x

Piala AFF 2022: Jelang Timnas Indonesia vs Kamboja, Media Vietnam Kecam Kerugian Tim Keisuke Honda

Jumat, 23 Desember 2022 15:55 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Isman Fadil
Vietnam kecam PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia), menjelang pertandingan antara Indonesia vs Kamboja dalam Grup A Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Media Vietnam menyayangkan AFF menjelang pertandingan antara Indonesia vs Kamboja dalam Grup A Piala AFF 2022.

Pertandingan antara Indonesia vs Kamboja akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/22) pukul 16.30 WIB.

Hal terserbut dikarenakan tim nasional Indonesia tergabung dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama dengan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara yang belum memainkan laga di grup A, mengingat setiap grup dalam Piala AFF 2022 diisi oleh 5 tim.

Pada putaran pertama grup A, Kamboja mampu memetik kemenangan secara dramatis atas Filipina dengan skor tipis, 3-2.

Baca Juga

Gol yang dicetak oleh Reung Bunheing di menit ke 59 mampu mengunci kemenangan tim besutan Keisuke Honda atas Filipina.

Dengan kemenangan tersebut, Kamboja saat ini duduk di peringkat 2 klasemen sementara, menempel ketat Thailand di puncak klasemen grup A.

Baca Juga

Pasalnya, Thailand juga berhasil menang atas Brunei Darussalam, dengan skor 5-0. Sehingga, mereka unggul selisih gol atas Kamboja.

Sementara, duel antara Indonesia vs Kamboja, akan menjadi pertandingan pertama yang akan dilakoni oleh skuat Garuda dalam babak penyisihan grup.

Kendati demikian, Vietnam justru mengecam bahwa jadwal Piala AFF 2022 dianggap secara sengaja merugikan Kamboja.

Baca Juga

1. Indonesia Undur Jadwal Pertandingan

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Sebelumnya, pertandingan yang mempertemukan Indonesia vs Kamboja akan berlangsung pada Jumat (23/11/22) pukul 19.30 WIB.

Namun, AFF menggeser jadwal pertandingan antara Indonesia vs Kamboja menjadi pukul 16.30 WIB.

Hal tersebut lantas memunculkan respons dari media Vietnam. Mereka menyebutkan bahwa pengunduran jadwal pertandingan itu merugikan Kamboja.

Pasalnya persiapan dari tim besutan Keisuke Honda menjadi terganggu, mengingat mereka bertindak sebagai tim tamu.

“Pergantian waktu pertandingan yang tiba-tiba oleh Indonesia membuat persiapan tim tandang, Kamboja, menjadi sulit,” tulis laporan yang dikutip dari The Thao 247.

Baca Juga

“Kamboja juga sedang dalam performa bagus, setelah mengalahkan Filipina 3-2 di laga pembuka. Meskipun sebenarnya anak asuh Shin Tae-yong lebih diunggulkan.”

Padahal, alasan PSSI melakukan pengunduran Jadwal pada pertandingan antara Indonesia vs Kamboja diyakini karena alasan keamanan.

Baca Juga

Keadaan itu didukung dengan sidak yang dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, dan Panglima Polri, Listyo Sigit Prabowo.

Sehingga, pernyataan yang dikeluarkan oleh media Vietnam agaknya kurang etis untuk disematkan kepada PSSI, ataupun Timnas Indonesia.

Pasalnya jika menilik pada 5 rekor pertemuan terakhir, Kamboja tercatat selalu kalah oleh tim nasional Indonesia. Bahkan, pada 2008 lalu, skuat Garuda pernah menang 7-0.

Baca Juga

Sumber: The Thao 247

IndonesiaPSSIVietnamKambojaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini