x

Dibantai Bali United, Ian Andrew Bicara Rencana PSIS Semarang di Putaran Kedua Liga 1

Jumat, 23 Desember 2022 20:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan, bicara rencana tim PSIS Semarang di putaran kedua Liga 1.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang langsung meliburkan tim setelah menjalani laga pemungkas putaran pertama Liga 1 2022/2023, melawan Bali United, Kamis (22/12/22) malam. Tenaga Reza Irfana dkk. terkuras karena bermain enam kali dalam 18 hari.

Sistem bubble Liga 1 dilalui PSIS dengan situasi berbalik. Mengawali perjalanan dengan menang atas Madura United 3-0, PSIS justru mengakhiri laga dengan kekalahan 0-3 atas Bali United.

Kekalahan telak tim Mahesa Jenar di Stadion Manahan Solo sangat tidak terduga. Pasalnya, performa tim Bali United sedang dipertanyakan setelah kalah dari PSS Sleman 1-2.

Namun, PSIS pilih move on dari kekalahan menyakitkan itu. Kini, PSIS memberi kesempatan pada pemainnya untuk melakukan penyegaran.

Hal ini diungkapkan pelatih PSIS, Ian Andrew Gillan. Dia paham betapa lelahnya para pemain ketika melakoni enam laga dalam 18 hari.

Baca Juga

"Kita akan istirahat karena memang setelah jadwal padat, energi pasti sudah terkuras. Pemain akan diliburkan untuk sedikit refresh," kata Ian Andrew Gillan.

Namun, Ian Andrew tak menjelaskan berapa lama Carlos Fortes dkk. diberi waktu libur. Paling tidak, Ian Andrew ingin pemain bisa melewati momen Natal bersama keluarganya.

Baca Juga

"Untuk waktunya akan dirapatkan dengan manajemen terlebih dahulu. Pemain lokal dan asing pasti juga akan pulang untuk merayakan Natal bersama keluarga," tutur pelatih asal Inggris tersebut.

Soal performa tim di sistem bubble Liga 1, Ian Andrew cukup mengapresiasi perjuangan tim.

PSIS bisa menambah koleksi poin lewat tiga kemenangan. PSIS untuk sementara ada di posisi sepuluh besar atau sedikit lari dari pertarungan zona bawah.

Baca Juga

1. Jadwal Padat Ganggu Kebugaran Pemain

Laga BRI Liga 1 antara PSIS Semarang vs Bali United di Stadion Manahan, Surakarta, Kamis (22/12/22). (Foto: Bali United)

Sementara terkait kekalahan telak atas Bali United, Ian Andrew menolak jika itu disebut sebagai penurunan mood pemain. Faktor utama dari penurunan performa ini adalah kebugaran dan badai cedera.

"Bukan boring, tapi jadwal cukup padat dan ada banyak pemain yang absen karena cedera, seperti (Alfeandra) Dewangga, Wahyu Prast, Hari Nur," jelas Ian Andrew.

Bahkan, tim pelatih selalu mendapati suasana tak mengenakan setelah pertandingan. Ada saja pemain yang mengalami cedera setelah menjalani sebuah pertandingan.

"Bisa lihat di ruang ganti pasti ada problem (setelah pertandingan). Jadwal yang padat benar-benar menguras energi pemain," ucap Ian Andrew.

Kekalahan atas Bali United tak boleh diratapi secara berlarut. Jalannya kompetisi Liga 1 masih cukup panjang. Ada 17 laga pada putaran kedua nanti.

Baca Juga

Ian Andrew memastikan PSIS akan kembali lebih tangguh pada putaran kedua nanti. Saat ini, PSIS juga masih memantau pemain asing berstatus trial.

Ryo Fujii dan Wellington Petinha akan terus dipantau selama berada di Indonesia. Keduanya sudah gabung latihan tim dalam beberapa sesi.

Baca Juga

"Yah, kami tentu kecewa, tapi setelah ini kita akan fokus menatap putaran kedua pada bulan Januari," kata Ian Andrew.

Para suporter PSIS masih menanti kelanjutan Jonathan Cantillana pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Pada saat sistem bubble berjalan, Jonathan sempat mengirim kode akan meninggalkan tim.

Dalam lima penampilan di sistem bubble Liga 1, Jonathan membuat kontribusi positif. Dia mencetak dua gol untuk menggenapi catatan musim ini dengan empat gol untuk PSIS Semarang.

Baca Juga
PSIS SemarangIan AndrewLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Ian Andrew Gillan

Berita Terkini