x

Shin Tae-yong Hati-hati! Filipina Bisa Kubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Senin, 2 Januari 2023 12:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Filipina punya kesempatan menghancurkan mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, alasannya diungkapkan oleh pakar sepak bola Cedelf P. Tupas.

INDOSPORT.COM – Filipina punya kesempatan menghancurkan mimpi timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pakar sepak bola di negara tersebut mengklaim kekalahan dari Thailand menjadi modal terbesar The Azkals mengatasi Skuat Garuda.

Bentrok timnas Indonesia vs Filipina untuk laga pamungkas Grup A akan tersaji di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/22) pukul 19.30 WIB.

Dalam laga tersebut, pasukan Shin Tae-yong hanya membutuhkan hasil imbang melawan The Azkals untuk melaju ke semifinal di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua pada klasemen sementara Grup A Piala AFF, tertinggal selisih gol dari Thailand yang berada di puncak.

Di sisi lain, Filipina yang mendekam di urutan keempat sudah tidak mungkin lolos ke fase berikutnya.

Di atas kertas, timnas Indonesia juga lebih diunggulkan untuk memenangi laga ini mengingat materi pemain yang dimiliki ketimbang tim tuan rumah.

Baca Juga

Meski demikian, Filipina juga berpotensi jadi penghancur mimpi Skuat Garuda untuk mengakhiri kutukan enam kali runner-up dalam enam final di turnamen ini

Hal ini diungkapkan oleh seorang pakar sepak bola asal Filipina, Cedelf P. Tupas, dalam sesi wawancara di CNN Philippines Sports Desk pada Senin pagi WIB.

Baca Juga

Berbicara soal potensi mengalahkan timnas Indonesia, Cedelf P. Tupas mengatakan bahwa Josep Ferre mungkin akan mengusung taktik berbeda dari tiga pertandingan sebelumnya.

Terlebih, pertandingan ini bakal dilangsungkan di kandang. Bagi Filipina, mengalahkan timnas Indonesia mungkin akan jadi sejarah baru sekaligus membantu meningkatkan pamor sepak bola di negara tersebut.

“Mereka (Filipina) bisa saja datang ke pertandingan ini dengan mood yang berbeda atau dengan taktik berbeda, tetapi kamu tahu sendiri The Azkals sudah lama hiatus sejak Juni,” tutur Tupas.

Baca Juga

1. Kunci Filipina Taklukkan Timnas Indonesia

Preskon Timnas Indonesia jelang melawan Filipina di Piala AFF 2022, Minggu (01/01/23).

Timnas Indonesia memang masih perkasa untuk Filipina. Kedua tim sudah bertemu enam kali dengan Filipina baru sekali menang atas Indonesia pada 2014. Sisanya tiga kali kalah dan sekali imbang.

Namun, Cedelf P. Tupas percaya bahwa Filipina tetap bisa menyulitkan timnas Indonesia untuk lolos ke babak semifinal.

Dari materi pemain, Filipina diperkuat sejumlah pemain reguler, pemain muda dan juga ada striker Kenshiro Daniels yang tengah dalam performa apik.

Selain itu, hasil imbang Thailand dengan timnas Indonesia 1-1 menjadi pelajaran penting untuk Filipina yang juga dikalahkan Thailand.

Dari kedua hasil tersebut, menurut Tupas mengalahkan Indonesia yang selevel dengan Thailand adalah dengan menaikkan intensitas permainan dan punya visi yang jelas.

Baca Juga

“Di sini mereka memainkan beberapa pemain regular, ada pemain rocky, dan striker Kenshiro Daniels yang dalam performa apik,” ujar Tupas.

“Saya pikir level intensitas (menjadi kunci) bagaimana mereka bermain (melawan Indonesia) seperti saat mereka menghadapi Thailand. Inilah (1-1 vs Thailand) barometer yang saya rasa mereka lihat untuk mengatasi mereka,"

“Yang paling penting, bermain nyaman dan bermainlah dengan lebih banyak tujuan dan intensitas begitu mereka masuk lapangan itulah yang tidak mereka tunjukkan saat menghadapi thauland,” pungkas Tupas.

Baca Juga
FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini