x

Filipina vs Timnas Indonesia, Media Vietnam Prediksi Skuat Garuda Juara Grup A Piala AFF 2022

Minggu, 1 Januari 2023 15:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Thailand.

INDOSPORT.COM – Jelang laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs timnas Indonesia, media Vietnam memprediksi Skuat Garuda bakal lolos semifinal dengan predikat juara grup.

Timnas Indonesia akan melakoni partai terakhir di Grup A melawan Filipina yang akan digelar di Stadion Rizal Memorial pada Senin (2/1/23) mulai pukul 19.30 WIB.

Laga kali ini menjadi krusial bagi timnas Indonesia. Pasalnya, partai terakhir Grup A melawan Filipina akan menjadi kesempatan terakhir tim asuhan Shin Tae-yong untuk mengamankan tiket semifinal Piala AFF 2022.

Satu-satunya cara bagi timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 adalah mengalahkan Filipina dengan skor berapa pun.

Sebagai informasi, timnas Indonesia saat ini bertengger di posisi kedua klasemen di bawah Thailand. Skuat Garuda harus kalah selisih gol dari Thailand.

Baca Juga

Bukan hal yang mustahil bagi pasukan Shin Tae-yong untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dengan predikat juara grup. Bahkan beberapa media luar memprediksi Indonesia bisa lolos dengan mengudeta posisi Thailand di puncak.

Salah satunya adalah media Vietnam, Soha, yang menyebut timnas Indonesia berpotensi besar untuk lolos ke babak semifinal dengan predikat juara grup.

Baca Juga

“Dengan situasi dua grup, kemungkinan Indonesia merebut posisi puncak atas Thailand. Sehingga, Vietnam bertemu Thailand di semifinal Piala AFF 2022 bisa saja terjadi,” tulis Soha.

Sementara itu, Vietnam saat ini tengah di atas angin meski dalam laga sebelumnya ditahan imbang Singapura, pasukan Park Hang-seo masih kokoh di posisi puncak.

Vietnam menjadi satu-satunya tim di Piala AFF 2022 yang belum pernah kebobolan. Skuat The Golden Star Warriors berhasil menorehkan sembilan gol dalam tiga pertandingan.

Baca Juga

1. Peluang Timnas Indonesia Jadi Juara Grup

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22).

Timnas Indonesia dan Thailand menjadi tim yang diunggulkan di Grup A Piala AFF 2022. Kedua tim ini diprediksi dapat melaju hingga ke semifinal.

Namun, bukan perkara yang mudah bagi timnas Indonesia dan Thailand. Kedua tim ini harus meraih kemenangan di laga terakhir fase grup untuk memastikan lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia harus menghadapi partai terakhir melawan Filipina yang akan menjadi laga hidup dan mati bagi Skuat Garuda di Piala AFF 2022.

Filipina sendiri telah dipastikan gagal melaju ke semifinal usai finis di posisi keempat klasemen dengan mengoleksi satu kemenangan serta dua kekalahan.

Sehingga, timnas Indonesia memiliki peluang emas untuk lolos ke fase grup dengan mengalahkan Filipina. Namun, jika Nadeo Winata cs mengincar posisi juara grup, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Yakni, Indonesia harus mencetak gol lebih banyak dari Thailand yang akan melawan Kamboja di laga lainnya, serta sebisa mungkin gawang Skuat Garuda tidak kebobolan dalam laga kali ini.

Baca Juga

Jalan timnas Indonesia untuk jadi juara grup lebih mudah jika laga Thailand vs Kamboja berakhir dengan skor imbang, atau bahkan Skuat The Angkor Warriors bisa menang atas Thailand.

Meski terbilang berat untuk Kamboja mengalahkan Thailand, bukan hal yang mustahil bagi tim asuhan Keisuke Honda untuk membungkam Tim Gajah Perang.

Baca Juga

Pasalnya, Kamboja tampil gemilang dalam beberapa laga terakhir. Yakni, berhasil mengalahkan Filipina dan kalah tipis dari timnas Indonesia.

Sementara itu, jika timnas Indonesia lolos dengan predikat juara grup, tentu jalan di semifinal akan lebih mudah. Pasukan Shin Tae-yong bisa menghindari Vietnam yang diprediksi lolos sebagai juara Grup B.

Jika timnas Indonesia bisa menjadi juara grup, Asnawi Mangkualam cs memiliki potensi untuk bertemu Singapura atau Malaysia, yang akan memperebutkan tiket semifinal pada Selasa (3/1/23).

Baca Juga

Sumber: Soha

VietnamThailandFilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini