x

On This Day: 25 Desember 2021, Ketika Timnas Indonesia Main Barbar demi Final Piala AFF

Minggu, 25 Desember 2022 13:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Witan Sulaeman menbobol gawang Singapura pada laga Piala AFF 2020 semifinal leg 1.

INDOSPORT.COM - Tepat satu tahun lalu, pada 25 Desember 2021, Timnas Indonesia pernah dikatakan bermain barbar demi bisa melangkahkan kaki ke final Piala AFF 2020.

Kala itu, Timnas Indonesia melakoni partai semifinal leg kedua Piala AFF 2020. Lawan yang mereka hadapi adalah Singapura, bertempat di National Stadium Singapore.

Sebagai sesama tim kuat, Tim Garuda dan The Lions saling serang sepanjang 90 menit waktu normal. Ezra Walian membuka keunggulan di menit ke-12 pertandingan.

Di penghujung babak pertama, penggawa andalan Singapura, Safuwan Baharudin harus diusir keluar dari lapangan karena mendapatkan dua kartu kuning dari wasit.

Namun sesaat sebelum peluit akhir babak pertama berbunyi, Singapura menjebol gawang Nadeo Argawinata. Skor 1-1.

Baca Juga

Meski unggul jumlah pemain, skuad Merah-Putih kesulitan mencetak gol, dan malah berulang kali gawang Nadeo Argawinata terancam lewat serangan balik dari tim Singapura.

Petaka kembali menimpa timnas Singapura di menit ke-67. Irfan Fandi diganjar kartu merah setelah melanggar keras Irfan Jaya, saat Irfan berpotensi untuk mencetak gol.

Baca Juga

Bermain hanya dengan sembilan pemain Singapura yang memang bertindak sebagai tuan rumah Piala AFF 2020 sangat sulit keluar dari tekanan pemain Indonesia.

Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh penggawa Garuda, namun berhasil di-save oleh kiper Singapura, Hasan Sunny, yang bermain luar biasa dalam laga tersebut. 

Menit ke-74, Timnas Indonesia dikejutkan oleh gol tuan rumah melalui tendangan bebas ciamik dari Shahdan Sulaiman. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Singapura.

Baca Juga

1. Mengganas di Extra Time

Irfan Jaya berhasil melewati salah satu pemain Singapura pada laga semifinal leg 1 Piala AFF 2020

Tertinggal satu gol di laga penting, semifinal Piala AFF 2020, membuat serangan Timnas Indonesia semakin deras dan mengarah ke jantung pertahanan Timnas Singapura.

Memasuki menit ke-87, Timnas Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol penyelamat Pratama Arhan. Skor imbang 2-2 membuat laga semakin sengit.

Singapura memiliki peluang emas dari titik penalti di menit ke-89. Namun, Faris Ramli gagal menjebol gawang Timnas Indonesia yang dikawal oleh Nadeo Argawinata. 

Pada momen ini, Asnawi Mangkualam melakukan aksi tak biasa. Ia menghampiri Faria Ramli dan berteriak di depannya, saat Faris frustasi atas kegagalan mencetak gol.

Skor 2-2 menutup laga babak kedua. Laga dilanjutkan dengan tambahan waktu 2x15 menit, guna menentukan siapa yang lolos ke final Piala AFF 2020 menghadapi Thailand.

Baca Juga

Dengan kekurangan dua pemain, Timnas Singapura tidak dapat meredam tekanan bertubi-tubi penggawa Timnas Indonesia.

Babak tambahan waktu baru berjalan satu menit, namun Timnas Indonesia berhasil unggul melalui gol bunuh diri pemain belakang Singapura, Shawal Anuar.

Egy Maulana Vikri menambah derita tuan rumah Singapura, setelah golnya di menit akhir babak tambahan pertama, di menit ke-106, membuat Indonesia unggul 4-2.

Baca Juga

Di menit ke-119, Singapura kembali harus kehilangan satu pemain. Kiper Hasan Sunny yang bermain luar biasa pada laga tersebut, harus keluar karena diganjar kartu merah.

Hasan Sunny melanggar Irfan Jaya di luar kotak penalti dengan keras. Posisi kiper pun digantikan oleh Ikhsan Fandi. Tanpa hal itu pun, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke final Piala AFF 2020 menghadapi Thailand.

Meski pada akhirnya gagal menjadi juara, namun perjalanan timnas Indonesia tahun lalu masih lebih dari patut diapresiasi. Duel mereka kontra Singapura di leg kedua semifinal bahkan diakui sebagai salah satu laga terbaik dalam sejarah Piala AFF.

Baca Juga
SingapuraTimnas IndonesiaIn Depth SportsPiala AFFEgy Maulana VikriAsnawi Mangkualam BaharOn This DayIrfan JayaBerita Timnas IndonesiaPratama ArhanSejarahPiala AFF 2022

Berita Terkini