x

Liga 1: Bali United Bantah Mentah-mentah Rumor Peminjaman Irfan Jaya ke Barito Putera

Kamis, 29 Desember 2022 09:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Bali United membantah isu yang mengklaim Irfan Jaya bakal gabung Barito Putera untuk sisa musim Liga 1 2022/2023. Foto: Bali United

INDOSPORT.COM - Bali United membantah isu yang mengklaim Irfan Jaya bakal gabung Barito Putera untuk sisa musim Liga 1 2022/2023. Sang pemain dianggap bagian penting yang siap jadi senjata pada putaran kedua nanti.

Irfan Jaya merupakan salah satu bintang milik Bali United. Ia gabung pada pertengahan Liga 1 2021/2022 lalu setelah membawa Timnas tampil di final Piala AFF 2020.

Pada musim perdananya lalu, Irfan Jaya tampil dalam 13 pertandingan. Ia lebih banyak diturunkan sebagai pilar pengganti. Total dia jadi pemain inti dua kali dan jadi pemain pengganti 11 kali.

Sementara pada musim ini, porsi inti Irfan Jaya lebih banyak. Total dari enam penampilan, Irfan Jaya jadi pemain inti empat kali.

Sayangnya, saat tempat inti mulai disandang Irfan Jaya, dia mengalami cedera lumayan parah. Tulang fibula eks PSS Sleman itu retak saat laga melawan Persebaya Surabaya di Gelora Bung Tomo, awal September 2022 lalu.

Baca Juga

Alhasil, setelah laga itu, Irfan Jaya fokus pada pemulihan tulang fibula. Sang winger dipaksa istirahat total selama tiga bulan agar cederanya pulih dengan sempurna.

Barulah pada akhir November, Irfan Jaya mulai berjuang mengembalikan kebugarannya. Namanya sudah ada dalam rombongan saat Bali United tampil di sistem bubble Liga 1.

Baca Juga

Hanya saja, Irfan Jaya tak diberi menit bermain. Bali United berpikir panjang untuk memberi Irfan Jaya kesempatan bermain pada bulan Desember ini.

Keputusan Bali United tak memainkan Irfan Jaya menghadirkan rumor di media sosial. Irfan Jaya disebut-sebut diinginkan Barito Putera untuk putaran kedua nanti.

Bali United bereaksi atas rumor ini. Manajemen Bali United memastikan tak ada surat yang masuk dari klub manapun untuk meminjam Irfan Jaya.

Baca Juga

1. Masih Dianggap Penting

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

Selain itu, Bali United juga tegas tak akan melepas Irfan Jaya. Mantan bintang Persebaya Surabaya itu menjadi bagian penting untuk melewati 17 laga pada putaran kedua.

"Sejauh ini memang dari tim pelatih tidak ada rencana meminjamkan karena memang dia (Irfan Jaya) masih bagian dari kebutuhan tim," kata media officer Bali United, Alexander Maha Putra Oemanas, Rabu (28/12/22).

Alex, sapaan akrabnya, memastikan Irfan Jaya merupakan salah satu andalan yang sudah dinantikan pelatih Stefano 'Teco' Cugurra.

Ketika Irfan Jaya sudah bugar untuk bermain, Teco siap memberikan tempat. Winger yang juga dikenal dengan panggilan Irja itu akan bersaing dengan M Rahmat, Yabes Roni Malaifani, dan Privat Mbarga demi satu termpat di starting XI.

"Saat ini kondisinya masih menuju fit 100 persen untuk siap kembali ke lapangan pasca cedera yang dialami," pungkas Alex.

Baca Juga

Tunggu Empat Pilar

Sebelum rumor muncul, Teco sudah terang-terangan menanti kehadiran Irfan Jaya. Selain dia, masih ada I Made Andhika Wijaya, I Kadek Agung Widnyana Putra dan Muhammad Sidik Saimima.

Empat pilar ini absen pada sistem bubble Liga 1 2022/2023 karena mengalami cedera. Padahal, mereka merupakan bagian penting yang dibutuhkan tim.

Baca Juga

"Ketika tidak ada mereka, kita sudah tampil bagus di putaran pertama, tapi saat mereka ada dengan kondisi fisik yang bagus, kita bisa lebih kuat lagi," jelas Teco.

Pada sistem bubble lalu, Bali United mencatatkan 12 poin, hasil empat kemenangan dan menelan dua kekalahan.

Tambahan 12 poin menempatkan Bali United pada posisi runner up sementara Liga 1 2022/2023. Mereka punya koleksi 33 poin atau sama dengan PSM Makassar, namun kalah head to head. Diharapkan keputusan untuk tidak mengirim Irfan Jaya ke Barito Putera dapat membantu mereka membalikkan keadaan di putaran kedua.

Baca Juga
Bursa TransferBarito PuteraBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Irfan JayaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini