x

Breaking News: Legenda Sepak Bola Brasil, Pele Wafat Usai Berjuang Melawan Kanker di Usia 82 Tahun

Jumat, 30 Desember 2022 02:25 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
Legenda sepakbola Brasil, Pele.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola asal Brasil, Pele dikabarkan wafat setelah berjuang dalam penyembuhan penyakit kanker pada hari Jumat (30/12/22) dini hari WIB.

Kabar duka datang dari dunia sepak bola usai legenda sepak bola Brasil, Pele dikabarkan wafat selepas berjuang menghadapi penyakit kanker.

Hal ini diungkap oleh wartawan sepak bola terkemuka, Fabrizio Romano dalam unggahan terbarunya pada hari Jumat (30/12/22) dini hari WIB.

“Legenda sepak bola Brasil, Pele telah wafat. Salah satu pemain terbaik di dunia yang bisa mengubah dunia sepak bola,” tulis Romano.

“Seorang yang diberkahi talenta hebat, salah satu pemain paling unggul dalam sejarah yang akan terus berada dalam ingatan. Pele adalah sepak bola, rasa hormat tertinggi saya berikan pada keluarga,” imbuh Romano.

Baca Juga

Kondisi kesehatan legenda sepak bola Brasil, Pele belakangan memang disebut mengalami penurunan ketika menghadapi penyakit kanker.

Beberapa waktu lalu, Pele disebut sudah mengucapkan selamat tinggal dari ranjang rumah sakit, mengingat kondisinya yang mulai memprihatinkan.

Baca Juga

Hal ini diungkap pengusaha dan penggemar Chelsea, Frank Khaled sempat mengungkap pada hari Senin (26/12/22) dalam sebuah kicauan.

Bahkan, legenda berusia 82 tahun itu disebut sudah sempat dipindahkan ke ruang perawatan akhir hayat saat Brasil berjuang di gelaran Piala Dunia 2022.

Legenda bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini menderita kanker usus yang dikabarkan sudah mulai menjalar ke bagian vital, seperti usus, paru-paru, hingga hati.

Baca Juga

1. Perjuangan Pele Lawan Kanker di Tengah Laga Brasil di Piala Dunia 2022

Aksi Fans Brasil mengangkat spanduk mantan pemain Brasil Pele dengan pesan semoga cepat sembuh. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

Hanya saja, seiring kondisi yang memburuk, bersamaan dengan perjuangan Brasil di Piala Dunia 2022, Pele pun masih  berjuang dengan pengobatan paliatif.

Bahkan, Pele masih merespons dukungan yang diberikan kepada dirinya, meskipun banyak pihak masih berkonsentrasi mendukung Brasil di gelaran Piala Dunia 2022.

“Rekan-rekan sekalian, saya ingin membuat semuanya tenang dan berpikiran positif. Saya kuat, sangat berharap, dan dirawat seperti biasa,” ungkap Pele.

“Rasa terima kasih saya berikan kepada tim medis dan para perawat yang sudah memberikan semua bantuan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Pele merupakan legenda hidup sepak bola Brasil dengan torehan-torehan hebat selama bermain.

Baca Juga

Bersama timnas Brasil, Pele mampu mendapatkan tiga gelar Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Hanya saja, karier Pele hanya terbatas di benua Amerika usai membela Santos dan New York Cosmos yang tentu tak menghalangi karier hebatnya di level dunia.

Belakangan, Pele disebut sebagai salah satu pemain terbaik di gelaran Piala Dunia, bersama dengan legenda Argentina, Diego Maradona dan Lionel Messi.

Catatan gol Pele pun sangat mengagumkan, mengingat kemampuannya mengemas 618 gol dari 636 pertandingan bersama klub Liga Brasil, Santos.

Selain dikenal sebagai legenda hidup, Pele juga sempat menjadi Menteri Olahraga Brasil pada tahun 1995-1998 di bawah pemerintahan Presiden Fernando Henrique Cardoso.

Baca Juga
BrasilPelePiala DuniaPiala Dunia 2022Bola Internasional

Berita Terkini