x

Liga 1: Rumor Septian David ke Persib Bandung Kembali Mencuat, PSIS Beri Respons

Kamis, 29 Desember 2022 11:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Septian David saat bergabung dalam sesi latihan PSIS pada Senin pagi.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang bereaksi atas rumor Septian David Maulana segera menyusul Luis Milla ke Persib Bandung pasca putaran pertama Liga 1 2022-2023.

Rumor Septian David gabung Persib sudah dibahas sejak awal kehadiran Luis Milla di Indonesia. Septian David merupakan andalan Luis Milla kala menukangi Timnas Indonesia pada 2018 lalu.

Pada musim ini, Septian David belum main di Liga 1 2022/2023. Hal itu memunculkan rumor bahwa Persib berupaya memboyong winger asal Semarang itu ke Bandung.

PSIS langsung bereaksi atas rumor Septian David bakal hengkang pada bursa transfer tengah musim. Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, memastikan Septian David tak pindah ke klub lain.

Bahkan, andai klub lain, termasuk Persib menggelontorkan dana transfer, PSIS tak berniat melepas Septian David. Ia jadi proyeksi menambah kekuatan tim pada putaran kedua nanti.

Baca Juga

"David not for sale dan stay blue. Blue PSIS pastinya. Dia salah satu pemain penting di PSIS," ucap Yoyok Sukawi, Rabu (28/12/22).

Yoyok menjelaskan, Septian David belum tampil pada Liga 1 2022/2023 bukan karena tak dipakai PSIS.

Baca Juga

Jebolan Timnas Indonesia U-19 ini masih dalam tahap pengembalian kondisi setelah pemulihan cedera. Ya, sebelum Liga 1 2022/2023 bergulir, Septian David sempat menjalani operasi di bagian lutut.

Kini, Septian David sudah rutin mengikuti latihan bersama Fredyan Wahyu dkk. di Semarang. Kebugarannya diharapkan segera kembali seperti semula.

"David saat ini masih proses pemulihan dan sudah masuk dalam proses pengembalian kondisi fisik. Doakan segera fit 100 persen dan segera merumput di putaran kedua nanti," jelas Yoyok.

Baca Juga

1. Bagian Penting dari PSIS

Septian David Maulana yang sudah nampak dalam sesi latihan PSIS.

Septian David merapat ke PSIS pada kompetisi Liga 1 2019 lalu. Ia gabung klub daerahnya setelah bermusim-musim berseragam Mitra Kukar.

Dari catatan Soccerway pada Liga 1 2019, Septian David mencatatkan 28 penampilan, dengan rincian 27 kali inti dan sekali masuk sebagai pilar pengganti.

Septian David mencetak enam gol. Dua gol dicetak ke gawang Arema FC, lalu empat lainnya ke gawang Kalteng Putra, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya dan PSS Sleman.

Sementara pada Liga 1 2021/2022, Septian David mencatatkan 26 penampilan. Performanya dianggap cukup menurun pada musim itu hingga keluar sebelum laga berakhir sebanyak 17 kali.

Septian David tetap berkontribusi mencetak gol, meski tak sebanyak Liga 1 2019. Winger berusia 26 tahun ini mencetak dua gol ke gawang Persik Kediri dan PSS Sleman.

Baca Juga

Septian David sendiri sudah lebih dari sebulan kembali ke latihan bersama tim PSIS. Ia sudah kembali pada Oktober lalu setelah absen hampir enam bulan.

"Alhamdulillah, selama kurang lebih lima sampai enam bulan, saya baru mengikuti latihan pertama di tim. Alhamdulillah saya senang banget," kata Septian David dalam Instagram PSIS Semarang pada Oktober 2022 lalu.

Baca Juga

"Semoga ini menjadi awal untuk secepatnya bisa bergabung dengan tim dan bermain untuk tim PSIS," lanjut Septian David.

Setelah enam bulan menepi, jelas bukan perkara mudah untuk mengembalikan kebugarannya. Septian David siap melewati masa ini dengan enjoy.

"Latihannya ya cukup berat, tapi saya juga lagi pemulihan kondisi fisik, jadi kita nikmati saja," jelas David.

Baca Juga
Persib BandungPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Yoyok SukawiBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini