x

Rumor Transfer Liga 1: Barito Putera Selangkah Lagi Dapatkan Eks Timnas Brasil

Sabtu, 24 Desember 2022 15:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Rumor transfer BRI Liga 1 2022-2023 mulai memanas. Barito Putera dikabarkan selangkah lagi mendapatkan tanda tangan eks Timnas Brasil, Jhon Cley.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer BRI Liga 1 2022-2023 mulai memanas. Barito Putera dikabarkan selangkah lagi mendapatkan tanda tangan eks Timnas Brasil, Jhon Cley.

Beberapa tim Liga 1 diprediksi akan segera melakukan bongkar pasang pemain untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen.

Salah satu yang diprediksi akan paling sigap melakukan renovasi skuat adalah tim Liga 1 asal Kalimantan Selatan, yakni Barito Putera.

Barito belum bisa bangkit dari zona merah klasemen sejak pekan pertama. Ada yang menyebutkan jika kualitas pemain rekrutan mereka tidak sesuai harapan.

Maka dari itu, ada kemungkinan manajemen Laskar Antasari akan merombak penggawa mereka, dan mulai melakukan pembicaraan dengan beberapa pemain asing potensial.

Baca Juga

Pemain yang belakangan dirumorkan makin dekat dengan Barito Putera, yakni seorang gelandang serang berkebangsaan Brasil, pemilik nama lengkap Jhon Cley Jesus Silva.

Kabar ini pertama kali diungkapkan oleh akun Instagram yang memang membahas rumor transfer tim Liga 1, yakni @gosbal.

Baca Juga

"Barito Putera dikabarkan selangkah lagi akan mendatangkan gelandang serang asal Brasil, Jhon Cley (28 tahun)," tulisnya.

"Proses negosiasi dikabarkan telah 90 persen, saat ini hanya tinggal menunggu tawaran resmi dari Barito Putera," lanjutnya.

Dinukil dari Transfermarkt, Jhon Cley sendiri saat ini berstatus tanpa klub, setelah tidak memperpanjang kontraknya di klub Brasil, Figueirense FC, per Oktober 2022 lalu.

Baca Juga

1. Sekilas Tentang Jhon Cley

Rumor Transfer Liga 1: Barito Putera Selangkah Lagi Dapatkan Eks Timnas Brasil

Sedikit mengulas sosok Jhon Cley, pesepak bola asal Brasil kelahiran 9 Maret 1994. Saat ini ia berusia 28 tahun, usia yang ideal untuk pemain asing di ajang BRI Liga 1 2022-2023.

Jhon Cley merupakan seorang gelandang serang, tetapi ia juga bisa dirotasi sebagai second striker, tipikal pemain yang sesuai dengan kebutuhan Barito.

Pasalnya, berdasarkan evaluasi putaran pertama Liga 1, Barito Putera tidak banyak menciptakan peluang, karena kurangnya suplai bola dari sektor tengah ke depan.

Satu keuntungan Barito mendatangkan Jhon Cley, karena ia merupakan pemain yang aktif mencari ruang, juga didukung dengan postur yang ideal, yakni 183 cm.

Apalagi, Jhon Cley berpengalaman bermain di Timnas Brasil U-20 dan tampil dalam tiga laga bersama Tim Samba junior.

Baca Juga

Tak hanya bermain di Brasil, Jhon Cley juga pernah melebarkan sayap ke luar negeri. Di tahun 2015 hingga 2017, ia bergabung di klub Al-Qadsiah FC, di Liga Arab Saudi.

Kemudian di tahun 2019, Jhon Cley juga sempat dipinjamkan ke klub kasta teratas Liga Portugal, CS Maritimo.

Baca Juga

Jika Jhon Cley resmi ke Barito Putera di bursa transfer Liga 1 2022-2023, maka ini akan jadi pengalaman pertamanya bermain di Liga Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Namun, menurut akun @gosbal, selain Barito Putera, Persik Kediri juga mengaku tertarik untuk memboyong mantan pemain Timnas Brasil U-20 tersebut ke Liga 1.

"Ada ketertarikan juga dari Persik Kediri dengan Jhon Cley," tulis akun @gosbal.

Baca Juga
Bursa TransferBrasilBarito PuteraLiga IndonesiaLiga 1Berita TransferBerita Bursa TransferTransfer Pemain

Berita Terkini