kemarin.

Karena belum bertanding sama sekali, Timnas Indonesia punya waktu untuk mempersiapkan diri lebih matang ketimbang tim-tim lainnya.

Selain itu, persiapan yang lebih matang ini berbanding terbalik dengan Kamboja yang harus bertandang ke Indonesia sehari pasca laga kontra Filipina.

Hal ini membuat Kamboja pun berada dalam kondisi kelelahan dan bisa menguntungkan Timnas Indonesia di laga nanti sehingga berpotensi pesta gol ke gawang Angkor Warriors.

Baca Juga

2. Dukungan Suporter

Dengan kembalinya format kandang-tandang di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia pun akan mendapat dukungan masif dari para pendukungnya.

Di fase grup Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang. Dari dua laga kandang itu, salah satu tim yang dihadapi adalah Kamboja.

Baca Juga

Terhitung sejak beberapa waktu lalu, PSSI telah membuka penjualan tiket untuk menonton langsung Timnas Indonesia di SUGBK.

Meski hanya 30 ribu tiket, antusiasme para pendukung Timnas Indonesia terlihat setelah ludesnya tiket yang telah terjual sejak beberapa hari dibuka.

Karenanya, dukungan masif pun akan diterima Timnas Indonesia di laga nanti. Sedangkan bagi Kamboja, dukungan suporter skuad Garuda akan menjadi teror yang menakutkan sepanjang laga.

Baca Juga

2. Kualitas Pemain

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

3. Para Pemain yang Mumpuni

Menghadapi Kamboja, Timnas Indonesia akan diperkuat para pemain lokal dan naturalisasi yang mumpuni dari lini belakang hingga lini depan.

Para pemain lokal yang dipanggil punya kapasitas mumpuni dengan klubnya, seperti Witan Sulaeman di AS Trencin hingga Saddil Ramdani bersama Sabah FC.

Baca Juga

Selain pemain lokal, Timnas Indonesia juga akan diperkuat tiga pemain naturalisasi, yakni Jordi Amat, Marc Klok, dan Ilija Spasojevic.

Jordi Amat dikenal karena pengalamannya di Eropa dan kini membela Johor Darul Ta’zim. Sedangkan Marc Klok punya pengalaman di Belanda, Skotlandia, dan Inggris.

Baca Juga

Khusus bagi Ilija Spasojevic, ia merupakan bomber naturalisasi tajam yang punya catatan gol mumpuni. Dengan menghadapi Piala AFF pertamanya, ia pun akan tampil maksimal sejak laga perdana.

KambojaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini