x

Kondisi Semakin Memburuk, Pele Ucapkan Selamat Tinggal dari Ranjang Rumah Sakit

Selasa, 27 Desember 2022 01:11 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Pele.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Brasil, Pele dalam kondisi yang memprihatinkan saat menghadapi pertarungan melawan penyakit kanker.

Hal ini diungkapkan oleh pengusaha dan fan klub Liga Inggris, Chelsea, Frank Khalid dalam kicauannya pada hari Senin (26/12/22).

Khalid mengungkapkan bahwa legenda sepak bola Brasil, Pele tengah dalam kondisi memprihatinkan dalam melawan kanker yang menyerangnya.

Sebelumnya, legenda yang bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini sempat dilarikan ke rumah sakit Albert Einstein di tengah perjuangan timnas Brasil di Piala Dunia 2022.

Kala itu, Pele disebut tengah dipindahkan ke ruang akhir hayat usai berhenti melakukan kemoterapi untuk menahan virus kankernya.

Baca Juga

Salah satu penyebab kesehatan Pele menurun adalah kanker usus yang diawali dengan tumor yang disebut bersarang di tubuhnya.

Namun demikian, kanker disebut terus menjalar ke bagian tubuhnya, mulai dari usus, paru-paru, hingga hati.

Baca Juga

Untuk menyembuhkan tumor ini, Pele melakukan kemoterapi secara rutin dengan tujuan untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Hanya saja, kondisi eks bintang klub Liga Brasil, Santos ini kemudian memburuk dan dipindahkan ke ruang perawatan akhir hayat.

DI tengah perawatan tersebut, Pele masih melakukan pengobatan, seperti pengobatan paliatif yang masih direspons oleh tubuhnya.

Baca Juga

1. Respons Dukungan dari Pele di Tengah Aksi Timnas Brasil

Aksi Fans Brasil mengangkat spanduk mantan pemain Brasil Pele dengan pesan semoga cepat sembuh. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

Akan tetapi, Pele masih bisa merespons dukungan yang diberikan pada dirinya yang kala itu terjadi di tengah aksi timnas Brasil di Piala Dunia 2022.

“Teman-teman, saya ingin membuat semua orang tetap tenang dan berpikiran positif. Saya kuat, sangat berharap, dan mengikuti perawatan saya seperti biasa,” ujar Pele.

“Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim medis dan perawat, atas semua bantuan yang telah saya terima,” tambahnya dikutip dari Football Espana.

Hanya saja, kicauan dari Frank Khaled setidaknya menggambarkan apa yang terjadi pada Pele, setidaknya dalam beberapa waktu belakangan.

Pele disebut sudah mengucapkan selamat tinggal pada rekan-rekan dan keluarganya di tengah pertarungannya  melawan kanker.

Baca Juga

“Pele sudah mengucapkan selamat tinggal pada keluarga dan rekan-rekan dari ranjang rumah sakit. Legenda sepak bola, Pele kalah dalam pertarungan melawan Kanker,” ujar Pele.

“Keluarga berujar bahwa kondisi Pele sudah semakin menurun dari waktu ke waktu,” imbuh Khaled.

Baca Juga

Sebagai catatan Pele merupakan legenda hidup sepak bola Brasil dengan prestasi terbanyak di antara pemain tim Samba yang lain.

Meskipun hanya membela dua klub sepanjang kariernya, yaitu Santos dan New York Cosmos, Pele mampu meraih prestasi besar untuk timnas Brasil.

Tiga gelar Piala Dunia pada tahun 1958, 1962, dan 1970 adalah torehan terbaik Pele bersama timnas Brasil.

Baca Juga
BrasilPelePiala DuniaBola Internasional

Berita Terkini