x

Prediksi Line-up Timnas Indonesia Kontra Brunei: Saatnya Akali Jadwal Padat Piala AFF 2022

Minggu, 25 Desember 2022 11:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Kamboja laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM – Mengupas Line-up yang akan digunakan Shin Tae-yong saat Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia di laga kedua grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan melanjutkan kampanyenya di Piala AFF 2022 dengan melakoni laga kedua kontra tuan rumah Brunei Darussalam, Senin (26/12/22).

Laga ini sendiri akan dilangsungkan di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, yang didapuk menjadi kandang bagi tim berjuluk Tebuan itu di turnamen ini.

Menghadapi Brunei Darussalam, Timnas Indonesia datang dengan modal berharga dan kepercayaan diri tinggi usai memenangi laga perdananya.

Di laga perdananya pada ajang dua tahunan ini, skuad Garuda mampu meraih kemenangan 2-1 atas Kamboja, Jumat (23/12/22) kemarin.

Baca Juga

Apiknya modal Timnas Indonesia di laga ini berbanding terbalik dengan Brunei Darussalam yang justru tengah terpuruk di Piala AFF 2022.

Dalam Comeback-nya ke ajang ini sejak 1996 silam, Brunei Darussalam justru harus menelan dua kekalahan dengan skor masif di dua pertandingan grup A.

Baca Juga

Di dua pertandingan grup A Piala AFF 2022 ini, Brunei Darussalam harus menyerah dengan skor 0-5 dari Thailand dan tumbang dengan skor 1-5 dari Filipina.

Menghadapi lawan yang notabene mudah, Timnas Indonesia pun diyakini bisa meraih kemenangan dalam lawatannya kali ini.

Namun, apakah kemenangan atas Brunei Darussalam ini harus mengorbakan kondisi fisik para pemain pilar di tengah padatnya jadwal Piala AFF 2022?

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Wajib Rotasi

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Piala AFF 2022 kali ini menggunakan format kandang-tandang dalam perhelatannya.

Sehingga para pelatih tak hanya menyiapkan strategi di lapangan semata, melainkan juga mengatur strategi di luar lapangan sebelum bertanding.

Strategi di luar lapangan ini berkaitan dengan kemampuan pelatih dalam memilah pemain untuk Line-up atau pemain yang diturunkan.

Karena menggunakan format kandang-tandang, para pelatih pun harus siap mengatur fisik para pemain agar tak mudah kelelahan dalam bertanding.

Di Piala AFF 2022 ini, Shin Tae-yong pun harus mencoba mengatur strategi di luar lapangan yakni melakukan pemilihan pemain di tengah jadwal yang padat.

Baca Juga

Diketahui, Timnas Indonesia akan bertanding sebanyak empat kali dalam tempo 13 hari saja di babak grup, atau rata-rata satu pertandingan per tiga hari.

Dengan fakta bahwa laga digelar dengan format kandang-tandang, maka rotasi pun menjadi barang wajib bagi setiap kontestan, termasuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Apalagi Timnas Indonesia harus berpindah dari satu negara ke negara lainnya. Setelah melawan Kamboja di Tanah Air, skuad Garuda kini harus ke Malaysia untuk menghadapi Brunei Darussalam.

Setelah menghadapi Brunei Darussalam, Timnas Indonesia akan kembali ke Tanah Air dan melawan tim berat sekelas Thailand. Alhasil, Shin Tae-yong pun wajib rotasi.

Dengan kewajiban melakukan rotasi, bagaimana Line-up Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam nanti?

Baca Juga

2. Panggung bagi Para Pelapis

Prediksi pertandingan antara Brunei Darussalam vs Indonesia (Piala AFF 2022).

Untuk mengakali jadwal padat di Piala AFF 2022 ini, Shin Tae-yong bisa menurunkan para pemain pelapis di kubu Timnas Indonesia pada saat menghadapi Brunei Darussalam.

Apalagi setelah melawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand tiga hari berselang, Kamis (29/12/22).

Menghadapi Thailand, dibutuhkan para pemain utama yang berada dalam kondisi yang apik. Sehingga, alangkah bijaknya rotasi besar-besaran dilakukan Shin Tae-yong di laga kontra Brunei Darussalam.

Rotasi besar-besaran di laga kontra Brunei Darussalam ini pun bisa memberikan dua manfaat penting bagi skuad Timnas Indonesia ke depannya.

Selain memberi waktu istirahat kepada para pemain pilar, rotasi juga akan meningkatkan mental bertanding para pemain pelapis di Piala AFF 2022 ini.

Baca Juga

Sehingga, jika nantinya pemain pelapis harus diturunkan di laga penting, mental bertandingnya tetap terjaga dan telah siap untuk menghadapi tekanan dalam pertandingan.

Jika menggunakan rotasi besar-besaran, maka kurang lebih begini Line-up Timnas Indonesia di laga kontra Brunei Darussalam.

Baca Juga

Timnas Indonesia (3-5-2)

Muhammad Riyandi; Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Hansamu Yama; Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri; Ramadhan Sananta, Ilija Spasojevic.

Line-up ini dirasa tepat mengingat Brunei Darussalam punya kekurangan dalam memanfaatkan lebar lapangan yang bisa dieksploitasi Saddil Ramdani dan Yakob Sayuri sebagai Wing Back.

Lalu, Brunei Darussalam juga punya kelemahan dalam mengantisipasi umpan silang, yang bisa menjadi makanan empuk bagi Ramadhan Sananta dan Spaso untuk menaikkan mentalnya dengan mencetak gol.

Baca Juga
Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala AFFShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini