x

Hasil Piala AFF 2022: Filipina vs Timnas Indonesia Babak Pertama, Dendy dan Marselino Cetak Gol

Senin, 2 Januari 2023 20:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Garuda.

INDOSPORT.COM – Pertandingan Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia babak pertama  berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Garuda.

Timnas Indonesia bertandang ke markas Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (02/01/23) pada laga terakhir babak penyisihan grup A atau laga penentu lolos atau tidaknya ke semifinal.

Meski sempat mendapatkan tekanan dari Filipina, Timnas Indonesia mampu unggul lebih dulu berkat sundulan Dendy Sulistyawan usai mendapat assist Pratama Arhan di menit ke- 20.

Pasukan Shin Tae-yong kemudian menggandakan keunggulan berkat umpan ciamik Saddil Ramdhani yang diselesaikan oleh Marselino Ferdinan di menit ke-42.

Keunggulan 2-0 di babak pertama ini membuat Timnas Indonesia untuk sementara menduduki puncak klasemen Grup A dengan unggul selisih gol dari Thailand.

Baca Juga

Untuk diketahui, Thailand, di pertandingan lainnya melawan Kamboja, baru mampu mencetak satu gol lewat tendangan penalti Teerasil Dangda di menit-menit akhir.

Jalannya Pertandingan

Filipina sejatinya lebih dulu menginisiasi serangan. Dominasi serangan membuat Timnas Indonesia sempat kerepotan apalagi mereka masih harus beradaptasi dengan rumput sintesis di Stadion Rizal Memorial.

Akibatnya, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata berkali-kali mendapatkan tekanan dari Filipina.

Baca Juga

Pada menit ke-5, Filipina mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti timnas Indonesia. Stephan Schrock melakukan tendangan tapi bola berhasil ditepis oleh Nadeo.

Pada menit ke-8 giliran Marc Klok menciptakan peluang. Ia meneruskan umpan kepada Rizky Ridho sayang tembakan Rizky jauh dari sasaran.

Lyngbo melakukan handball pada menit ke-17 di dalam kotak penalti namun tidak dihiraukan wasit. Sebagai gantinya, tendangan pojok diberikan untuk Indonesia.

Baca Juga

1. Indonesia Cetak 2 Gol Fantatis!

Preskon Timnas Indonesia jelang melawan Filipina di Piala AFF 2022, Minggu (01/01/23).

Kedudukan masih 0-0 untuk kedua kubu. Marc Klok melakukan tendangan dan disambut sundulan oleh Fachrudin tetapi bola melambung ke atas gawang.

Pratama Arhan lakukan lemparan ke dalam pada menit ke-20. Assist Pratama disambut sundulan keras oleh Dendy Sulistiawan yang langsung menghujam gawang Filipina. Goal. Indonesia pun unggul 1-0.

Malang bagi Timnas Indonesia. Nadeo Argawinata mengalami cedera usai bertabrakan dengan pemain Filipina. Dia ditarik keluar dan posisinya digantikan oleh Syahrul Trisna.

Gol Dendy Sulistyawan membuat pasukan Timnas Garuda semakin trengginas meenghadapi Filipina. Mereka berkali-kali memberikan tekanan ke lini pertahanan The Azkals.

Memasuki menit ke-32, Dendy Sulistiawan melakukan umpan kepada Marselino Ferdinan. Namun Marselino terlalu lama mendribel bola alhasil dia dijatuhkan lawan.

Baca Juga

Dendy Sulistyawan kembali mendapatkan peluang di menit ke-35. Dia melakukan counter attack dengan cepat sebelum melepaskan bola ke gawang Filipina tetapi tendangannya meleset ke kanan gawang.

Dua peluang kembali didapatkan Timnas Indonesia hanya dalam waktu …. Menit, sayangnya tembakannya selalu melambung ke atas gawang.

Pada menit ke-41, Filipina mendapatkan hadiah tendangan bebas. Bola tendangan Amani Aguinaldo  masih melenceng dari gawang Timnas Indonesia.

Semenit berselang, Saddil Ramdani membuka peluang Indonesia. Pemain Sabah FA itu melakukan umpan satu dua kepada Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Marselino yang sudah berada tepat di depan gawang Filipina langsung menembak bola. Goal. Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 2-0.

Wasit memberi tambahan waktu tiga menit di babak pertama. Namun tidak ada tambahan gol dari kedua kubu sehingga skor 2-0 masih bertahan untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Susunan Pemain:

Timnas Filipina: Anthony Abadies Pinthus; Simen Santos Lyngbo, Jefferson Tabinas, Amani Santos Aguinaldo, Christian Rotini, Audie Bantas Menzi; Oliver Saludares Bias, Stephan Schrock, Hikaru Minegishi; Kenshiro Daniels, Mark Hartmann

Timnas Indonesia: Nadeo Arga Winata; Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Marc Klok; Dendy Sulistyawan

Baca Juga
FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalDendy SulistyawanMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini