x

Rumor Eks Timnas Indonesia U-22 Gabung Persis Solo, Bos PSIS Beri Penegasan

Jumat, 30 Desember 2022 18:11 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
PSIS Semarang memastikan rumor Fredyan Wahyu Sugiantoro gabung Persis Solo pada putaran kedua Liga 1 2022/2023 tidak benar.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang memastikan rumor Fredyan Wahyu Sugiantoro gabung Persis Solo pada putaran kedua Liga 1 2022/2023 tidak benar. Justru Fredyan mendapat perpanjangan kontrak dari manajemen Mahesa Jenar.

Fredyan Wahyu sudah menjadi bagian dari tim PSIS pada Liga 1 2019 lalu. Pemain yang akrab disapa Ucil itu pulang ke Jawa Tengah setelah dua musim membela PSMS Medan.

Prestasi Ucil sejak Liga 1 2018 sangat konsisten. Ucil tampil 29 kali untuk PSMS. Lalu, ketika berseragam PSIS pada Liga 1 2019, Ucil tampil dalam 28 pertandingan.

Konsistensi itu membawa Ucil sampai Liga 1 2022/2023. Sepanjang putaran pertama ini, Ucil menjadi salah satu bek kanan yang menjanjikan di Liga 1.

Dalam 14 penampilan, Ucil tak sekadar kuat ketika bertahan. Dia juga mencatatkan tiga tembakan jarak jauh yang berbuah gol untuk PSIS.

Baca Juga

Prestasi ini yang kemudian menarik minat Persis Solo untuk memulangkan Ucil. Sebelum terjun ke kompetisi senior, Ucil merupakan bagian dari Persis Solo Junior.

Ucil sudah gabung Persis Junior sejak Piala Soeratin 2011. Pada musim itu, lahirlah nama "Ucil" karena dia merupakan pemain termuda dalam skuat besutan mantan bek kanan Timnas Indonesia, Agung Setyabudi.

Baca Juga

Prestasi besar dicatatkan pada Piala Soeratin 2014. Ia bersama Edo Febriansyah dan Roni Sugeng Ariyanto membawa Persis Solo menjadi runner up Piala Soeratin 2014.

Maka, ketika kontraknya hampir habis bersama PSIS, sempat muncul rumor Persis Solo mengincar Ucil. Namun, rumor ini segera ditepis Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi.

"Rumor boleh saja, namun saya pastikan Ucil 100 persen milik PSIS Semarang hingga musim depan," kata Yoyok Sukawi.

Baca Juga

1. Pilar Utama Utuh

Pemain PSIS Semarang, Fredyan Wahyu, saat mengikuti latihan pertama di Komplek Mes.

Ucil tak sekadar bertahan di PSIS sampai Liga 1 2022/2023. Baru-baru ini, pemain berusia 24 tahun ini juga menandatangani perpanjangan kontrak bersama PSIS.

Sisi kanan pertahanan PSIS pada musim 2023/2024 dipastikan tetap jadi milik pemain yang pernah membawa Indonesia jadi juara Piala AFF U-22 2019 ini.

"Ucil salah satu pemain penting kami. Jadi manajemen juga memperpanjang kontrak Ucil hingga semusim kedepan," tutur Yoyok Sukawi.

Selain Ucil, Yoyok Sukawi juga sudah memastikan Septian David Maulana tetap jadi bagian PSIS. Pemain yang akrab disapa David ini sempat dirumorkan ke Persib Bandung.

Rumor ini tak lepas dari keberadaan Luis Milla di Persib. David merupakan andalan Luis Milla ketika menukangi Timnas Indonesia pada tahun 2018 lalu.

Baca Juga

Hanya saja, pada musim ini, David belum membela PSIS lagi. Dia masih fokus menyembuhkan cedera yang didapat usai Liga 1 2021/2022 lalu.

"David saat ini masih proses pemulihan dan sudah masuk dalam proses pengembalian kondisi fisik. Doakan segera fit 100 persen dan segera merumput di putaran kedua nanti," jelas Yoyok Sukawi.

Baca Juga

Di Liga 1 2022/2023, PSIS masih bersaing ketat dengan Persis Solo. PSIS ada di peringkat sebelas dengan 20 poin dari 16 pertandingan. Sementara Persis Solo ada di peringkat ke-12 dengan 19 poin dari 17 laga.

Persaingan ini dipastikan bakal menjalar hingga putaran kedua Liga 1 nanti. Performa Persis Solo sangat menanjak pada sistem bubble, meski masih bermasalah pada penyelesaian akhir.

Ketika Fredyan Wahyu batal merapat, Persis Solo bakal mengandalkan Gavin Kwan Adsit pada sektor bek kanan. Sebagai pelapis masih ada Eky Taufik yang kini sedang berjuang mengembalikan kebugarannya.

Baca Juga
Bursa TransferPersis SoloPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Fredyan WahyuLiga 1 2022-2023

Berita Terkini