x

Jenazah Pele Bakal Dimakamkan di Memorial Necropole Ecumeniza Santos

Jumat, 30 Desember 2022 17:29 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jenazah legenda Brasil, Pele akan dimakamkan di Santos. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola asal Brasil, Pele meninggal dunia, Kamis (29/12/22).Jenazahnya akan dimakamkan di Memorial Necropole Ecumeniza, Santos pada Selasa mendatang.

Kepergian Pele menjadi duka mendalam bagi dunia sepak bola internasional. Diketahui, ia sempat berjuang melawan penyakitnya, kanker usus selama satu tahun lebih.

Sosoknya yang menginspirasi jutaan orang sangat dielu-elukan. Buka apa-apa, Pele merupakan ikon kejayaan Timnas Brasil yang berhasil menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Pele menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Albert Einstein, São Paulo. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga dengan mengunggah foto sang legenda dibubuhi kalimat duka.

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan 'Raja' Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga," tulisnya.

Baca Juga

Jenazah pesepakbola dengan nama lengkap Edson Arantes de Nascimento itu rencananya akan disemayamkan di markas klub Santos, tempat yang membesarkan namanya.

Dilansir dari AP, pihak klub dijadwalkan akan mengadakan penghormatan terakhir untuk jenazah sang legenda pada Senin (1/1/2023) di markas klub, Stadion Vila Belmiro.

Baca Juga

Lebih lanjut, Pele rencananya akan dimakamkan di Memorial Necropole Ecumeniza, Santos, Brasil, pada Selasa (2/1/2023).

Prosesi pemakaman tersebut akan digelar secara tertutup dan hanya pihak keluarga yang diizinkan untuk menghadiri.

Sebelum era Messi dan Ronaldo bergemuruh, Pele sudah dahulu menghibur dunia sepak bola dengan gaya bermainnya di lapangan. Tak elak ia meraih sejumlah penghargaan bergengsi di masanya.

Baca Juga

1. Pele: Daftar Gelar Juara dan Prestasi Individu

Dua legenda sepak bola, Diego Maradona (kiri) dan Pele (kanan) (14/05/1995). (Foto: REUTERS/Stringer//File Photo)

Pele dinobatkan sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Segudang gelar juara dan prestasi telah diraih oleh sang legenda asal Brasil ini. Pele merupakan satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia tiga kali, edisi 1958, 1962 dan 1970.

Bahkan saat menjadi juara Piala Dunia tahun 1958, Pele masih berumur 17 tahun. Berkat hal tersebut ia mendapat julukan khusus, yakni O Rei (sang Raja).

Debutnya di kancah internasional pada tahun 1957, pria yang lahir pada 23 Oktober 1940 itu, telah mengoleksi sebanyak 77 gol dari 92 penampilannya bersama Timnas Brasil.

O Rei, julukan Pele tercatat hanya membela dua klub, yaitu Santos FC dan New York Cosmos. Hingga pada akhirnya memutuskan gantung sepatu pada usia 36 tahun (1977).

Masa bakti Pele di Santos terhitung selama 19 tahun, dimulai pada 1956 hingga 1975. Pencapaian impresifnya di level klub sebagai berikut.

Baca Juga

Bersama Santos FC, Pele berhasil menjadi top skor, alias pencetak gol terbanyak di liga sepak bola negara bagian Brasil, yaitu Campeonato Paulista edisi (1957, 1958, 1959,1960, 1961,1962,1963, 1964,1965, 1969, 1973). Kemudian, ia berpindah klub ke Amerika Serikat, New York Cosmos dan bermain selama semusim (1977).

Di New York Cosmos, ia berhasil meraih satu kali gelar juara NASL Soccer Bowl pada 1977. Lebih lanjut, Pele dinobatkan sebagai pemain terbaik abad ini oleh FIFA pada tahun 2000.

Baca Juga

Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan Santos mengatakan bahwa Pele mencetak 1.283 gol dalam 1.367 pertandingan.

Sementara, FIFA mengklaim "sang Raja" mengemas 1.281 dalam 1.366 pertandingan. Pele dianugerahi FIFA Ballon d'Or Prix d'Honneur pertama atas kontribusinya bagi dunia sepak bola pada tahun 2014.

Pengaruh Pele dan pencapaiannya di dunia sepak bola, tentunya akan dikenang sepanjang masa. Rest in peace O Rei.

Baca Juga

Sumber: AP News

Cristiano RonaldoBrasilPeleLionel MessiPiala DuniaBola Internasional

Berita Terkini