x

Cedera MCL Sprain, Persis Optimis Irfan Bachdim Segera Comeback di Liga 1

Sabtu, 31 Desember 2022 21:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Irfan Bachdim saat tampil dalam laga uji coba Persis Solo melawan Persinga Ngawi di Lapangan Banyuanyar, Solo, Sabtu (15/10/22). Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, optimis Irfan Bachdim bisa langsung beraksi pada laga pertama putaran kedua Liga 1 2022/2023. Kondisinya akan dipantau pada latihan perdana di Solo, Selasa (3/1/23) sore.

Bachdim mengalami cedera saat laga melawan Persik Kediri, Sabtu (24/12/22). Dia berbenturan dengan bek Persik, Arthur Felix, ketika berebut bola fifty-fifty.

Irfan Bachdim sempat kembali masuk lapangan usai mendapat perawatan. Namun, baru beberapa langkah, Bachdim meminta keluar karena merasakan sakit di kakinya. Posisi Bachdim kemudian digantikan Samsul Arif.

Dalam pengecekan yang dilakukan dengan Magnetic resonance imaging (MRI), Bachdim diketahui mengalami masalah pada lututnya. Bachdim mengalami cedera Medial Collateral Ligament (MCL) Sprain.

Cedera ini berbeda dengan awal musim lalu. Kala itu, Bachdim harus menepi beberapa pekan karena cedera hamstring.

Baca Juga

"Dia kena tackle, jadi ada sprain MCL, saya yakin tidak lama, nunggu sprain (keseleo) pulih," kata Rasiman, Sabtu (31/12/22).

Persis Solo sudah libur sejak Minggu (25/12/22) lalu. Sementara sesi latihan bersama baru digelar pada Selasa (3/1/23).

Baca Juga

Waktu sepekan itu digunakan Bachdim untuk recovery kondisi lututnya. Rasiman yakin Bachdim sudah berlatih seperti biasa pada sesi perdana nanti.

"Bisa kembali normal saat training tanggal 3 Januari nanti," tutur Rasiman.

Berbeda dengan Bachdim, Irfan Jauhari harus menjalani pemulihan yang lebih lama. Setelah melakukan operasi varikokel di Solo, Jauhari harus istirahat sekitar dua pekan.

Setelah itu, mantan pilar Timnas Indonesia U-19 butuh waktu untuk memulihkan kebugarannya.

Baca Juga

1. Kondisi Cedera Pemain Persis yang Lain

Pemain asal Ngawi, Irfan Jauhari, saat ditampilkan Persis Solo dalam laga melawan Persinga Ngawi di Lapangan Banyuanyar, Sabtu (15/10/22). Foto: Persis Solo

Rasiman memprediksi Jauhari hanya akan absen pada partai pertama. Namun, kondisi Jauhari masih akan dipantau dalam sesi latihan nanti.

"Kemungkinan pertandingan kedua Jauhari sudah bisa," jelas Rasiman.

Ketika Jauhari dan Bachdim butuh waktu lebih lama, Alfath Fathier bisa menjadi opsi pertama penggantinya.

Meski tampil kurang maksimal pada laga sistem bubble Liga 1, Rasiman melihat Alfath menunjukkan tren naik dari satu laga ke laga lainnya.

Menurut Rasiman, Alfath sempat mengalami sakit. Hal itu yang membuat eks Madura United itu tak ikut saat Persis Solo pemusatan latihan dan uji coba di Johor, Malaysia.

Baca Juga

"Perlahan Alfath sudah mengikuti ritme permainan tim," kata Rasiman.

Alfath menjadi opsi untuk sektor kanan yang biasa ditempati Bachdim. Sementara untuk sektor kiri yang biasa jadi milik Jauhari, Persis Solo punya Samsul Arif Munip.

Baca Juga

Kedalaman skuat yang bagus ini membuat Persis Solo tak bernafsu pada bursa transfer. Laskar Sambernyawa percaya diri menuju putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Irfan BachdimPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1RasimanLiga 1 2022-2023

Berita Terkini