x

Catatan Kekalahan Brunei dari Indonesia Jelang Piala AFF 2022: Selalu Gagal Pecah Telur

Minggu, 25 Desember 2022 18:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tim sepak bola Brunei. Foto: Instagram@bruneifootball.

INDOSPORT.COM - Jelang pertandingan Brunei vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, The Wasps ternyata punya catatan kurang meyakinkan menghadi skuad Garuda.

Jadwal Grup A Piala AFF 2022 teleh menyelesaikan agenda matchday 2 pada Sabtu (24/12/22). Sejauh ini, Timnas Indonesia baru bermain satu kali menghadapi Kamboja.

Pertandingan dua tim ini digelar pada Jumat (23/12/22) dengan kemenangan berada di tangan anak-anak asuh Shin Tae-yong.

Selanjutnya, Witan Sulaeman dkk akan menghadapi salah satu tim terlemah di Grup A, Brunei, yang belum satu kali pun mencatatkan kemenangan di Piala AFF 2022.

Mereka berada di dasar klasemen sementara dengan poin 0, mencatatkan satu gol dan kebobolan 10 gol.

Baca Juga

Dengan catatan tersebut, Brunei pun nampak inferior bagi Timnas Indonesia yang unggul baik secara peringkat klasemen maupun materi pemain.

Meski Brunei tidak boleh dipandang sebelah mata di Piala AFF 2022, sejarah mencatat sepak terjang head to head mereka melawan Timnas Indonesia ternyata tidak terlalu impresif.

Baca Juga

Bahkan, berdasarkan catatan 11v11.com, seluruh kekalahan mereka dari Timnas Indonesia diwarnai drama tidak pernah sukses mencetak gol.

Ya, jika kalah dari Indonesia, Brunei selalu mengakhiri laha tanpa satu kali pun memecah telur mereka.

Dalam laporan di laman 11v11.com, dari 10 pertemuan yang membentang dari tahun 1977 sampai 2012, Brunei kalah enam kali dari Indonesia - sisanya dua kali menang dan dua kali imbang.

Baca Juga

1. Brunei yang Selalu Gagal Pecah Telur Saat Kalah dari Indonesia

Tim sepak bola Brunei. Foto: Instagram@bruneifootball.

Pertemuan pertama terjadi pada tahun 1977 di ajang SEA Games yang digelar di Malaysia. Berada di grup yang sama, Indonesia menekuk Brunei dengan skor 4-0 di Stadion Merdeka pada 22 November.

Iswadi Idris dan Andi Lala masing-masing menyumbang dua gol di pertandingan itu dan membiarkan Brune gigit jari.

Partai tersebut menjadi salah satu penyumbang poin skuad Garuda yang mengantarkan mereka ke semifinal.

Brunei lagi-lagi menelan kekalahan dari Indonesia saat berlaga di SEA Games 1987. Pertandingan grup yang digelar di Senayan, Jakarta, pada bulan September berakhir dengan keunggulan skuad Garuda 2-0.

Timnas Indonesia pun melaju sampai final dan akhirnya berhasil meraih medali emas.

Baca Juga

Kejayaan Timnas Indonesia atas Brunei dengan catatan clean shet pun kembali terjadi di SEA Games 1989, di mana mereka kembali menghuni grup yang sama.

Bahkan kali ini, Indonesia tampil lebih membabi buta lantaran menebas habis Brunei dengan enam gol tanpa balas.

Baca Juga

Indonesia lolos ke semfinal dan berakhir sebagai peraih medali perunggu, karena kalah dari Singapura namun memenangkan laga perebutan tempat ketiga melawan Thailand.

Beralih ke tahun 1990, Timnas Indonesia kembali memenangkan pertandingan kontra Brunei di ajang Merdeka Games atau Sultan Hassanal Bolkiah Cup dengan skor 3-0.

Kemenangan dengan jumlah skor serupa, 3-0, juga dicetak Indonesia ketika menghadapi Brunei di SEA Games 1999.

Baca Juga

2. Bagaimana Sepak Terjang Brunei di Piala AFF 2022?

Tim sepak bola Brunei. Foto: Instagram@bruneifootball.

Uston Nawawi mencetak gol cepat pada menit ke-4, yang kemudian disusul masing-masing gol dari Bima Sakti dan Andrian Mardiansyah.

Di semifinal, Timnas Indonesia dihajar Vietnam namun berhasil menggondol medali perunggu setelah memenangkan laga perebutan tempat ketiga melawan Singapura lewat drama adu penalti.

Kemudian, kekalahan terkini Brunei dari Indonesia terjadi pada tahun 2012 di sebuah pertandingan persahabatan.

Di partai tersebut, Indonesia membabi buta sang lawan dengan lima gol tanpa balas.

Jelang Brunei vs Indonesia di Piala AFF 2022

Meski sudah pernah berjumpa beberapa kali di level senior, Brunei dan Indonesia belum mencatatkan satu pertemuan pun di ajang Piala AFF.

Baca Juga

Hal ini tidak lepas dari sepak terjang Timnas Brunei yang sangat terbatas di turnamen sepak bola level Asia Tenggara ini.

Sebagaimana diketahui, The Wasps hanya pernah berpartisipasi di Piala AFF alias Tiger Cup 1996 dan setelah itu tidak terlihat lagi batang hidungnya di edisi-edisi berikutnya.

Baca Juga

Mereka sempat undur diri di edisi 2020 akibat pandemi Covid-19 dan baru kembali ke putaran utama di Piala AFF 2022 ini.

Namun langkah The Wasps di awal turnamen memang tidak mudah dan cenderung terseok-seok. Kini mereka harus bekerja ekstra keras karena yang akan dihadapi selanjutnya adalah Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong termasuk timfavorit di Grup A Piala AFF 2022 dan baru saja menang di matchday pertama. Laga melawan Brunei akan digelar pada Senin (26/12/22) sore WIB.

Baca Juga

Sumber: 11v11.com

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini