x

Peraih Titel Pemain Terbaik Piala AFF dari Masa ke Masa, Ada Kapten Legendaris Timnas Indonesia

Senin, 26 Desember 2022 11:38 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ada Firman Utina, mari intip daftar bintang peraih penghargaan pemain terbaik sepanjang 13 kali penyelenggaraan Piala AFF yang dulunya bernama Piala Tiger.

INDOSPORT.COM –  Ada Firman Utina, mari intip daftar bintang peraih penghargaan pemain terbaik sepanjang 13 kali penyelenggaraan Piala AFF yang dulunya bernama Piala Tiger.

Saat ini, timnas Indonesia bersama negara-negara  sepak bola di Asia Tenggara sedang berjibaku dalam partisipasinya di Piala AFF 2022 yang merupakan edisi penyelenggaraan ke-14.

Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Dari  10 tim yang berpartisipasi terbagi menjadi dua grup, di mana dua negara teratas berhak melaju ke semifinal.

Grup A diisi timnas Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi  Malaysia, Vietnam, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Hingga Senin (26/12/22), tim-tim yang berlaga sudah dan sedang menjalani matchday kedua. Malaysia sementara memuncaki klasemen Grup B, dan Thailand memuncaki klasemen Grup A.

Baca Juga

Kesimpulannya, semua negara memiliki peluang yang sama untuk bisa merebut trofi Piala AFF 2022, termasuk timnas Indonesia yang sekalipun belum pernah menjadi juara ajang ini.

Sembari menerka-nerka siapa yang akan berjaya di Piala AFF 2022, mari menyimak deretan pemain bintang yang pernah masuk daftar pemain terbaik sepak bola Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga

Dalam hal ini, legenda timnas Indonesia, Firman Utina, membanggakan Tanah Air dengan menjadi salah satu daftar pemain terbaik Piala AFF. Brikut selengkapnya.

1. Piala AFF 1996: Zainal Abidin Hassan (Malaysia)

Membela Malaysia, Zainal Abidin Hassan yang terkenal di era 1980-1990-an dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala AFF pertama yang dulunya bernama Piala Tiger.

Pemain kelahiran 9 November 1961 tersebut memberikan penampilan mengesankan meskipun timnas Malaysia gagal menjadi juara usai takluk dari Thailand dengan skor 0-1 di final.

Baca Juga

1. Pemain Terbaik Sepanjang Piala AFF

Kiatisuk Senamuang, legenda sekaligus mantan pelatih Thailand.

2. Piala AFF 1998: Nguyen Hong Son (Vietnam)

Masih dengan nama Piala Tiger, pada gelaran Piala AFF 1998 yang digelar di Vietnam, pemain asal tuan rumah, Nguyen Hong Son, terpilih sebagai pemain terbaik.

Pesepak bola yang berposisi sebagai pemain sayap kanan tersebut cukup ditakuti lawan-lawnanya karena gaya bermainnya yang aktraktif.

Nguyen Hong Song juga mengantarkan timnas Vietnam ke final meskipun harus puas sebagai runner up usai kalah 0-1 atas Singapura.

3. Piala AFF 2000: Kiatisuk Senamuang (Thailand)

Lahir pada 11 Agustus 1973, Kiatisuk Senamuang adalaha legenda timnas sepak bola yang pernah bermain sebanyak 131 kali sejak 1991-2007 dengan 90 gol.

Dalam kariernya, Kiatisuk Senamuang yang berjuluk ‘Zico Thai’ didaulat sebagai pemain terbaik Piala AFF 2000 dengan lesakan empat gol. Saat ini dia telah banting setir sebagai pelatih.

Baca Juga

4. Piala AFF 2002: Therdsak Chaiman (Thailand)

Gelar pemain terbaik Piala AFF 2002 diberikan kepada pemain Thailand lainnya, Therdsak Chaiman. Berposisi sebagai gelandang, dia memiliki kemampuan luar biasa di setiap pertandingan.

Saat mengantarkan timnas Thailand menjuarai Piala AFF 2002, dia berperan baik sebagai creator dan pemecah kebutuan di setiap laga.

Baca Juga

5. Piala AFF 2004: Lionel Lewis (Singapura)

Lahir pada 16 Desember 1982, Lionel Lewis dengan tinggi badan 1,86 meter, mampu menjaga gawang Singapura dengan sangat impresif.

Berada di mistar gawang, Lionel Lewis bermain apik sepanjang Piala AFF 2004 dan membantu timnas Singapura untuk menjadi kampiun.

Baca Juga

2. Firman Utina Jadi Pemain Terbaik AFF 2010

Chanathip Songkrasin, bintang Thailand.

6. Piala AFF 2007: Noh Alam Syah (Singapura)

Penyerang legendaris sepak bola Singapura, Noh Alam Syah mampu mencetak 10 gol di Piala AFF 2007. Performa apik membuat di jadi jadi top skor dan membawa negaranya meraih trofi Piala AFF ketiga.

7. Piala AFF 2008: Duong Hong Son (Vietnam)

Duong Hong Son adalah kiper timnas Vietnam yang menampilkan permainan luar biasa pada setiap laga Piala AFF 2008 hingga dianugerahi sebagai pemain terbaik.

Kontribusinya membawa timnas Vietnam memenangi trofi Piala AFF 2008 untuk pertama kalinya dalam sejarah negaranya.

8. Piala AFF 2010: Firman Utina (Indonesia)

Firman Utina tercatat menjadi pemain Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar permain terbaik Piala AFF sepanjang masa.

Pria kelahiran Manado, 15 Desember 1981 tersebut menajdi pemain penting timnas Indonesia dengan perannya sebagai kapten.

Baca Juga

Meski timnas Indonesia masih merindukan menjadi juara Piala AFF , namun permainan defensive gelandang Firman Utina tersebut sangat diapresiasi.

Pada Piala AFF 2022, semua pemain timnas Indonesia berkesempatan sama untuk menjadi pemain terbaik meniru jejak Firman Utina.

Baca Juga

9. Piala AFF 2012: Syahril Ishak (Singapura)

Timnas Singapura menjuarai Piala AFF untuk keempat kalinya pada 2012 dan Shahril Ishak menjadio pemain terbaik ketiga Singapura yang meraih gelar Pemain Terbaik, dengan mencetak empat gol.

10. Piala AFF 2014: Chanathip Songkrasin (Thailand)

Bintang yang dijuluki ‘Messi Thailand’ yakni Chanathip Songkrasin sebanyak tiga kali emmenangkan gelar Pemain Terbaik Piala AFF, yakni pada tahun 2014, 2016, dan 2020, dan timnya menjadi juara. Sebagai info, Chanathip juga menggondol titel pemain terbaik untuk Piala AFF 2020.

Baca Juga

11. Piala AFF 2018: Nguyen Quanghai (Vietnam)

Nguyen Quanghai membuat semua orang menyebut namanya seiring dengan penampilan yang menawan sepanjang Piala AFF 2018.

Kemampuan kreatif Nguyen Quanghai membantu tim Vientam memenangkan Piala AFF 2018, dan kini berpotensi diulangi pada Piala AFF 2022.

Demikian daftar pemain terbaik sepanjang sejarah perhelatan Piala AFF. Pada Piala AFF 2022, penggawa timnas Indonesia seperti Witan Sulaeman berpotensi masuk dalam daftar nominasi ini.

Baca Juga
Firman UtinaTimnas IndonesiaPiala AFFKiatisuk SenamuangChanathip SongkrasinPiala AFF 2022

Berita Terkini