x

Piala AFF 2022: Catatan Wow Timnas Indonesia Lawan Filipina, Pernah Borong Gol Selusin Lebih

Sabtu, 31 Desember 2022 21:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 Timnas Filipina vs Indonesia bakal digelar di Stadion Rizal Memorial pada Senin (02/01/22), sore WIB.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 Timnas Filipina vs Indonesia bakal digelar di Stadion Rizal Memorial pada Senin (02/01/22), sore WIB.

Duel ini diprediksi berlangsung sengit mengingat skuad Garuda saat ini sedang getol memburu poin penuh demi menyegel tiket ke semifinal.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong tampil cukup impresif selama perhelatan Piala AFF 2022. Dari tiga laga yang sudah dimainkan, mereka mencatatkan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Bahkan saat melawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia menang besar dengan skor 7-0. Sayang ketika menghadapi Thailand, Fachruddin Aryanto dkk gagal meraih kemenangan.

Pertandingan di SUGBK tersebut berakhir dengan skor sama kuat 1-1. Timnas Indonesia memimpin terlebih dahulu lewat gol penalti Marc Klok, yang kemudian disamakan oleh Sarach Yooyen.

Baca Juga

Situasi Timnas Thailand yang bermain dengan 10 pasukan pun gagal dimanfaatkan tuan rumah untuk menekan sang tamu.

Kini, Shin Tae-yong dan para pemainnya pun berharap bisa meraih hasil maksimal di pertandingan Filipina vs Indonesia Senin besok.

Baca Juga

Para suporter dan masyarakat di Tanah Air juga patut berbangga apabila melihat catatan pertemuan Indonesia dan Filipina sebelum Piala AFF 2022.

Laman 11v11.com mencatat, Timnas Indonesia tampil kuat atas Filipina sejak tahun 1958 saat kedua tim berjumpa di ajang Asian Games.

Namun dari sekian pertemuan, kemenangan dengan skor satu lusin bahkan lebih mungkin akan selalu diingat oleh siapa pun pendukung Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Mengintip Kemenangan-Kemenangan Besar Indonesia atas Filipina

Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 Timnas Filipina vs Indonesia bakal digelar di Stadion Rizal Memorial pada Senin (02/01/22), sore WIB.

Kemenangan besar Indonesia atas Filipina di pertandingan sepak bola terjadi pada tahun 1972 saat mereka berlaga di ajang President’s Cup.

President’s Cup kali merupakan sebuah event yang digelar di Seoul oleh Korea Selatan mulai 1971 sampai dengan 1999.

Nah di edisi 1972 inilah Timnas Indonesia mencatatkan hasil fantastis saat menghantam Filipina lewat skor 12-0!

Di President’s Cup 1972, Indonesia tergabung di Grup B bersama Myanmar, Singapura, dan tentu saja Filipina. 

Di pertandingan terakhir grup, Jacob Sihasale dkk tampil sangat superior menghadapi The Azkals dan tidak membiarkan musuhnya tersebut mencetak satu pun gol untuk memecah telurnya.

Baca Juga

Namun skor 12-0 di President’s Cup 1972 tersebut bukan satu-satunya kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Filipina.

Skuad Garuda pernah tampil digdaya menghadapi The Azkals di Piala AFF 2002 yang saat itu masih bernama Piala Tiger.

Baca Juga

Timnas Indonesia yang saat itu menjadi tuan rumah kompetisi, tampil membabi buta di laga terakhir dan membantai Filipina dengan skor 13-1! 

Bahkan, Bambang Pamungkas berhasil mencetak gol cepat saat pertandingan baru memasuki menit pertama.

Mantan pemain Persija Jakarta tersebut pun sampai mencatatkan namanya empat kali di papan skor dengan mencetak quattrick.

Baca Juga

2. Punya Rekor Wow tapi Pernah Kalah Juga

Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 Timnas Filipina vs Indonesia bakal digelar di Stadion Rizal Memorial pada Senin (02/01/22), sore WIB.

Sementara itu, Zainal Ichwan membukukan hat-trick dan Sugiyantoro turut menyumbangkan dua gol di pertandingan tersebut.

Sisa gol lainnya, masing-masing dicetak oleh Budi Sudarsono dan Imran Nahumarury, sedangkan yang satunya lagi ‘dihadiahkan’ oleh Timnas Filipina melalui own goal Solomon Licuanan.

Meski menang 13 gol, tidak seperti kejayaan 12-0 di Seoul pada 1972, kali ini Timnas indonesia harus rela gawangnya kebobolan satu kali.

Kekalahan Timnas Indonesia

Walau mengukir banyak kemenangan melawan Filipina, Indonesia pernah mengalami satu kekalahan pada tahun 2014.

Saat itu, Timnas Indonesia masih ditangani Alfred Riedl, sedangkan Filipina berada di bawah asuhan Thomas Dooley.

Baca Juga

Zulkifli Syukur dkk gagal mengatasi perlawanan Filipina dan membiarkan gawang mereka yang dijaga Kurnie Meiga bobol sampai empat kali tanpa balas.

Kegagalan menumbangkan Filipina tersebut dialami Indonesia saat berhadapan dengan Filipina di Piala AFF 2014.

Baca Juga

Saat itu, kedua tim sama-sama berada di Grup A dan Indonesia gagal melaju ke putaran selanjutnya. Sementara itu, Filipina berhasil lolos dari penyisihan dan menemani Vietnam ke fase knockout.

Demikianlah catatan pertemuan yang paling mencolok dari Indonesia dan Vietnam jelang laga mereka di Grup A Piala AFF 2022.

Jelang laga Timnas Filipina vs Indonesia Senin mendatang, menurut 11v11.com sudah berjumpa 23 kali. Skuad Garuda menang 19 kali, imbang 9 kali, dan kalah 1 kali. 

Baca Juga

Sumber: 11v11.com

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini