x

3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Bekuk Thailand dan Vietnam, hingga Juara Piala AFF 2022

Minggu, 25 Desember 2022 15:57 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Tiga alasan Timnas Indonesia bisa bekuk Brunei Darussalam, Thailand, juga Vietnam, hingga menjadi juara untuk kali pertama di Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Pada laga perdana Piala AFF 2022, skuat besutan Shin Tae-yong hanya menaklukkan Kamboja dengan skor 2-1. Hasil ini jauh dari harapan, yakni ingin mencetak banyak gol.

Padahal Indonesia belum menghadapi laga pamungkas, yakni menghadapi Thailand, pada 29 Desember 2022 mendatang.

Namun, menurut komentator dan pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel, Timnas Indonesia hanya belum panas saat menghadapi laga perdana lawan Kamboja.

Baca Juga

Maklum, Timnas Indonesia jarang kumpul untuk melakukan laga uji coba, apalagi kompetisi Liga 1 2022 sempat terhenti.

"Secara keseluruhan, menurut saya gambaran singkatnya adalah mesinnya belum panas, olinya belum melumasi seluruh mesin, butuh waktu," ungkap Bung Towel via Youtube.

Baca Juga

"Indonesia masih mungkin berkembang di pertandingan berikutnya, ada pertandingan lawan Brunei, lalu lawan Thailand di home, lalu juga akan menghadapi Filipina."

"Tiga pertandingan ke depan harus bisa dimenangkan Timnas untuk meraih tiket ke semifinal. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah juara Piala AFF," imbuhnya.

Jika berhasil lolos dari fase grup, Timnas Indonesia berpeluang berjumpa Vietnam, salah satu tim unggulan di Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. 3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Juara Piala AFF 2022

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Kamboja laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Ada tiga alasan kuat mengapa Timnas Indonesia bisa membekuk semua lawan kuat, dan menjadi juara Piala AFF 2022. Hal ini diutarakan oleh komentator Bung Towel.

Pertama, Shin Tae-yong sudah cukup lama menukangi Timnas Indonesia, dan mencicipi sengitnya oersaingan Piala AFF. Artinya, ia sudah bisa menakar peluang untuk juara.

"Rasanya momentumnya bisa dapat, karena Shon Tae-yong sudah lebih dari 2,5 tahun atau hampir tiga tahun (melatih Timnas)," ungkap Bung Towel melalui Youtube-nya.

Kedua, adanya pemain tambahan seperti Jordi Amat, Hansamu Yama, hingga Ilija Spasojevic akan menambah kekuatan tim.

"Lalu juga tambahan pemain-pemain yang dibutuhkan, dalam hal ini ialah naturalisasi seperti Jordi Amat," jelas Bung Towel lagi.

Baca Juga

"Plus tambahan beberapa pemain seperti Jordi Amat, Hansamu Yama di belakang, lalu juda Spaso di depan, tinggal bagaimana handicap lawan Thailand dan Vietnam."

Ketiga, Thailand tak diperkuat dua pemain pilarnya di Piala AFF 2022. Bung Towel pun mengakui jika kekuatan tim berjuluk Gajah Perang itu tidak semenakutkan biasanya.

Baca Juga

"Thailand tanpa Chanatip Songkrasin, juga tanpa Supachok Sarachat, keuntungan untuk Indonesia, jadi harus dimanfaatkan."

"Untuk pertama kalinya fokus Indonesia untuk jadi juara Piala AFF pertama kali sejak 1996. Kita sangat berharap Indonesia tampil di partai puncak pada 16 Januari," ujarnya.

"Saya optimis peluang Timnas Indonesia untuk juara Piala AFF 2022 lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya," pungkas Bung Towel.

Baca Juga
VietnamThailandTommy WellyTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBung TowelJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini